Penilaian Kinerja Mengajar Mahasiswa PPL PPG Teknik Otomotif di SMKN 7 Semarang

1
173

Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Teknik Otomotif FT Universitas Negeri Semarang, saat ini sedang berada pada tahapan PPL. Setelah mahasiswa PPG melakdanakan workshop pengembangan perangkat pembelajaran selama satu semester di kampus, tiba saatnya untuk melaksanakan PPL di SMK. Tempat pelaksanaan magang atau PPL mahasiswa PPG Teknik Otomotif tersebar pada beberapa SMK Negeri di Semarang. SMK yang dimaksud adalah SMKN 1, SMKN 4, SMKN 5, dan SMKN 7. PPL dimulai sejak awal bulan janurai dan akan berakhir pada akhir bulan April 2019.

Selam PPL, mahasiswa berkewajiban untuk mengikuti semua kegiatan persekolahan, baik yang kurikuler maupun ekstra kurikuler. Khusus pada pengajaran, mahasiswa harus melakukan magang dengan mengikuti guru pamong di sekolah sesuai jadwalnya, untuk mendapatkan ilmu mengajar secara langsung di lapangan. Dengan bimbingan guru pamong, mahasiswa akan mendapat pengalaman nyata menjadi seorang guru Teknik Otomotif. Dosen pembimbing harus mengunjungi mahasiswa PPG di sekolah paling tidak 3 kali selama pelaksanaan PPL. Salah satu dari tiga kali kunjunganadalah melakukan uji kinerja atau penilaian terhadap mahasiswa PPG dalam kemampuan membelajarkan siswa di kelas.

Pada kesempatan ini penulis menilai dua mahasiswa PPG yang menjadi mahasiswa bimbingan, yaitu Muhamad Masur, S.Pd. dan Ardi Barra, S.Pd di SMKN 7 Semarang. Penilaian ini didampingi oleh Guru Pamong di SMKN 7 Semarang yaitu Ibu Yanti. Beberapa hal yang dinilai adalah kemampuan membuka, melaksanakan, dan menutup pembelajaran, penguasaan materi, kemampuan mengaktifkan siswa, dan banyak aspek lain yang dinilai sebagai acuan untuk menilai keprofesionalan mahasiswa dalam mengajar. Ayo, mahasiswa PPG Teknik Otomotif, semangat. Masa depan anak bangsa ada di tangan kalian kelak. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru Pamong yang telah banyak membantu dan memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa PPG. Alhamdulillah (DW).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here