Metode dan Media Rombel 1

57
3279

Berdasarkan hasil diskusi di dalam kelas mengenai media pembelajaran Video, buatlah kajian dari referensi lain selain dari materi dalam perkuliahan, mengenai video pembelajaran dengan mendiskusikan hal-hal berikut:

  1. Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat video pembelajaran.
  2. Uraikan langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran.
  3. Bagaimana cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid.

Silakan diskusikan, hasil diskusi untuk tiap mahasiswa ditulis dalam kolom komen di bawah. Batas pengisian komen adalah hari ini tgl 24 Mei 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi.

SHARE
Previous articleRombel 2, Dasliselek. Diskusikan
Next articleMetode dan Media Rombel 2
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES)

57 COMMENTS

  1. Nim 5202417015
    Febiandika Laksana ajie

    Yang perlu di persiapkan untuk membuat vidio pembelajaran yang baik adalah tujuan utama dan selain itu juga vidio yangbdi buat harus bisa membuat penonton vidio tau dan bisa mempraktekan dengan bahasa yang mudah di pahami dan istilah2 yang tidak sering di gunakan agar menciptakan vidio yang berguna dan ber manfaat

    • 5202417031
      Nurkholis Dwi Tartiana

      Dalam proses pembuatan video pembelajaran langkah awal yang harus dibuat adalah skenario(script) yang dimana skenario inilah yang akan berisi langkah pembuatan video, tujuan dibuat video tersebut. Yang kedua adalah mencari sumber referensi yang terpercaya mengenai video yang akan dibuat, jadi ketika proses pembuatan video tersebut kita telah yakin bahwa materi yang disampaikan betul adanya kepastiannya. Sehingga ketika orang lain menonton video tersebut mereka tidak akan salah menerima informasi. Informasi tersebut harus dibuat dengan istilah dan bahasa yang umum dan mudah dipahami oleh penonton. Bisa juga kita melakukan konsultasi kepada yang lebih berpengalaman sebelum melakukan pembuatan video, jadi informasi yang diberikan tidak mengambang di pemikiran penonton dan malah menimbulkan banyak pertanyaan. Untuk langkah selanjutnya adalah proses pengambilan video, dalam proses pengambilan video ini didukung oleh beberapa orang, yakni aktor dan kameramen. Proses pengambilan harus dilakukan dengan baik, supaya menghasilkan hasil video yang baik pula, aktor harus mengetahui isi dari skenario yang sudah dibuat, namun ketika proses pengambilan aktor boleh saja mengimprovisasi kata-kata yang sudah ada. Tentunya improvisasi tersebut harus baik. Ketika pengambilan aktor harus memiliki sikap yang sudah terbiasa didepan kamera, sehingga tidak akan terjadi kesalahan ketika pengambilan video. Untuk kameramen pun seperti itu, harus pintar dalam pengambilan video, pencahayaan, kualitas video, kestabilan ketika penangkapan video, karena inilah nanti yang menentukan kualitas gambar video bagus atau tidak. Untuk proses pengambilan video dilakukan beberapa pengambilan menyesuaikan langkah-langkah yanga ada dalam skenario. Untuk yang terakhir adalah proses penggabungan video, penggabungan ini sangat penting dalam hasil akhir. Penggabungan ini haruslah dilakukan dengan rapi dan juga dilakukan penambahan untuk mempercantik hasil akhir video. Hal ini bertujuan supaya ketika ditonton video ini tidak akan membosankan. Sehingga akan menarik perhatian. Editor ini harusnya sudah berpengalaman dalam hal melakukan edit video, sehingga waktu yang diperlukan dalam pengeditan bisa efisien.

  2. 52021417003
    Zeky Nursahid

    1. Yang harus disiapkan : sebuah kelompok yang terdiri dari sekitar 5 orang, peran masing masing anggota, isi / materi yang akan disampaikan, script, potongan video, audio, alat dan bahan.

    2. Langkah langkah :
    a. Menentukan isi / materi video yang akan disampaikan. Isi atau materi tidak harus yang sulit, yang paling penting adalah menarik agar membuat penonton tertarik untuk menonton video yang di buat.
    b. Buat script atau skenario. Buatlah script sedetail mungkin menjelaskan video yang akan dibuat seperti pembukaan apa yang ditampilkan, siapa aktornya/tanpa aktor, apa audio yang digunakan atau ada tidaknya naskah yang harus dibacakan.
    c. Buat potongan video sesuai script.
    d. Compile dan edit video semenarik mungkin. Durasi video sekitar 5 – 10 menit.

    3. Untuk meyakinkan penonton maka masukkan logo dari institusi pendidikan (dengan catatan sudah mendapat izin dari institusi tersebut) seperti logo Unnes, teknik mesin, dll.

  3. Nama : Muhammad Muchib
    Nim : 5202417051
    Prodi : PTO

    1. Jika ingin membuat video pembelajaran maka yg pertama d siapkan adalah naskah atau skenario dalam pembuatan video.
    2. – pembuatan skenario atau naskah dalam pembuatan video
    – cri ilustrasi” video pendukung dalam pembuatan video sertakan jga sumber ilustrasi video tsb.
    – proses perekaman video/visual
    – edit video yg sudah d rekam
    3. Agar meyakinkan bahwa video tsb valid maka bsa d cantumkan beberapa sumber yg terpercaya seperti panduan buku manual praktek

  4. 5202417006
    Taufan Satyawiguna

    1. Yang perlu disiapkan untul membuat video adalah tujuan pembuatan video, sotry board video, aktor, alat perekam gambar, alat pengedit gambar.

    2. Menentukan topik pembahasan serta tujuan pembuatan, membuat story board, proses reading oleh aktor, syuting, edit video

    3. Cara meyakinkan video yang disampaikan valid bisa dengan cara penyampaian yang baik dan benar, serta menggunakan acuan dari sumber yang terpercaya

  5. Nim : 5202417009
    Nama : Adi Risma Widaya

    1. Yang harus dipersiapkan dalam pembuatan video media pembelajaran yaitu yang pertama topik/ materiyang akan diangkat pada video tersebut, kemudian ada naskah/script atau langkah2 dalam prnyampaian materi, kemudian ada sarana dan prasarana seperti kamera, motor, lampu, laptop dll, SDM yang mumpuni dan juga kemampuan atau ilmu yang dimiliki supaya bisa tertular kepada siapapun yang menonton video tersebut.

    2. Langkah-langkah untuk membuat video sebagai media pembelajaran yakni menentukan topik dan naskah terlebih dahulu, kemudian susunan video yang akan di kembangkan melalui metode-metode yang sudah dijelaskan, selanjutnya eksekusi atau pembuatan video serta lakukan pengeditan.

    3. Cara untuk meyakinkan si penonton bahwa video yang dibuat valid mungkin dengan mencantumkan logo instansi pada video tersebut sehingga orang yang menonton percaya, selanjutnya menyertakan tujuan dan landasan-landasan serta latar belakang dalam video tersebut, kemudian perkenalan diri. Dengan orang lain mengetahui identitas kita maka mereka pun percaya terhadap video yang sudah kita buat.

  6. 52202417005
    Eko Juli Kristanto

    Untuk membuat video pembelajaran ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu: tema/materi yang akan disampaikan, script atau skenario, rekaman video/audio, kru dan aktornya, alat yang akan digunakan.

    Sedangkan untuk membuat video pembelajaran langkah-langkah yang dilakukan adalah:
    1. Sebelum membuat video, tentukan terlebih dahulu tema/ materi yang akan digunakan sebagai isi dari video. Tema yang diambil tidak harus yang begitu kompleks, ambil materi yang tidak terlalu rumit namun dalam penyampaiannya harus jelas mengenai apa yang disampaikan.
    2. Menyiapkan skenario dan/atau script. Skenario merupakan gambaran secara lengkap dan terperinci mengenai video yang akan dibuat, dengan kata lain skenario ini menjadi gambaran video dalam bentuk teks yang digunakan sebagai panduan dalam pembuatan video. Skenario dapat memuat ringkasan materi yang akan dibuat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artornya.
    3. Menyiapkan ilustrasi pendukung. Ilustrasi ini digunakan untuk mendukung isi dari video yang dibuat yang bertujuan agar video tidak terlalu monoton dan menarik. Ilustrasi ini dapat berupa gambar maupun audio yang ditambahkan ke dalam video.
    4. Merekam video dan audio. Video yang direkam tidak harus full dari awal video hingga akhir, namun dapat berupa potongan-potongan video maupun audio.
    5. Compile Video. Ini adalah proses penggabungan dari beberapa video yang telah dibuat dan merupakan bagian dari finishing video sebelum menjadi satu bagian utuh dari video pembelajaran.

    Untuk meyakinkan bahwa video tersebut valid dapat dilakukan dengan menyertakan keterangan waktu dan tempat pembuatan video. Hal ini untuk menunjukkan kevalidan dengan keadaan saat ini.

  7. NIM :5202417042
    NAMA : Denis Maulana

    1.Yang harus disiapkan untuk membuat video pembelajaran yaitu membuat tema terlebih dahulu untuk membuat video pembelajaran setelah itu membuat script atau narasi untuk membuat video pembelajaran selain itu ada seseorang yang menjadi aktornya.

    2. a..Siapkan Skenario
    Menyiapakan sebuah skenario tentang apa yang ingin dibahas dalam video tersebut agar mudah dipahami oleh penonton.

    b.Cari ilustrasi Pendukung
    Mencari ide untuk menambahkan ke dalam video yang di bahas agar lebih mudah di pahami dan di mengerti apa yang di maksud dalam video tersebut.
    c.Proses Merekam Audio/Visual
    Proses pengambilan beberapa video atau gambar yang sesuai dengan script dan menentukan berbagai latar agar video tersebut tidak monoton dan lebih mudah di pahami oleh penonton.
    d.Proses edit
    yaitu menggabungkan beberapa video atau adegan yang sudah diambil menjadi satu dan diberi efek agar lebih menarik.

    3.Untuk meyakinkan bahwa video itu valid dengan cara memasukan logo instansi dan mencantumkan sumber sumber yang menjadi acuan dalam pembuatan video tersebut.Selain itu juga memberitahukan orang orang yang terlibat dalam pembuatan video tersebut seperti aktor,penulis narasi,pengambil gambar dan editor.

  8. NIM : 5202417026
    NAMA : Achmad Faizal Bachri

    1. Yang harus dipersiapkan dalam membuat video pembelajaran adalah menyiapkan buku / sumber yang jelas untuk membuat naskah, menyiapkan skenario / Naskah, Menyiapkan ilustrasi pendukung, menyiapkan video-video potongan yang akan dijadikan sebuah video pembelajaran.
    2. Langkah-langkah dalam pembuatan video pembelajaran :
    a. Menyiapkan skenario / naskah, skenario disini adalah ringkasan materi yang sudah dibuat serta sudah diberi narasi agar langkah-langkah dan narasinya sudah jelas sehingga tidak ada kekeliruan dalam pembuatan video pembelajaran.
    b. Menyiapkan ilustrasi pendukung, ilustrasi pendukung disini maksudnya adalah gambar atau video yang akan dimasukkan kedalam video pembelajaran tersebut, bisa merekam sendiri videonya ataupun yang lainnya.
    c. Proses perekaman, sebelum melakukan proses perekaman, tentukan terlebih dahulu siapa yang akan memerankan adegannya sesuai dengan naskah yang sudah dibuat tadi, lalu hasil rekaman dibuat menjadi satu folder agar mudah untuk menyatukannya menjadi sebuah video pembelajaran.
    d. Menggabungkan semua video menjadi sebuah video pembelajaran, setelah potongan-potongan video tersebut selesai selanjutnya gabungkan video-video tersebut menjadi sebuah video pembelajaran, dengan menggunakan perangkat lunak komputer maupun handphone.
    3. Cara myakinkan bahwa isi video valid kebenarannya adalah dengan mencantumkan buku / sumber yang jelas tentang isi dari video pembelajaran tersebut.

  9. 5202417028
    Langgeng Kristianto

    Menurut saya yang harus dipersiapkan dalam membuat media video pembelajaran yang pertama adalah menentukan tema materi yang ingin kita sampaikan kepada peserta didik yang bersumber dari referensi terpercaya, selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk pembuatan video, kemudian proses pembuatan video, dalam proses ini kita berpaduan kepada script yang telah kita buat tadi, dalam penyampaian materi di dalam video kita harus menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh peserta didik, jangan lupa menambakan musik agar video lebih menarik. Agar video yang kita buat tidak diragukan di akhir video sebaiknya kita memberikan sumber referensi dari mana kita mendapatkan materi yang kita sampaikan.

  10. NIM : 5202417033
    NAMA : Muhamad Iyqon

    1. Membuat kelompok yang terdiri dari 5 orang, menentukan tema untuk membuat video pembelajarannya, menyusun alur cerita (SCRIPT) memberi gambaran seperti apa materi pembelajaran yang akan disampaikan, mulai merekam video dengan bahasa yang mudah di pahami oleh penonton video, menyiapkan alat dan bahan untuk membuat video.
    2. Langkah-langkah membuat video
    a) Menentukan pokok materi, materi yang ingin disampaikan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta menarik penonton, dan paling penting bermanfaat bagi penonton.
    b) Menyusun SCRIPT, buatlah SCRIPT serinci mungkin jangan sampai ada hal yang terkecil yang terlewatkan, dimulai dari pembukaan, judul, tujuan membuat video, perkenalan (menyampaikan setiap orang berperan sebagai apa), isi materi pembelajaran media yang rinci, penutup.
    c) Menyiapkan alat dan bahan, siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti camera dll.
    d) Proses pengambilan video, aktor bertugas menyampaikan materi sesuai dengan SCRIPT.
    e) Edit video, setelah merekam kemudia video di edit semenarik mungkin, agar penonton tidak bosan.
    3. Agar meyakini bahwa isi video tersebut valid bisa menambahkan sumber terpercaya seperti buku, memberi identitas yang jelas dan lengkap.

  11. 5202417007
    Gilang Prabowo

    1. Yang harus disiapkan: Membuat sebuah tim, sebuah topik video, skenario, aktor, kamera (alat perekam video), laptop, aplikasi edit video

    2. Langkah-langkah nya: menentukan topik video, pembagian tugas sekaligus menentukan aktor, penyusunan naskah, melakukan perekaman video, lalu pengeditan video

    3. Cara meyakinkan video yang di sampaikan valid dengan cara mencari sumber terpercaya yang berkaitain dengan topik, serta penyampaian aktor harus benar sesuai naskah.

  12. 5202417011
    Setianto Wicaksono

    1. yang harus disiapkan dalam membuat video pembelajaran :memiliki tujuan pembelajaran,memiliki isi/content, navigasi(untuk memandu dan mengarahkan pelajar supaya mudah untuk mengambil informasi yang diinginkan), petunjuk petunjuk yg interkatif dan mudah digunakan, mempunyai hyperlink yg mudah diakses.
    2. langkah- langkah membuat video pembelajaran :
    1.)siapkan skenario (ringkasan materi yang akan dibuat dan periksa tata bahasa yang akan dijadikan audio)
    2.)Cari ilustrasi Pendukung
    3.)Proses Merekam Audio/Visual( pastikan menggunakan kamera yang bagus )
    4.)Mengcompile video (menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video. Jika Anda ingin
    mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti
    Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain.)
    3. untuk meyakinkan penonton bahwa isi video itu valid :Isi dari pembelajaran interaktif harus mengikuti tuntutan dan pedoman kurikulum dan standar mutu pembelajaran yang diterapkan oleh pemerintah. Materi-materi yang di masukkan sebagai content harus memperhatikan urutan dan cakupan pembelajaran yang alami.

  13. 5202417027
    Bayu Setiaji
    1. Untuk membuat video pembelajaran ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:
    a. tema/materi yang akan disampaikan
    b. script atau skenario
    c. rekaman video/audio
    d. crew dan aktornya
    e. alat, bahan dan tempat yang akan digunakan.
    2. Sedangkan untuk membuat video pembelajaran langkah-langkah yang dilakukan yaitu:
    a. Sebelum membuat video, tentukan tema/ materi yang akan digunakan sebagai isi dari video terlebih dahulu. Tema yang diambil tidak harus yang begitu kompleks, ambil materi yang tidak terlalu rumit namun apa yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik.
    b. Menyiapkan skenario dan/atau script. Skenario merupakan gambaran mengenai video dalam bentuk teks yang digunakan sebagai panduan dalam pembuatan video. Skenario dapat memuat ringkasan materi yang akan dibuat. Serta menyiapkan siapa saja yang akan menjadi aktor dalam video tersebut.
    c. Menambahkan ilustrasi pendukung. Ilustrasi ini digunakan untuk mendukung isi dari video yang dibuat yang bertujuan agar video tidak terlalu monoton dan menarik. Ilustrasi ini dapat berupa gambar maupun audio yang ditambahkan ke dalam video.
    d. Merekam video dan audio. Perekamannya dapat berupa potongan-potongan video maupun audio langkah demi langkah.
    e. Compile Video. Proses penggabungan dari beberapa video yang telah dibuat dan merupakan bagian dari finishing video sebelum menjadi satu bagian utuh dari video pembelajaran.
    3. Untuk meyakinkan bahwa video tersebut valid dapat dilakukan dengan menyertakan sumber referensi dan juga identitas pembuat video.

  14. NIM. : 5202417021
    Nama : Arif Andriyanto
    Prodi : Pendidikan Teknik Otomotif
    Rombel : Metode dan Media Pembelajaran Rombel 1.

    1. Sebelum membuat video pembelajaran ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan video pembelajaran, di antaranya :
    a. Menyiapkan tujuan dan tema video tersebut,
    b. Menentukan jumlah anggota kelompok dan membagi tugas masing-masing anggota,
    c. Membuat konsep video pembelajarannya,
    d. Mebuat materi dan naskah yang akan disampaikan dalam video,
    e. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan video,
    f. Menentukan tempat dalam video,

    2. Langkah Pembuatan Video Pembelajaran adalah :
    b. Siapkan Skenario
    Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.
    b. Cari ilustrasi Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.
    c. Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.
    d. Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti “Movie Maker” atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
    e. Rendering
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.

    3. Cara meyakinkan bahwa video pembelajaran itu valid adalah dengan cara menunjukkan secara langsung bahwa video,tersebut itu asli dengan cara memberi keterangan dan memberi langkah kerja sejelas mungkin.

  15. 5202417029
    Muntasy Syahrul S.

    1. Dalam pembuatan sebuah video pembelajaran yang harus disiapkan pertama adalah bahan atau materi dari sumber terpercaya tentang video yang akan dibuat untuk membuat sebuah script(skenario) yang berisi yang berisi langkah-langkah untuk membuat video seperti diawali dengan pembukaan, judul afiliasi penulis, salam pembuka, isi, simpulan & penutup, dan terakhir ucapan terimakasih yang didalamnya masing-masing dilengkapi dengan teks yang akan dimunculkan, visualisasi, dan juga audio/narasi. Yang kedua yang harus disiapakan adalah perlengkapan untuk membuat video seperti peralatan syuting seperti kamera. kemudian yang terpenting objek dan subjek untuk syuting seperti aktor, sepeda motor dan peralatan untuk praktik(sesuai video yang akan dibuat.

    2. Langkah-langkah untuk membuat video pembelajaran
    -Menentukan tema atau judul video
    -mencari materi yang valid tengtang video yang akan dibuat
    -membuat script
    -menyiapkan perlengkapan syuting(kamera,aktor,objek syuitng,latar,dsb.)
    -proses syuting atau pengambilan video
    -proses editing
    -evalusi
    -apakah ada yang msh kurang, jika tidak pembuatan Video SELESAI.

    3. Untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang kita buat valid yaitu dengan cara kita bisa menyantumkan sumber terpercaya dari materi yang kita dapat, menyantumkan penanggung jawab atau instansi yang menaungi kita seperti universitas, industri, dll. , menyantumkan identitas pembuat video dengan jelas, dan selanjutnya kita harus membuat video yang menarik dan meberikan langkah kerja yang dipraktikan dalam video dengan jelas dan mudah dipahami.

  16. NIM. : 5202417021
    Nama : Arif Andriyanto
    Prodi : Pendidikan Teknik Otomotif
    Rombel : Metode dan Media Pembelajaran Rombel 1.

    1. Sebelum membuat video pembelajaran ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan video pembelajaran, di antaranya :
    a. Menyiapkan tujuan dan tema video tersebut,
    b. Menentukan jumlah anggota kelompok dan membagi tugas masing-masing anggota,
    c. Membuat konsep video pembelajarannya,
    d. Mebuat materi dan naskah yang akan disampaikan dalam video,
    e. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan video,
    f. Menentukan tempat dalam video,

    2. Langkah Pembuatan Video Pembelajaran adalah :
    b. Siapkan Skenario
    Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.
    b. Cari ilustrasi Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.
    c. Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.
    d. Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti “Movie Maker” atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
    e. Rendering
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.

    3. Cara meyakinkan bahwa video pembelajaran itu valid adalah dengan cara menunjukkan secara langsung bahwa video,tersebut itu asli dengan cara memberi keterangan dan memberi langkah kerja sejelas mungkin.

  17. Nim : 5202417034
    Nama : Kurniawan Pratomo

    1. Yang harus disiapkan sebelum membuat video pembelajaran adalah menentukan tema dari video yang akan dibuat, kemudian membuat skrip atau narasi yang akan disampaikan di dalam video tersebut. Menyiapkan alat dan bahan, serta aktor yang akan menyampaikan isi dari video.

    2. Langkah-langkah dalam pembuatan video:
    – Menyiapkan tema dan skrip atau narasi yang akan di sampaikan didalam video
    – Membagi tugas untuk proses pembuatan video seperti : Aktor, Editor, narator dan kameramen dalam
    pembuatan video
    – Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan selama proses pembuatan video
    – Jika semua langkah diatas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan video,
    yang mana dalam proses ini akan di perankan oleh seorang aktor. Kemudian gambar akan diambil oleh
    seorang kameramen.
    – Lalu proses selanjutnya adalah pererkaman teks narasi yang akan di bawakan oleh seorang narator.
    Dalam proses ini hasil rekaman akan disisipkan didalam video oleh editor video nantinya.
    – Yang terakhir adalah tahap editing yang dilakukan oleh editor video

    3. Untuk meyakinkan kepada penonton video pembelajaran bahwa isi materi dari video tersebut adalah valid, maka dapat menyantumkan logo dari institusi yang terkait didalam video dan bukti persetujuan materi yang disetujui oleh dosen yang bersangkutan.

  18. 5202417025
    Irfan Nur Rochman

    1. Jika ingin membuat video pembelajaran langkah yang harus di siapkan adalah naskah atau skenario yang berisi materi yang akan disampaikan dalam pembuatan video.

    2. Menentukan topik pembahasan serta tujuan pembuatan, membuat story board, menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk syuting, syuting, edit video.

    3. Untuk meyakinkan bahwa video tersebut valid maka bisa di cantumkan beberapa sumber yg terpercaya seperti nama instansi atau logo instansi dan menyertakan tujuan dan landasan-landasan serta latar belakang dalam video tersebut.

  19. 1. Sebelum membuat video pembelajaran kita harus mempersiapkan atau merencanakan sebuah ide lalu dibuat scrib dan ditulis di dalam sebuah naskah, buat se ringkas mungkin agar penonton bisa paham dengan mudah. Cari personil kurang lebih 6 orang. Persiapkan sarana yang berupa bahan yang dijadikan sebagai media, persiapkan juga sebuah kamera yang memiliki resolusi yang memadai/tinggi agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa memanjakan mata si penonton. Jangan lupa juga untuk mengedit video anda agar hasil lebih bagus dan lebih maksimal, buang/crop video” yang tidak perlu atau jelek, dan jangan lupa untung memberikan animasi dan backsound karena ini sangat penting dan buat se kreatif mungkin. Ini bertujuan agar si penonton video lebih mudah menerima materi dan tidak bosan sehingga bisa jadi bahan belajar untuk berkelanjutan.

    2. Langkah-langkah pembuatan video
    1. Aktor harus faham yang ada di dalam naskah, lalu take
    video.
    2. Sesudah take video selesai dan jadi edit hasil rekaman se
    kreatif mungkin.
    3. Selesai.

    3. Cara meyakinkan si penoton bahwa video yang dibuat valid sangatlah mudah, kita hanya perlu mencantumkan sumber yang kita pakai dalam pembuatan video dan saat pelaksanaan harus dilakukan secara benar. Dan jangan lupa cantumkan identitas pembuat/kelompok agar tidak di copy oleh orang lain.

  20. 5202417032
    Miftachul Ulum
    1. Dalam pembuatan video media pembelajaran yang pertama kita harus menyiapkan topik apa yang akan kita buat vidio, kemudian membuat script vidio yang di dalamnya memuat langkah – langkah pembuatan vidio, serta sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia yang mumpuni.

    2. Langkah langkah dalam pembuatan vidio:
    a. Menentukan topik video yang akan disampaikan. Topik berisi tentang hal menarik dan bermanfaat supaya penonton tertarik dan mendapat manfaat saat menonton video yang di buat.
    b. Membuat script vidio. Membuat script sedetail dan sejelas mungkin tentang video yang akan dibuat.
    c. Membuat bagian-bagian video sesuai script yang telah dibuat.
    d. Mengedit video dari bagian-bagian vidio tersebut dan dibuat semenarik mungkin.

    3. Cara membuat vidio itu valid dan membuat penonton itu yaqin dengan cara mencamtumkan identitas pembuat vidio seperti: logo instansi, data diri pembuat vidio, dan tujuan pembuatan vidio.

  21. 5202417035
    Maryanto

    1. Yang harus dipersiapkan untuk membuat video pembelajaran antara lain :
    Anggota kelompok untuk membuat video pembelajaran, menyiapkan materi/konten yang akan disampaikan, peralatan penunjang pembuatan video pembelajaran
    2. Langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran yaitu :
    – Pertama, kita harus membentuk suatu kelompok untuk bekerjasama dalam membuat video pembelajaran
    – Kedua, kita harus berdiskusi mengenai konten/ materi apa yang akan disampaikan
    – Ketiga, kita harus membuat script yang nantinya akan digunakan sebagai panduan untuk membuat video pembelajaran
    – Keempat, kita harus melengkapi properti yang mendukung pembuatan video pembelajaran agar mudah diterima oleh penonton
    – Kelima, kita melakukan shooting atau pengambilan video sesuai script yang sudah dirancang
    – Keenam, kita harus meng-edit video yang telah diambil dan dikombinasikan dengan media yang lain agar menarik dan mudah dipahami
    3. cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid yaitu dengan cara menyertakan logo instansi kita, konten yang kita buat harus berbobot, sertakan tujuan yang dapat meyakinkan penonton

  22. NIM : 5202417002
    Nama : Muhamad Aziz

    1. Yang harus disiapkan dalam pembuatan video pembelajaran yaitu :
    – Tema dan judul yang ingin disampaikan,
    – Script/skenario
    – Aktor yang berperan masing-masing dan Tim/kru seperti kameramen, editor, dll,
    – Object/bahan yang ingin disampaikan
    – Peralatan seperti kamera, laptop, sumber penerangan, dll.

    2. Langkah-langkah membuat video pembelajaran :
    a. Menentukan topik dan judul yang ingin disampaikan.
    b. Menentukan konsep penyampaian dari judul yang telah ditentukan.
    c. Membuat atau merancang script/skenario/naskah video.
    d. Pengambilan materi/visual/video yang disampaikan berdasarkan skenario yang dibuat
    e. Mengedit video seperti menyatukan/memotong video atau gambar atau materi agar menjadi lebih baik, rapi, dan menarik berdasarkan skenario yang dibuat.

    3. Untuk meyakinkan bahwa video yang dibuat valid yaitu dengan penyampaian materi yang baik dan benar sesuai SOP, menyantumkan identitas dari instansi atas ijin yang bersangkutan, menyantumkan identitas diri seperti aktor dan kru yang bertanggung jawab atas video yang dibuat, dan menyantumkan sumber yang terpercaya yang menjadi acuan atau dasar pembuatan video.

  23. Nama : Septu Bima Mandala
    NIM : 5202417017

    1. Yang pertama dilakukan saat pembuatan video yaitu harus pembuatan skenario atau script, selanjutnya setelah itu lakukan perekaman dengan kamera, serta yang perlu disiapkan lagi adalah para aktor yang akan tampil pada video tersebut, serta komponen lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang video pembelajaran tersebut.

    2. 1). Kita harus menentukan ide atau gagasan tentangvideo apa yang harus dibuat nanti.
    2). Buatlah skenario atau script yang akan digunakan sebagai bahan acuan dalam pembuatan video
    3). Buatlah video perbagian
    4) Video perbagian itu dijadikan menjadi satu video secara menyeluruh.

    3. Agar bisa menyetujui video itu valid, kita harus memberikan sumber dari video yang kita buat, apakah dari buku, internet dan lain sebagainya.

  24. NIM : 5202417012
    Danny Firman Ocviansyah

    Hal-hal yang perlu di persiapkan untuk membuat video pembelajaran :
    – menyiapkan materi yang akan di sampaikan
    – membuat skenario (script) dan narasi video
    – menentukan tujuan dari pembuatan video
    – menentukan peran tiap anggota
    – menyiapkan alat dan bahan video
    – menentukan tempat pengambilan video

    Langkah-langkah membuat video :
    – menentukan tema/judul
    – membuat skenario (script) dan narasi
    – menentukan peran
    – menyiapkan alat dan bahan
    – proses pengambilan video
    – edit video

    cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid :
    – disertai literasi yang valid
    – disertai spesifikasi alat dan bahan peraga

  25. 5201417043
    Muhammad Ikhwan Rifqi

    1. harus disiapkan untuk membuat video pembelajaran:
    a. Sript video (skenario), Potongan video, Kamera, Aktor, software edit video, Ilustrasi pendukung,Audio(narasi)

    2. Langkah langkah dalam pembuatan video pembelajaran yaitu:
    a. Menentukan materi yang akan disampaikan dalam video pembelajaran.
    b. Membuat Script/skenario video,Skenario di sini adalah ringkasan materi yang akan dibuat menjadi video dan audio.
    c. Mencari ilustrasi pendukung, Ilustrasi pendukung dibuat sebagai penjelah pada video pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh penonton
    d. Proses pengambilan video/merekam video, siapkan pemeran yang terlibat dalam video, naskah video, kamera . video yang dibuat harus sesuai dengan script yang telah dibuat, Lalu simpan hasil rekaman dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video .
    e. Langkah penggabunagn video
    Gabungkan potongan video , audio/narasi dan ilustrasi pendukung menjadi video pembelajaran menggunakan software edit video pada komputer/pc .

    3. cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid:
    yaitu dengan mencatumkan sumber materi yang dibuat, memberikan/mencantumkan logo instansi pendidikan terkait.

  26. 5202417038
    Yanuar Mirza

    1. Hal yang harus disiapkan sebelum membuat video pembelajaran
    -Menyiapkan tujuan dan tema video tersebut,
    -Menentukan jumlah anggota kelompok dan membagi tugas masing-masing anggota,
    -Mebuat script atau naskah yang akan disampaikan dalam video,
    -Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan video,
    -Menentukan tempat dalam video,
    -menyiapkan alat perekam

    2. Langkah Pembuatan Video
    -menyiapakan script
    -menentukan tempat
    -melakukan pengenalan diri
    -memberi pengantar dengan tujuan untuk menjelaskan tujuan dibuatnya video tersebut
    -aktor memerankan/menyampaikan sesuai script
    -menyampaikan kesimpulan

    3. Cara meyakinkan bahwa video tersebut dapat dipercaya..
    Menyampaikan dengan baik dan benar dan nggunakan materi dg referensi yang jelas, menyertakan logo

  27. 1. Dalam pembuatan sebuah video pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum memulai pembuatan video, antara lain kita harus menyiapkan sebuah tema atau topik yang akan kita sampaikan dalam video terebut, setelah tema kita dapat menyiapkan naskah atau skenario dengan referensi materi yang valid, rekaman atau potongan video dan audionya, crew dengan tugasnya masing-masing dan aktornya, yang terakhir alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan video.
    2. Langkah-langkah dalam pembuatan video antara lain, pertama tentukan topik dan tujuan pembutan video pembelajaran dimana apa yang akan kita sampaikan harus jelas dan mudah dimengerti. Kedua menyiapkan naskah atau skenario yang merupakan gambaran secara rinci dari video tersebut, gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik, siapkan aktor atau pemein yang akan memerankan. Ketiga siapkan ilustrasi pendukung, dapat berupa gambar ataupun video yang selanjutnya kita masukkan kedalam video pembelajaran agar lebih menarik. Keempat proses perekaman video dan audio, perekapan dapat dilakukakan secara bertahap atau berupa potongan-potongan video dan audio. Kelima proses yang terakhir yaitu penggabungan dan pengeditan video agar lebih menarik.
    3. Untuk meyakinkan bahwa isi video valid kita cantumkan sumber referensi dari materi yang kita dapat, penanggung jawab video tersebut, dan juga identitas dari pembuat video beserta tugas-tugasnya.

  28. NIM : 5202417023
    Nama : M Deni Saputra

    1. Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat sebuah video pembelajaran seperti:
    a. Tema dan judul video pembelajaran.
    b. Script video pembelajaran.
    c. Alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti: kamera, microphone, lighting, dan sebagainya.
    d. Anggota yang akan membuat video pembelajaran yang di dalamnya meliputi: Aktor, kameramen, editor, dan sutradara.
    2. Langkah-langkah membuat video pembelajaran:
    a. Menentukan tema dan judul video pembelajaran.
    b. Menentukan tujuan video pembelajaran.
    c. Membuat script atau skenario video pembelajaran.
    d. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
    e. Merekam video sesuai dengan skenario yang telah dibuat.
    f. Edit video yang telah direkam hingga layak untuk dipublikasikan.
    3. Untuk meyakinkan bahwa video pembelajaran tersebut valid dapat dilakukan dengan mencantumkan sumber refrensi, mencantumkan idenntitas pembuat, langkah dalam video benar-benar jelas dan dapat dipraktikkan dengan mudah, dan langkah-langkah di dalam video tidak menimbulkan kesan ambigu atau multitafsir.

  29. Nama : Doni Puji Laksono
    NIM : 5202417016
    Prodi : Pendidikan Teknik Otomotif
    Makul : Metode dan Media Pembelajaran Rombel 2

    1. Yang harus kita siapkan sebelum membuat video media pembelajaran menurut saya adalah sebagai berikut :
    a. Menentukan Tema atau pokok bahasan dari video yang akan kita buat
    b. Menentukan Tujuan dari pembuatan video
    c. Merancang konsepan kecil mengenai video yang akan kita buat
    d. Membuat teks naskah yang akan kita bahas untuk disampaikan gunakan kata yang mudah untuk dipahami melalui video bisa terdiri dari pembuka, isi, simpulan dan penutup
    e. Menentukan alur jalan nya setiap rangkaian video
    f. Menyiapkan alat dan bahan yang kita perlukan dalam proses pembuatan video serta properti2 pendukung lain nya
    g. Menentukan latar waktu dan tempat pengambilan video

    2. Langkah – langkah dalam pembuatan video pembelajaran adalah sebagai berikut :
    -Menentukan pokok- pokok materi konsepan yang nnti nya hendak kita ulas pada video tidak usah terlalu rumit dan kompleks siapkan kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami oleh penonton dan manfaat yang dapat mereka ambil
    – Menentukan skenario yang akan di sampaikan secara rinci mengenai ringkasan materi yang sudah kita buat
    – Mencari ilustrasi pendukung dari materi dan skenario yang telah kita buat dapat berupa alat pendukung , gambar, teks/kalimat, audio yang dapat kita gunakan untuk mendukung video kita jangan lupa cantumkan sumber apabila kita mengambil dari sumber lain
    – Proses perekaman video
    Kita jalankan sesuai skenario yg sudah dibuat kemudian kita kondisikan pemeran yang akan memerankan nya bantu pemeran untuk menjalankan peran nya dengan baik masing2 ada yang bertugas sebagai pengambil gambar, perekam video serta tokoh figuran lain nya masing2 menjalankan peran nya sesuai skenario
    – Compile video yaitu, Menggabungkan video menjadi satu yang sudah kita ambil untuk di edit menjadi satu
    – lalu kita evaluasi hasil nya setelah selesai mungkin bisa kita upload

    3. Cara meyakinkan agar penonton percaya adalah dengan memberikan informasi kepada mereka mengenai bioadata diri dan biografi kita sebagai pembuat video dan seluruh yang terlibat dalam video kemudian mencantumkan berbagai sumber yang kita gunakan agar penonton dapat mencarinya membuka kolom komentar dan masukan atau diskusi dalam video agar penonton bisa menyampaikan apa yg ingin mereka sampaikan

  30. Nama : Kurniawan Mahaka
    NIM : 5202417024
    Prodi : Pendidikan Teknik Otomotif
    Rombel : 1

    1. Yang harus disiapkan dalam membuat video pembelajaran :
    1.Pemeran dalam video, pembagian peran anggota, 2. Isi / materi yang akan disampaikan, 3. Script text yang akan disampaikan, 4. Kamera, 5. Software editing video, 6. Bahan media yang akan disampaikan.

    2. Langkah Membuat Video Pembelajaran:
    a. Menentukan materi yang akan disampaikan. Materi yang disampaikan intinya harus jelas apa yang akan disampaikan pada video tersebut
    b. Membuat script atau skenario text. Membuat script sedetail mungkin untuk menjelaskan apa yang akan dilakukan pemeran, selain itu juga video yang akan dibuat seperti pembukaan apa yang akan ditampilkan, siapa saja aktornya yang akan berperan, apa audio yang digunakan atau ada tidaknya naskah yang harus dibacakan.
    c. Proses syuting potongan video sesuai script text yang telah dibuat.
    d. Edit video sesuai script text atau skenario semenarik mungkin.

    3. Untuk meyakinkan penonton yaitu dengan memasukkan tanda atau logo dari sebuah institusi (dengan catatan sudah mendapat izin dari institusi tersebut). Dan juga menyertakan waktu dan tempat ataupun menyertakan latar belakang dan tujuan video pembelajaran dibuat.

  31. Nama : Doni Puji Laksono
    NIM : 5202417016
    Prodi : Pendidikan Teknik Otomotif
    Makul : Metode dan Media Pembelajaran Rombel 1

    1. Yang harus kita siapkan sebelum membuat video media pembelajaran menurut saya adalah sebagai berikut :
    a. Menentukan Tema atau pokok bahasan dari video yang akan kita buat
    b. Menentukan Tujuan dari pembuatan video
    c. Merancang konsepan kecil mengenai video yang akan kita buat
    d. Membuat teks naskah yang akan kita bahas untuk disampaikan gunakan kata yang mudah untuk dipahami melalui video bisa terdiri dari pembuka, isi, simpulan dan penutup
    e. Menentukan alur jalan nya setiap rangkaian video
    f. Menyiapkan alat dan bahan yang kita perlukan dalam proses pembuatan video serta properti2 pendukung lain nya
    g. Menentukan latar waktu dan tempat pengambilan video

    2. Langkah – langkah dalam pembuatan video pembelajaran adalah sebagai berikut :
    -Menentukan pokok- pokok materi konsepan yang nnti nya hendak kita ulas pada video tidak usah terlalu rumit dan kompleks siapkan kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami oleh penonton dan manfaat yang dapat mereka ambil
    – Menentukan skenario yang akan di sampaikan secara rinci mengenai ringkasan materi yang sudah kita buat
    – Mencari ilustrasi pendukung dari materi dan skenario yang telah kita buat dapat berupa alat pendukung , gambar, teks/kalimat, audio yang dapat kita gunakan untuk mendukung video kita jangan lupa cantumkan sumber apabila kita mengambil dari sumber lain
    – Proses perekaman video
    Kita jalankan sesuai skenario yg sudah dibuat kemudian kita kondisikan pemeran yang akan memerankan nya bantu pemeran untuk menjalankan peran nya dengan baik masing2 ada yang bertugas sebagai pengambil gambar, perekam video serta tokoh figuran lain nya masing2 menjalankan peran nya sesuai skenario
    – Compile video yaitu, Menggabungkan video menjadi satu yang sudah kita ambil untuk di edit menjadi satu
    – lalu kita evaluasi hasil nya setelah selesai mungkin bisa kita upload

    3. Cara meyakinkan agar penonton percaya adalah dengan memberikan informasi kepada mereka mengenai bioadata diri dan biografi kita sebagai pembuat video dan seluruh yang terlibat dalam video kemudian mencantumkan berbagai sumber yang kita gunakan agar penonton dapat mencarinya membuka kolom komentar dan masukan atau diskusi dalam video agar penonton bisa menyampaikan apa yg ingin mereka sampaikan

  32. 5202417039
    Ahmad Rozikin

    1. Yang harus disiapkan untuk membuat video pembelajaran yaitu siapkan skenario, aktor, alat – alat pendukung misalnya kamera, alat tambahan yang digunakan dalam proses rekaman video, kemudian alat untuk penggabungan maupun edit dari berbagai hasil potongan video sehingga bisa menjadi satu video pembelajaran yang utuh danin – lain.

    2. Langkah – langkah dalam membuat video pembelajaran sebagai berikut :
    a. Siapkan Skenario
    Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Tentukan materi yang akan dibuat terkait pembelajaran yang dilakukan. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya. Kemudian setelah itu laporkan hasil skenario tersebut ke dosen atau pembimbing Anda untuk dikoreksi sehingga dalam pembuatan videonya sesuai dengan alur yang benar.
    b. Cari ilustrasi Pendukung dan Alat Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video atau gambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Alat – alat pendukung yaitu alat –
    alat yang digunakan atau dibutuhkan dalam proses pembuatan video seperti contoh kamera.
    c. Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman atau potongan video simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.
    d. Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman atau potongan video menjadi tampilan video. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuatan video.
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.

    3. Cara meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid yaitu dengan cara mencatumkan nama instansi terkait misalnya logo universitas ataupun jurusan yang ada dan cantumkan sumber atau literasi yang sudah kita baca dan yang kita gunakan untuk penyelesaian penyusunan video pembelajaran.

  33. 5202417010

    Moh. Fahmi Kurniawan

    1. Sebelum membuat video pembelajaran, hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain :
    Konten video yang akan dibuat, story board (alur video), script / naskah video, perekam video (bisa kamera digital / kamera HP), alat peraga pembelajaran, dan aplikasi / software edit video (bisa di laptop / HP).

    2. Langkah – langkah pembuatan video pembelajaran :
    Pertama, tentukan tema besar video yang akan dibuat. Lalu dikerucutkan menjadi sebuah judul. Dari judul tersebut kemudian dikembangkan menjadi storyboard / gambaran video tersebut, dan dibuat menjadi sebuah script / naskah video. Selanjutnya siapkan semua alat & bahan yang akan digunakan dalam proses pengambilan video.Setelah itu masuk ke proses pengambilan video, urutannya bisa sesuai dengan naskah yang telah dibuat pada langkah awal tadi. Jika sudah selesai, maka masuk ke tahap Editing Video. Disini video yang sudah diambil tadi diedit sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah video utuh yang siap ditampilkan.

    3. Cara untuk meyakinkan bahwa video & isinya valid ialah dengan menambahkan sumber / referensi yang bisa dipertanggungjawabkan (misalnya : buku panduan praktek dari salah satu merk mobil). Juga bisa diambil dari internet seperti Jurnal, Skripsi, dan sebagainya.

  34. 5202417037
    Nama: Agha Ardianto Surya

    1.Dalam pembuatan video pembelajaran yang harus di persiapkan adalah tema yang kemudian di kembangkan menjadi sebuah sekenario yang berisikan alur video narasi dan dialog pemeran.serta mempersiapkan peralatan dan bahan pendukung untuk pembuatan video

    2.langkah langkah pembuatan video pembelajaran diawali dengan mentukan judul video yang akan di buat kemudian merancang sekenario,setelah sekenario jadi persiapkan alat dan bahan pendukung yang kemudian barulah di lakukan proses pengambilan gambar yang di akhiri dengan proses editing video.

    3.kemudian untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid kita dapat menambahkan sumber/refrensi yang di gunakan untuk pembuatan video dan pastinya harus menggunakan sumber yang terpercaya.

  35. 5202417036
    Aldi Edvan Octavio

    1. Sebelum membuat video ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:
    – Tema video yang akan dibuat
    – Membuat konsep video yang akan dibuat, seperti script atau skenario.
    – Membagi tugas masing” anggota kelompok
    – Menyiapkan alat dan tempat yang dibutuhkan untuk mendukung proses shooting video
    2 Langkah-langkah untuk membuat video pembelajaran yaitu:
    – Persiapkan script atau skenario, skenario berfungsi untuk memudahkan aktor dalam melakukan shooting video agar sesuai dengan materi yang akan disampaikan
    – Masukkan ilustrasi pendukung agar para penonton nanti dapat memahami dengan mudah maksud dari video pembelajaran yang dibuat
    – Tentukan lokasi shooting video, dan juga alat peraga yang dibutuhkan untuk proses shooting seperti kamera dan alat lain yang mendukung
    – Setelah shooting video selesai, lakukan proses editing video agar menjadi lebih bagus dan menarik untuk ditonton
    3. Untuk meyakinkan penonton agar video pembelajaran yang dibuat dianggap valid yaitu dengan mencantumkan sumber referensi, tujuan dari video yang dibuat, beri logo instansi terkait, dan juga data dari pembuat video tersebut

  36. 5202417018
    Anisatul Arifah

    1. Dalam pembuatan video pembelajaran ada beberapa hal yang harus di siapkan sebelum pembuatan video, yaitu : – Pokok pembahasan atau Tema yang akan di bahas dalam video . -Naskah atau Script. –Aktor dan anggotanya yang akan melakukan adegan . – Peralatan yang Di gunakan : kamera, laptop . -Audio dan Rekaman video.
    2. Dalam pembuatan video ada beberapa langkah-langkah yang akan di lakukan, yaitu :
    • Menentukan topik pembahasan atau tema yang akan di bahas
    • Membuat naskah atau script . Yang di dalam script terdiri dari pembukaan , perkenalan, isi langkah-langkah kerja , dan penutup yang berisi kesimpulan dan ucapan terima kasih . Dan juga terdapat semua gambar , tulisan, audio, dan langkah-langkah melakukan tema tersebut . Misalnya mengganti lampu kepala , jadi di Dalam script akan tertera juga langkah-langkah dari penyiapan alat sampai pemasangan kembali Lampu tersebut.
    • Pemahaman naskah atau script oleh aktor
    • Pengambilan video atau syuting oleh crew dan aktor sesuai script yang telah di buat.
    • Pengumpulan hasil syuting
    • Pengeditan video yang telah di ambil.

    3. Agar video tersebut meyakinkan bahwa video tersebut valid dapat dilakukan dengan cara pada saat penyampaian harus dengan sopan dan baik, dan Juga persetujuan waktu dan tempat pembuatan video agar mengetahui kondisi yang sebenarnya.

  37. 5202417001
    Muhamad syarif hidayat

    1. yang harus dipersiapkan dalam membuat video pembelajaran adalah :
    – tujuan : karena tujuan sangat menentukan akan dibawa kemana dan dibuat seperti apa video pembelajaran
    – judul dan tema yang akan dibuat untuk video media pembelajaran
    – script atau naskah yang akan disertakan dalam video pembelajaran dengan sumber yang jelas dan terpercaya
    – SDM atau aktor yang akan memerankan atau mempraktikkan sesuatu pekerjaan (job) dalam video pembelajaran
    – mempersiapkan peralatan penunjang pembuatan video pembelajaran, sehingga pada saat proses pengambilan video maupun editing tidak mengalami banyak kendala.

    2. langkah langkah membuat video pembelajaran
    – tentukan topik pembahasan yang akan dibuat
    – membuat script atau naskah yang sesuai dengan topik
    – pastikan semua media dan peralatan yang dibutuhkan untuk proses pengambilan dan pengeditan video sudah siap
    – proses pengambilan video, dilakukan oleh aktor untuk menjelaskan langkah-langkah atau mempraktekkan job.
    – proses penggabungan video sekaligus mengedit dan menambahkan script, naskah maupun animasi yang membantu untuk meningkatkan pemahaman yang melihat video pembelajaran yang dibuat.

    3. cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid :
    – menyertakan logo instansi yang menaungi kelompok pembuat video sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenaran dan kevalidannya.
    – menyertakan sumber – sumber yang jelas dan terpercaya.

  38. 5202417040
    1. Yang harus disiapkan saat membuat video pembelajaran yaitu tujuan video, script, naskah, alat perekam, aktor, cameraman, dan tempat.

    2. Langkah – langkah membuat video pembelajaran :
    a. Menentukan tujuan dari video pembelajaran berisi hal yang ingin dicapai dari video dan sasaran orang yang melihat video tersebut.
    b. Membuat script yang berisi tentang alur video yang akan dibuat, naskah yang akan diucapkan, dan gambaran proses editing.
    c. Persiapan alat dan media berupa alat perekam gambar dan alat maupun media penunjang isi video.
    d. Pengambilan gambar/video.
    e. Proses editing.

    3. Cara untuk menyakinkan penonton bahwa video yang kita buat valid yaitu dengan mencantumkan referensi kita dalam mengambil materi video tersebut.

  39. 5202417019
    Agung Tri Susanto

    1. Hal-hal yang harus disiapkan untuk membuat video pembelajaran adalah tema/topik yang akan dibahas,sumber data ygjelas yang akan dijadikan tema tersebut,tujuan pembuatan video,naskah/script, sarana dan prasarana( alat alat yang akan digunakan seperti laptop,kamera,media praktekdll.) kemudian aktor.

    2. Langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran yang pertama yaitu menentukan tema/topik kemudian proses membuat naskah atau script video yang akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan video,kemudian menyiapkan alat-alat untuk merekam,kemudian proses perekaman dan yang terakhir yaitu proses editing video yang berupa penggabungan video-video, menambahkan teks, dll

    3. Cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid yaitu dengan cara meyantumkan sumber data yang jelas dan dapat dipercaya kemudian menyantumkan penanggung jawab atau instansi yang menaungi kita seperti universitas, industri, dll. , menyantumkan identitas pembuat video dengan jelas, dan selanjutnya kita harus membuat video yang menarik dan meberikan langkah kerja yang dipraktikan dalam video dengan jelas dan mudah dipahami.

  40. 5202417072
    Prayoga Harninto

    Dalam pembuatan video media pembelajaran memerlukan beberapa perlengkapan seperti kamera, aktor/pemeran dalam video, naskah, lokasi penyutingan.

    Langkah-langkahnya :
    1. Menentukan judul dan tujuan video media pembelajaran
    2. Membuat naskah yg akan dijadikan video media pembelajaran
    3. Menentukan lokasi pengambilan video
    4. Mulai membuat video satu per satu
    5. Setelah semua video media pembelajaran selesai, lakukan pengeditan video agar lebih menarik
    6. Menampilkan video yg sudah jadi kepada peserta didik dan menjelaskan sedikit tentang isi video tersebut.

  41. NIM:5202417014
    NAMA: SALAM PUTRA

    1.Yang perlu di persiapkan untuk pembuatan video pembelajaran
     Adanya gagasan /ide yang tepat untuk membuat video
     Adanya judul yang sesuai dengan yang di rencanakan
     Tujuan yang jelas dari pembuatan video tersebut
     Adanya pemeran-pemeran/tokoh untuk pembuatan video
     Manfaat yang jelas untuk orang penerima informasi
     Adanya alat-alat untuk pembuatan video tersebut

    2. langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran
     Langkah pertama: Siapkan Skenario
    Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.
     langkah kedua: Cari ilustrasi Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.
     langkah ketiga: Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.
     Langkah keempat: Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti “Movie Maker” atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.
    3.cara untuk menyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang di buat valid
     Video yang di buat yaitu memiliki refrensi yang jelas dari buku buku tertentu dan di buat dengan adanya lembaga dari sebuah universitas
     Mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengeshare ke orang lain
     Manfaat dan tujuan video tersebut jelas

  42. 5202417030
    Purnomo

    1. Yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan video media pembelajaran yaitu antara lain:
    Anggota kelompok, materi yang akan disampaikan, lalu peralatan penunjang untuk pembutan video pembelajaran.

    2. Langkah-langkah dalam pembuatan video pembelajaran :
    -Langkah pertama: Siapkan Skenario
    Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.

    -langkah kedua: Cari ilustrasi Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.

    -langkah ketiga: Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.

    -Langkah keempat: Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti “Movie Maker” atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya.

    3.Untuk meyakinkan bahwa video tersebut benar-benar valid ialah dengan cara mencantumkan sumber-sumber yang terpercaya dalam video tersebut.

  43. NIM : 5202417020
    Nama : Wisnu Yuniantoro

    1) Yang harus dipersiapkan untuk membuat video pembelajaran yaitu :
    – Konten atau materi yang akan di sampaikan
    – Script atau rancangan video
    – Tokoh atau pemeran
    – Media (tempat & alat praktek, kamera, dsb)

    2) Langkah-langkah membuat video pembelajaran yaitu :
    – Menentukan tema/konten video
    – Membuat script video, narasi dan Pembagian peran setiap anggota
    – Pengambilan video
    – Editing (meliputi penggabungan, penambahan animasi, transisi, dubbing narasi, dll)

    3) Cara untuk meyakinkan bahwa isi video pembelajaran yang dibuat valid :
    – Mencantumkan literasi/referensi yang sesuai dan jelas
    – Aktor atau pemeran menggunakan bahasa yang baku, jelas dan tidak ada keragu-raguan

  44. NIM : 5202417071
    Nama : Luthfi Aji Nugroho
    1. Yang harus kita siapkan sebelum membuat video media pembelajaran menurut saya adalah sebagai berikut :
    Yang pertama, kita harus menentukan Tema dari video yang akan kita buat.
    Lalu yang kedua, kita menentukan tujuan dari pembuatan video tersebut untuk apa.
    Yang ketiga, merancang konsepan konsepan mengenai video yang akan kita buat nantinya.
    Yang keempat, kita membuat naskah yang akan kita bahas untuk disampaikan, sebaiknya gunakan kata yang mudah dipahami melalui video, bisa terdiri dari pembuka, isi, simpulan dan penutup.
    Yang kelima, menentukan alur jalannya setiap rangkaian video yang akan kita buat.
    Yang ke-enam, lalu kita menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan video seperti properti-properti atau pendukung lainnya.

    2. Langkah – langkah dalam pembuatan video pembelajaran adalah sebagai berikut :
    -Yang pertama kita harus menentukan pokok-pokok materi konsepan yang nantinya akan kita ulas pada video, lebih baik jangan terlalu rumit dan kompleks, siapkanlah kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami oleh penonton nantinya.
    Yang kedua, kita menentukan skenario yang akan di sampaikan kepada penonton dengan secara rinci mengenai ringkasan materi yang sudah kita buat.
    Yang ketiga, kita mencari ilustrasi pendukung dari materi dan skenario yang telah kita buat dapat berupa alat pendukung, gambar, teks/kalimat, audio yang dapat kita gunakan untuk mendukung video kita, dan jangan lupa cantumkan sumber apabila kita mendapatkan informasi dari sumber lain.
    Yang keempat, proses perekaman video harus kita jalankan sesuai dengan skenario yang sudah kita buat, kemudian kita kondisikan pemeran yang akan memerankannya, bantu pemeran untuk menjalankan perannya dengan baik, masing-masing ada yang bertugas sebagai pengambil gambar, perekam video serta tokoh figuran lainnya masing-masing menjalankan perannya sesuai skenario.
    Yang kelima, compile video yaitu menggabungkan video menjadi satu yang sudah kita ambil untuk di edit menjadi satu.
    Yang keenam, kita evaluasi hasilnya setelah selesai sebelum kita upload.

    3. Cara meyakinkan agar penonton percaya yaitu dengan memberikan informasi kepada mereka mengenai biodata diri dan biografi kita sebagai pembuat video dan seluruh yang terlibat dalam pembuatan video tanpa sedikitpun rekayasa dari data tersebut kemudian mencantumkan berbagai sumber yang kita gunakan agar penonton dapat mencarinya, lalu membuka kolom komentar dan masukan atau diskusi dalam video agar penonton bisa menyampaikan apa yang ingin mereka semua sampaikan.

  45. Dheny Nur Syahid
    20247079
    1. Yang harus disiapkan yaitu :
    -tema video apa yg harus dibuat -scrip / skenario jalannya video -pemeran /aktor video -sutradara, pengambil video. -Alat perekam (kamera hp, kamera DSLR) -alat editing video (handphone, laptop) -penyangga kamera / tripod -keperluan alat yang akan digunakan untuk praktek dalam pembuatan media video misal kita dalam otomotif kunci busi, obeng, kunci pas ring, werpack, manual book dll.

    2. Langkah-langkah:
    -menentukan tema video apa yang akan dibuat. -membuat skenario jalannya video
    -menulis skenario di dalam script/story board. -pematangan hasil rancangan skenario.
    -editing scrip bila ada. -pengambilan video atau take video. -jika sudah benar-benar bagus dan baik selanjutnya melakukan editing menggunakan aplikasi di laptop atau handphone. -pengecekan ulang video. -jika tidak ada masalah, video siap ditampilkan.

    3. Cara agar video valid:
    -mencari sumber materi yang baik atau meyakinkan, bukan dari blog-blog di internet. -mencantumkan sumber materi dalam video. -melakukan persiapan matang terlebih dahulu sebelum pembuatan video. -membuat video dengan sebaik-baiknya sesuai langkah kerja dan dilakukan secara serius. -mendiskusikan dengan ahli atau orang yang menguasai tema video yang dibuat.

  46. NIM : 5202417022
    NAMA : EKO SUTRISNO

    1. Yang perlu disiapkan dalam membuat vidio adalah ; tema vidio yang akan dibuat, personil dalam pembuatan vidio, script vidio yang sesuai dengan tema, alat2 untuk membuat vidio dan bahan sesuai tema.

    2. Langkah dalam pembuatan vidio adalah ; menentukan tema vidio, membuat script swsuai tema yang telah ditentukan, siapkan alat dan bahan, mulai ambil vidio sesuai script, edit vidio, selesai

    3. Cara meyakinkan agar vidio valid adalah dengan mencari sumber dari yang terpercaya dalam hal ini menggunakan buku akan lebih valid, setelah itu sertakan judul buku atau sumber yang diambil kedalam tayangan vidio.

  47. Nama : Thariq Falahuddin Ahmad
    NIM : 5202417013

    1. Sebelum membuat video pembelajaran ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan video pembelajaran, di antaranya :
    a. Menyiapkan tujuan dan tema video tersebut,
    b. Menentukan jumlah anggota kelompok dan membagi tugas masing-masing anggota,
    c. Membuat konsep video pembelajarannya,
    d. Mebuat materi dan naskah yang akan disampaikan dalam video,
    e. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan video,
    f. Menentukan tempat dalam video,

    2. Langkah Pembuatan Video Pembelajaran adalah :
    b. Siapkan Skenario
    Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.
    b. Cari ilustrasi Pendukung
    Cari ilustrasi yang mendukung skenario Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.
    c. Proses Merekam Audio/Visual
    Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.
    d. Compile Video Anda
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti “Movie Maker” atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
    e. Rendering
    Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.

    3. Cara meyakinkan bahwa video pembelajaran itu valid adalah dengan cara menunjukkan secara langsung bahwa video,tersebut itu asli dengan cara memberi keterangan dan memberi langkah kerja sejelas mungkin.

  48. 5202417050
    Ardy Yudo Nugroho – PTO’02

    1.Dlam proses pembuatan video ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama pada beberapa konten yang memeng sangat serius dalam membuat video tersebut, dalam prosesnya video yang diperoreh untuk edukasi atau video pembelajaran sangatlah penting termasuk poin poin yang akan disampaikan dalam menjelaskan tutorial tersebut dalam video, diantarannya:
    Siapkan scenario yang dimana terdapat ringkasan materi yang akan disampaikn baik konten, animas, gambar dan teks yang akan masuk kedalam video tersebut. Periksa ulang dan pahami seketario untuk dasaran membuat video.
    Proses merekam Audio Video/ Visual
    Dari sekenario yang telah disiapkan sebagai model untuk bahan pembuatan video pembelajaran sebagai dasaran gerakan dan konsepan yang akan dijalankan dalam proses perekaman baik dalam menggunakan ponsel untuk hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan anda untuk proses pembuatan video.
    Compile video
    Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video dalam pembelajaran, baik tutorial proses, audio, gambar dan teks dalam satu bingkai video yang digabungkan menjadi satu dalam tampilan video. Mengcompile video dengan apikasi yang telah tersedia untuk proses yang lebih sempurna dengan format yqang telah ditentukan.
    2. langkah langkah membuat video pembelajaran. Dalam menyiapkan langkah proses pembuatan video yaitu dengan mengkonsep dasaran alur video dan tambilan baik berupa gambar, audi, model dan teks. Tahapan selanjutnya menggabungkan proses sesuai dengan urutan konsep yang telah disusun. Dalam halnya video penggabungan dimaksutkan untuk menjadikan suatu alur proses seuai dengan langkah/ prosedur proses. Terakhir editing dan penyesuaian format video yang digunakn.
    3. keaslian video bias dilakukan dengan mencantumpan nama divideo dan teks identitas kita diformat baik gambar dan perkenalan identitas setiap proses yang dilakukan untuk membuat video tersebut, sehingga video hasil karya yg digunakan tidak digunakan oleh orang awam lainnya.

  49. 5202417004
    1. Yang harus disiapkan adalah: skrip, naskah, pemeran dalam video, kameraman, peralatan pokok dan penunjang, editor video
    2. Pertama susun skripnya. Lalu buat naskahnya sesuai dengan skrip. Lalu siapkan peralatan yang akan digunakan dan aktor yang akan tampil dalam video. Kemudian mulailah tahap syuting. Lalu edit video agar menarik saat dilihat.
    3. Buat video dengan jelas dan meyakinkan, cantumkan sumber sumbernya dengan jelas, cantumkan logo instansi atau semacamnya di dalam video, video tidak mengandung unsur SARA.

  50. Its like you read my mind! You seem to know so much about this,
    like you wrote the book in it or something. I think that
    you can do with some pics to drive the message home a bit,
    but instead of that, this is great blog. An excellent read.
    I will certainly be back.

  51. Have you ever thought about including a little
    bit more than just your articles? I mean, what you say is
    valuable and all. Nevertheless just imagine if you added some great visuals or videos to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with pics and clips, this blog could certainly be one of the greatest
    in its field. Awesome blog!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here