Seminar Proposal Penelitian (Skripsi) Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

1
209

Tugas terberat bagi mahasiswa selama menempuh studi, menurut sebagian besar mahasiswa, adalah menyusun skripsi. Jika dalam perkuliahan tugas-tugas dapat dikerjakan bersama teman lainnya, maka dalam menyusun skripsi harus banyak diselesaikan oleh si penulis sendiri. Berperang melawan kemalasan, godaan penggunaan sosial media, dan hambatan-hambatan lain sering dihadapi mahasiswa. Untuk itu, pesan untuk para mahasiswa, manfaatkan waktu yang ada untuk bisa fokus menyelesaikan skripsi.

Salah satu tahap yang harus dilewati mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi adalah seminar proposal skripsi. Setelah melalui proses bimbingan proposal selama beberapa kali dengan dosen pembimbing dan setelah proposal disetujui, mahasiswa diwajibkan melakukan seminar rencana penelitiannya dihadapan calon dosen penguji dan terbuka untuk semua mahasiswa. Salah satu mahasiswa yang melakukan seminar proposal skripsi adalah Elvin Bukit Vilarta mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif. Rencana penelitiannya berjudul “Pengaruh penggunaan Ignition Booster Elektronik terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Performa Engine, dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor”.

Selama seminar, Evin didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Ahmad Musatamil Khoiron, S.Pd., M.Pd. Sebagai Dosen Penguji 1 adalah Dr. Dwi Widjanarko, S.Pd., ST., MT dan sebagai Dosen Penguji 2 Bapak Wahyudi, S.Pd., M.Eng. Banyak hal berkaitan dengan sistem pengapian dan booster sistem pengapian yang ditanyakan oleh dosen penguji. Salah satunya adalah konsep booster pada sistem pengapian dan efeknya terhadap kinerja sistem pengapian sepeda motor. Hasil seminar disimpulkan bahwa topik penelitian tetap dapat dilaksanakan dengan beberapa catatan yang diberikan oleh Dosen penguji. Beberapa konsep dasar dari sistem pengapian dan konsep booster perlu diperdalam lagi pembahasannya. Ayo mas Elvin, dipelajari lagi ya substansi skripsinya agar hasil penelitiannya lebih baik nanti. Bagi mahasiswa peserta seminar lainnya, hasil seminar ini bisa dijadikan pengalaman ya, apa-apa yang harus dipersiapkan dan harus dipelajari agar seminar dapat berjalan lancar. Alhamdulillah …. (DW).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here