[1] Mengapa Penghantar Berarus yang Ada dalam Medan Magnet dapat Bergerak?

1
547

Dwi Widjanarko, 23 April 2019.

Mari kita belajar yang paling sederhana dulu, masih tentang prinsip dasar motor listrik. Suatu penghantar yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet di sekitar penghantar tersebut. Jika penghantar tersebut berada di dalam sebuah medan magnet, maka medan magnet pada penghantar akan mempengaruhi arah medan magnet pada magnet permanen sehingga penghantar tersebut akan mendapatkan gaya lawan dari medan magnet permanen yang menyebabkan penghantar tersebut akan terdorong. Gaya tolak tersebut arahnya sesuai dengan hukum tangan kiri Flaming. Perhatikan animasi di atas. Prinsip inilah yang mendasari kerja motor listrik. Semoga dapat membantu… Alhamdulillah (DW).

1 COMMENT

  1. Nim 5202418067
    Gaya lorentz pada penghantar berarus di medan magnet. Arus merupakan kumpulan muatan-muatan yang bergerak. Kita telah mengetahui bahwa arus listrik memberikan gaya pada magnet, seperti pada jarum kompas. Eksperimen yang dilakukan Oersted membuktukan bahwa magnet juga akan memberikan gaya pada kawat pembawa arus.
    Ketika arus mengalir pada kawat, gaya diberikan pada kawat. Arah gaya selalu tegak lurus terhadap arah arus dan juga tegak lurus terhadap arah medan magnet.
    F= l.I.B sin teta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here