PRAKTIK KELISTRIKAN BODI (SENIN)

79
789

Perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut adalah salah satu macam skema sistem penerangan pada mobil. Pada saklar kombinasi terdapat beberapa posisi, yaitu LOW, HIGH, dan FLASH. Pelajari rangkaian tersebut dan baca dari berbagai referensi yang ada, kemudian analisis dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Jika saklar kombinasi pada posisi LOW, maka kumparan pada relai kombinasi akan menghasilkan medan magnet. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan.
  2. Jika saklar kombinasi pada posisi HIGH, maka arus dari terminal E dapat mengalir ke massa melewati H. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan.
  3. Jika saklar kombinasi pada posisi FLASH, maka kontak pada relai kombinasi berpindah dari posisi J ke posisi K sehingga lampu LO LH dan LO RH menyala. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan.
  4. Jika ingin mengukur tegangan yang bekerja pada lampu jauh dan dekat, di (titik-titik) manakah kaki-kaki voltmeter harus dihubungkan (lihat skema)?

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) jawaban diawali dengan menulis NIM dan setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak boleh copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). Jawaban ditunggu sampai hari Selasa, 27 Agustus 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi.

SHARE
Previous articlePendidikan Teknologi dan Kejuruan
Next articleTEKNIK TENAGA LISTRIK (SELASA)
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES)

79 COMMENTS

  1. 1.5202417084(BENAR.karena jika saklar kombinasi di posisi ke LOW maka arus dari aki menuju ke saklar utama menuju saklar kombinasi Dan masuk ke relay akibatnya kumparan 85 Dan 86 muncul Gaya magnet.
    Gaya magnet yang di hasilkan akan menarik saklar yang Ada dalam relay (saklar antara 30 Dan 87) dengan demikian arus dapat melalui saklar tersebut sehingga lampu kepala akan hidup dengan jarak dekat

  2. NIM:5202417078
    1. Tidak benar, karena jika saklar kombinasi pada posisi LOW maka arus akan mengalir dari baterai menuju terminal B dan D kemudian massa(Terminal G) sehingga relai lampu kepala aktif (menghasilkan medan magnet), tetapi belum mengaktifkan relai kombinasi karena relai lampu kombinasi akan aktif(terjadi kemagnetan) jika saklar kombinasi diposisikan pada HIGH. Sehingga arus dari relai lampu kepala mengalir ke terminal I kemudian terminal J kemudian massa sehingga mengaktifkan lampu LOW.

  3. 1.5202416043 Benar, jika saklar kombinasi baik pada posisi low maupun high, kumparan pada relai kombinasi akan menghasilkan medan magnet.
    Karena saat terminal 56 (saklar lampu kepala) menerima arus posisi low maupun high, kumparan 85 terhubung dengan masa, 86 terhubung dengan saklar (85/86 bisa terbalik), kumparan 30 terhubung dengan +baterai, 87 terhubung dengan beban(lampu) terjadilah kemagnetan maka saklar pada kumparan 30 dan 87 akan tertutup.

    • 5202417076
      Mu’arif
      1).Tidak benar, karena arus dari baterai menuju ke fuse lalu ke terminal B diteruskan ke terminal C dan D lalu ke massa, ( pada Relay kombinasi terjadi kemagnetan sehingga menghubungkan antara T30 dan T87) lalu arus dari Terminal B juga mengalir ke Terminal J dan menghidupkan lampu Rendah (didalam Relay kombinasi arus yang mengalir dari terminal I tidak melewati kumparan terminal L lalu ke masa sehingga tidak terjadi kemagnetan)

  4. 1.5202416043 Benar, jika saklar kombinasi baik pada posisi low maupun high, kumparan pada relai kombinasi akan menghasilkan medan magnet.
    Karena saat terminal 56 (saklar lampu kepala) menerima arus posisi low maupun high, kumparan 85 terhubung dengan masa, 86 terhubung dengan saklar (85/86 bisa terbalik), kumparan 30 terhubung dengan +baterai, 87 terhubung dengan beban(lampu) terjadilah kemagnetan maka saklar pada kumparan 30 dan 87 akan tertutup.

  5. 1.5202416043 Benar, jika saklar kombinasi baik pada posisi low maupun high, kumparan pada relai kombinasi akan menghasilkan medan magnet.
    Karena saat terminal 56 (saklar lampu kepala) menerima arus posisi low maupun high, kumparan 85 terhubung dengan masa, 86 terhubung dengan saklar (85/86 bisa terbalik), kumparan 30 terhubung dengan +baterai, 87 terhubung dengan beban(lampu) terjadilah kemagnetan maka saklar pada kumparan 30 dan 87 akan tertutup.

    • 5202417071
      1. Salah, karena jika saklar kombinasi pada posisi low maka arus akan mengalir dari baterai menuju terminal B dan terminal D lalu menuju massa, sehingga relay pada lampu kepala akan aktif dan menghasilkan medan magnet, tapi itu belum bisa mengaktifkan relay kombinasi karena relay lampu kombinasi akan aktif bila adanya kemagnetan & dalam keadaan saklar kombinasi diposisikan pada posisi high

  6. NIM:5202417078
    2. Tidak benar, karena jika saklar kombinasi pada posisi HIGH maka arus akan mengalir dari baterai menuju terminal B>> terminal D>>massa (Terminal G) sehingga relai lampu kepala aktif (menghasilkan medan magnet), Kemudian arus dari relai lampu kepala mengalir ke terminal I>>terminal L>>terminal F>>massa (terminal H) sehingga relai kombinasi aktif dan kontak akan berpindan dari terminal J ke terminal K sehingga mengaktifkan lampu HI LH dan HI RH tanpa melalui terminal E dan H.

  7. NIM:520417078
    3. Tidak benar, Jika saklar kombinasi pada posisi FLASH, maka kontak pada relai kombinasi akan berpindah dari terminal J ke terminal K (karena terjadi kemagnetan pada relai kombinasi) sehingga yang menyala lampu HI LH dan lampu HI RH, bukan lampu LO LH dan LO RH.

  8. 5202417076
    Mu’arif
    2).arus dari terminal E tidak mengalir ke massa melewati terminal H, karena arus dari baterai mengalir menuju terminal B , ke terminal C, ke terminal D lalu ke massa.
    kemudian dari relay lampu kepala mengalir keterminal I, ke terminal L, ke Terminal F, ke Saklar d lalu kemassa. Pada relay kombinasi mengahasilkan medan magnet sehingga menarik kontak yang menempel ke terminal J ke terminal L dan menghidupkan lampu kepala HI LH dan HI RH

  9. 5202417076
    Mu’arif
    3). Tidak benar, karena ketika saklar pada posisi Flash maka pada relay kombinasi terjadi kemagnetan sehingga kontak berpindah dari terminal J ke terminal K dan menghidupkan lampu kepala HI LH dan HI RH , lampu LO LH dan LO RH tidak menyala.

    • 5202417071
      3. Salah, karena ketika saklar kombinasi berasa diposisi FLASH maka plate kontak pada relay kombinasi akan berpindah dari terminal J ke terminal K, lalu terminal J sendiri akan saling berhubungan dengan terminal RH, LH, LO untuk menghidupkan lampu kepala, sedangkan terminal K akan terhubung dengan terminal HI LH, HI RH.

  10. 5202417076
    Mu’arif
    3). Tidak benar, karena kompilasi saklar pada posisi Flash maka pada relay kombinasi terjadi kemagnetan sehingga pindah kontak dari terminal J ke terminal K dan menghidupkan lampu kepala HI LH dan HI RH, lampu LO LH dan LO RH tidak menyala.

  11. 5202417084
    3).tidak benar
    Karena ketika saklar kombinasi berasa di posisi FLASH.yang terjadi pada relay kombinasi adalah kemagnetan yang mengakibatkan berpindahnya kontak dari terminal J ke terminal K kemudian menghidupkan lampu kepala HI LH Dan HI RH,Dan lampu LO LH Dan LO RH tidak hidup

  12. 5202417067 Andhika Noor Muhammad
    1. Benar, karena arus mengalir dari D ke G sehingga arus mengalir ke 86 dan 85 kemudian massa. Terminal 30 dan 87 otomatis terhubung menuju ke I kemudian L lalu ke F dan massa sehingga terjadi Medan magnet

    2. Benar, karena saat posisi High maka arus mengalir dari B ke C menuju E dan H kemudian massa.

    3 tidak benar, karena tidak ada arus mengalir ke J melainkan ke K dan yang aktif adalah Hi(Lh & RH)

    4. Terminal K dan massa Hi (LH &RH) untuk yang High tetapi untuk low adalah terminal J dan massa Lo(LH & RH)

    • 5202417084
      4).Jika ingin mengukur tegangan yang bekerja pada lampu jauh maka yang di ukur adalaTerminal K dan massa Hi (LH &RH)
      tetapi untuk dekat yang di ukur adalah terminal J dan massa Lo(LH & RH)

    • 5202417071
      2. Salah, karena arus pada posisi High akan mengalir melalui baterai, relay, lampu kepala, terminal I lalu menuju relay kombinasi & terjadilah kemagnetan & mengalir ke terminal L .
      Saklar kombinasi akan menyalurkannya ke terminal H & menarik plat kontak sehingga arus akan mengalir melalui terminal K dan kemudian menuju lampu dan massa sehingga lampu High akan menyala.

  13. 5202416043
    2. Tidak benar, karena saat saklar kombinasi pada posisi High tidak terhubung dengan E sehingga tidak mengalirkan arus dari E Ke H

  14. 5202416043
    2. Tidak benar, karena saat saklar kombinasi pada posisi High tidak terhubung dengan E sehingga tidak mengalirkan arus dari E Ke H

  15. 5202417084
    2).Tidak benar,
    karena pada saat saklar kombinasi berasa di posisi HIGH maka arus dari baterai menuju terminal B diterusKan terminal D Dan ke massa /Terminal G,sehingga relai lampu kepala aktif , Kemudian arus dari relai lampu kepala ke terminal I lali ke terminal L di teruskan ke terminal F Dan ke massa/terminal H sehingga relai kombinasi aktif dan jalur kontak akan berpindah dari terminal J ke terminal K.sehingga mengaktifkan lampu HI LH dan HI RH.

  16. 5202417068
    Ikhwal fauzi
    1. Tidak Benar, karena apabila saklar pada posisi low, arus mengalir dari baterai menuju ke terminal A, terus ke B kemudian C dan menuju ke massa, maka pada relay kepala menghasilkan medan magnet dan arus mengalir dari terminal B ke terminal I, tetapi pada relay kombinasi tidak terjadi medan magnet. Relay kombinasi terjadi medan magnet apabila saklar ke posisi high. Kemudian arus dari terminal I menuju ke terminal J dan di teruskan ke lampu low, maka lampu nyala dengan keadaan low.

  17. 5202416043
    4.jauh ;
    kaki volt meter (+) ke K, (-) ke masa HI LH atau HI RH
    Dekat;
    Kaki volt meter (+) ke J, (-) ke masa LO LH atau LO RH

  18. 5202417076
    Mu’arif
    4). Untuk Lampu jauh :Prob positif dihubungkan ke terminal K dan prob Negatif ke massa HI LH/HI RH
    Untuk lampu dekat : prob positif dihubungkan ke terminal J dan prob Negatif ke LO LH/ LO RH

  19. NAMA : AHMAD MASRUEB
    NIM : 5202417074

    1.Benar, Ketika saklar kombinasi dihidupkan pada posisi lampu kepala low beam maka arus listrik dari terminal 85 relay lampu kepala akan mengalir menuju terminal 86 relay lampu kepala akan menimbulkan medan magnet → terminal 56 saklar kombinasi → massa (relay aktif, terminal 30 dan 87 relay terhubung. Maka arus listrik dari terminal 30 relay lampu kepala akan mengalir ke massa lampu kepala → filamen lampu kepala low beam → terminal 56a saklar kombinasi → terminal 31 saklar kombinasi → massa, sehingga lampu menyala. Saat saklar dimatikan relay non aktif dan aliran listrik yang menuju ke lampu terhenti.

  20. 5202417067 Andhika Noor Muhammad
    1. Tidak Benar, karena arus mengalir tidak melewati terminal I dan L sehingga tidak ada kemagnetan yang terjadi di relay kombinasi.

  21. NIM:5202417078
    4. Lampu Jauh: Setting selektor multimeter pada 50 DCV, probe (+) multimeter ke terminal K, probe (-) multimeter ke massa lampu HI LH atau massa lampu HI RH.
    Lampu Dekat: Setting selektor multimeter pada 50 DCV, Probe (+) multimeter ke terminal J, probe (-) multimeter ke massa lampu LO LH atau massa lampu LO RH.

  22. 5202417086.
    Lydia Widhi
    1. Benar, saat itu arus listrik dr batrai akan mengalir ke saklar dim dan diteruskan ke relay, akibatnya kumparan relay ( terminal 85 dan 86) timbul gaya magnet. Kemagnetan menyebabkan terhubung nya kontak relay (antar 30 & 87).

  23. 5202417068
    Ikhwal fauzi
    1. Tidak Benar, karena apabila saklar kombinasi menunjukan HIGH LAMP maka arus akan mengalir dari baterai menuju terminal B, terminal D, dan massa. sehingga relai lampu kepala aktif dan menghasilkan medan magnet, sehingga arus dari relai lampu kepala mengalir ke terminal I,L,F dan ke massa, sehingga relai kombinasi menghasilkan magnet dan kontak akan berpindan dari terminal J ke terminal K karena medan magnet tersebut, sehingga mengaktifkan lampu HIGH tanpa melalui terminal E dan H.

  24. 5202417068
    Ikhwal fauzi
    2. Tidak Benar, karena apabila saklar kombinasi menunjukan HIGH LAMP maka arus akan mengalir dari baterai menuju terminal B, terminal D, dan massa. sehingga relai lampu kepala aktif dan menghasilkan medan magnet, sehingga arus dari relai lampu kepala mengalir ke terminal I,L,F dan ke massa, sehingga relai kombinasi menghasilkan magnet dan kontak akan berpindan dari terminal J ke terminal K karena medan magnet tersebut, sehingga mengaktifkan lampu HIGH tanpa melalui terminal E dan H.

  25. 5202417967 Andhika Noor Muhammad
    2. Tidak benar karena arus akan mengalir dari E ke H saat posisi Flash. Dan saat High arus dari F menuju H.

  26. 5202417067
    3. tidak benar, karena tidak ada arus mengalir ke J melainkan ke K dan yang aktif adalah Hi(Lh & RH)

    • 5202417069
      2. Tidak,
      Karena arus pada posisi High melaui baterai →relay lampu kepala→terminal I relay kombinasi kemudian terjadi kemagnetan dan mengalir ke L →saklar kombinasi dan ke terminal H dan menarik plat kontak sehingga arus mengalir melalui terminal K dan kemudian ke lampu dan ke massa sehingga lampu High menyala.

  27. 5202417067 Andhika Noor Muhammad
    4. Terminal K (+) multimeter dan massa (-) multimeter Hi (LH &RH) untuk yang High tetapi untuk low adalah terminal J dan massa Lo(LH & RH). 50DCV

  28. 5202417069
    1. Tidak,
    pada posisi LOW realay kombinasi tidak menghasilkan medan magnet karena ujung dari kumparan belum sampai ke massa jadi tidak terjadi medan magnet. Arus mengalir dari baterai ke relay lampu kepala kemudian ke terminal I kemudian terminal J kemudian ke Lampu LOW dan ke massa. Arus juga mengalir melalui relay lampu kepala ke terminal I ke kumparan relay kombinasi ke terminal L dan ke saklar, belum sampai ke massa jadi tidak terjadi kemagnetan.

  29. 5202417068
    Ikhwal fauzi
    3). Tidak benar, karena jika saklar pada posisi Flash maka orelay kombinasi terjadi kemagnetan sehingga pindah kontak dari terminal J ke terminal K dan menghidupkan lampu kepala HI LH dan HI RH, lampu LO LH dan LO RH tidak menyala.

    • 5202417086
      Lydia Widhi
      3. Tidak benar, karena tidak ada arus mengalir ke J melainkan ke K dan yang aktif adalah Hi(Lh & RH), lampu LO LH dan LO RH tidak menyala.

  30. 5202417069
    3. Tidak,
    Karena pada saat posisi Flash lampu yang menyala lamu Hi LH dan Hi RH arus melaui baterai →relay lampu kepala→terminal I relay kombinasi kemudian terjadi kemagnetan dan mengalir ke L →saklar kombinasi dan ke terminal H dan menarik plat kontak dari J ke K sehingga arus mengalir melalui terminal K dan kemudian ke lampu Hi RH dan Hi LH ke massa sehingga lampu menyala.

  31. 5202417069
    4. Untuk mengukur tegangan yang bekerja pada lampu High dan Low :
    a) lampu Low probe + voltmeter ke terminal J dan probe – voltmeter ke massa.
    b) lampu High probe + voltmeter ke terminal K dan probe – voltmeter ke massa

  32. 5202417087
    1)( Tidak benar ) di karenakan aliran arus tidak melewati terminal 85 dan terminal 86 sehingga kemagnetan pada relay kombinasi tidak terjadi

  33. 5202417083
    Menjawab soal nomer 1:
    Argumen tersebut salah/tidak benar karena saat saklar diposisikan pada posisi LOW maka arus yang mengalir dari baterai akan melewati fuse dan terminal B relay lampu kepala dan akan dilanjutkan ke terminal D dan masuk ke G kemudian ke massa, sehingga kemagnetan pada relay lampu kepala akan aktif dan arus mengalir ke relay kombinasi, karena tidak adanya beda potensial pada kumparan relay kombinasi (karena saklar relay merupakan pengendali negatif) sehingga arus yang mengalir langsung dari terminal I ke terminal L relay kombinasi kemudian ke lampu low dan ke massa sehingga lampu low akan menyala,

  34. 5202417073
    1.salah,dukarenakan arus dari saklar tidak ke massa dan arus keluar dari relay lampu kepala ke terminal I, J dan massa yang berakibat lampu low menyala.

    2.salah,dikarenakan arus yang masuk ke saklar kombinasi mengakibatkan kemagnetan saklar kombinasi dan berakibat terminal berpindah ke K dan massa sehingga lampu High menyala.

    3.salah,dikarenakan arus yang masuk ke relay kombinasi berpindah terminal dari J ke K karena adanya kemagnetan dari terminal I dan L yang diteruskan ke F dan H lalu massa sehingga lampu HI menyala semua dan LO mati.

    4.untuk lampu LO hubungkan probe + voltmeter ke terminal J dan probe – voltmeter ke massa, sedangkan lampu HI hubungkan probe + voltmeter ke terminal K dan probe – voltmeter ke massa.

  35. 5202417070
    1. Menurut pendapat saya, pernyataan tersebut salah, karena kumparan pada relay kombinasi tidak mendapatkan massa pada saklar sehingga tidak terjadi kemagnetan.

  36. 5202417081
    1. Salah karena arus yang masuk kesaklar kombinasi tidak diteruskan kemasa atau terputus, jadi arus yang keluar dari relay lampu kepala masuk ke terminal I dan J kemudian kemasa, mengakibatkan lampu Low aktif/menyala

  37. 5202417081
    2. Tidak benar karena saat saklar posisi high saklar kombinasi terjadi kemagnetan kontak berpindah darinterminal J ke terminal K lalu kemasa lampu Hi nyala/aktif arus dari terminal 87 relay menuju terminal F kemudian H lalu ke masa, arus dari terminal E terputus karena saklar tidak di posisi Flash

  38. 5202417081
    3. Tidak benar karena jika saklar posisi flash relay kombinasi berpindah dari terminal J ke terminal K lalu diteruskan ke lampu Hi RH dan Hi LH

  39. 5202417081
    4. Kalibrasi multimeter terlebih dahulu, arahkan slector ke 50dcv untuk pengukuran lampu Hi RH dan Hi LH hubungkan + probe multimeter kekabel keluaran terminal K lalu probe – ke masa, untuk pengukuran lampu Lo RH dan Lo LH hubungkan probe + ke kabel keluaran terminal J kemudian probe – kemasa

  40. 5202417071
    3. Salah, karena ketika saklar kombinasi berasa diposisi FLASH maka plate kontak pada relay kombinasi akan berpindah dari terminal J ke terminal K, lalu terminal J sendiri akan saling berhubungan dengan terminal RH, LH, LO untuk menghidupkan lampu kepala, sedangkan terminal K akan terhubung dengan terminal HI LH, HI RH.

    • 5202417071
      3. Salah, karena ketika saklar kombinasi berada diposisi FLASH maka plate kontak pada relay kombinasi akan berpindah dari terminal J ke terminal K, lalu terminal J sendiri akan saling berhubungan dengan terminal RH, LH, LO untuk menghidupkan lampu kepala, sedangkan terminal K akan terhubung dengan terminal HI LH, HI RH.

  41. 5202417071
    3. Salah, karena ketika saklar kombinasi berada diposisi FLASH maka plate kontak pada relay kombinasi akan berpindah dari terminal J ke terminal K, lalu terminal J sendiri akan saling berhubungan dengan terminal RH, LH, LO untuk menghidupkan lampu kepala, sedangkan terminal K akan terhubung dengan terminal HI LH, HI RH.

    • 5202417071
      4. Sebelum memulai pengukuran kalibrasi multimeternya terlebih dahulu, lalu ubah selected pada multimeter ke posisi 50DCV, selanjutnya untuk mengukur tegangan yang bekerja pada lampu High dan Low =
      Yang pertama untuk lampu Low = hubungkan probe + multimeter ke terminal J dan probe – multimeter ke massa.
      Lalu untuk lampu High = hubungkan probe + multimeter ke terminal K dan probe – multimeter ke massa.

  42. 5202417070
    2. Pernyataan tersebut tidak benar, karena arus yang menuju terminal H adalah arus dari terminal F. Sedangkan ketika saklar pada posisi high terminal H tidak ada hubungannya dengan terminal E. Sehingga arus dari terminal E tidak mengalir melewati terminal H.

  43. 5202417071
    1.Salah, yang menghasilkan kemagnetan hanya relay lampu kepala dikarenakan arus yang mengalir dari bateray akan diteruskan ke terminal B ke terminal D (masa) dan arus diteruskan ke terminal I dan L mengaktifkan lampu Low. sedangkan relay kombinasi tidak menghasilkan medan magnet karna tidak di teruskan ke masa.

    • 5202417079
      1.Salah, yang menghasilkan kemagnetan hanya relay lampu kepala dikarenakan arus yang mengalir dari bateray akan diteruskan ke terminal B ke terminal D (masa) dan arus diteruskan ke terminal I dan L mengaktifkan lampu Low. sedangkan relay kombinasi tidak menghasilkan medan magnet karna tidak di teruskan ke masa.

  44. 1. NIM : 5202417075
    Tidak benar, arus dari baterai(A) menuju ke relay kepala(B) dan saklar(D) kemudian digroundkan(G) sehingga relay lampu kepala aktif. Arus menuju relay kombinasi(I) dan (L) tetapi relay kombinasi belum aktif(belum menghasilkan medan magnet) karena arus belum di hubungkan dengan ground oleh terminal(F) dan (H). Karena relay kombinasi belum aktif maka arus dari relay lampu kepala akan mengalir ke terminal(J) dan ground yang kemudian menghidupkan lampu kepala LO RH dan LO LH.

  45. 5202417070
    3. Pernyataan tersebut tidak benar, ketika saklar kombinasi pada posisi flash maka terjadi kemagnetan pada relay lampu kepala dan relay lampu kombinasi. Sehingga arus mengalir dari terminal B kemudian ke terminal I relay kombinasi lalu ke terminal K dan menuju ke lampu HI LH, lampu HI RH, serta lampu indikator terus menuju ke massa. Sehingga lampu yang menyala adalah lampu HI LH, lampu HI RH dan lampu indikator, sedangkan lampu LO LH dan lampu LO RH tidak menyala karena tidak mendapatkan arus dari saklar kombinasi.

  46. 5202417070
    Andre supriyono
    4. Cara mengukur tegangan yang bekerja pada lampu jauh dan lampu dekat
    a. Mengukur tegangan pada lampu jauh
    Posisi saklar pada high. Lalu setting multimeter pada DCV 50. Kemudian pasang prob merah (+) ke terminal K relay kombinasi dan prob hitam (-) ke massa. Baca tegangan yang terukur pada multimeter.
    b. Mengukur pada tegangan pada lampu dekat
    Posisikan saklar pada low. Lalu setting multimeter pada DCV 50. Kemudian pasang prob merah (+) ke terminal J relay kombinasi dan prob hitam (-) ke massa. Baca tegangan yang terukur pada multimeter.

  47. 5202417079
    2. Salah, karena terminal E akan terhubung ke masa jika saklar kombinasi diposisikan ke Flash. sedangkan di posisi High masa didapatkan ketika arus melewati terminal I ke terminal K lalu di teruskan ke F menuju H (masa) kemudian mengaktifkan medan magnet pada relay kombinasi kemudian arus dapat mengaktifkan lampu jarak jauh.

  48. 5202417079
    3. Salah, karena ketika saklar berpindah dari terminl J ke terminal K arus akan diteruskan dan mengaktifkan lampu HI RH dan HI LH

  49. 5202417082

    1.Salah. Karena pada posisi low arus mengalir dari baterai menuju ke terminal B masuk ke relai lampu kepala kemudian mengalir ke terminal C dan dan lanjut ke terminal D. Dan mendapatkan massa pada terminal G. Sehingga pada posisi low tidak ada arus yang masuk/melewati terminal I dan L pada relai kombinasi, sehingga relai kombinasi tidak menghasilkan medan magnet.

  50. 2. NIM : 5202417075
    Tidak benar, saat posisi saklar high, arus dari baterai(A) menuju relay lampu kepala(B) dan (D) kemudian digroundkan terminal(G) sehingga relay lampu kepala aktif. Arus dari relay lampu kepala menuju relay kombinasi(I), (L), dan (F) kemudian digroundkan oleh terminal(H) sehingga relay kombinasi menghasilkan medan magnet, maka arus dari terminal(I) akan menuju (K) dan menghidupkan lampu kepala HI RH dan HI LH. Jadi saat saklar posisi high tidak ada hubungan antara(E) dan (H). Karena hubungan tersebut hanya akan timbul saat saklar pada posisi flash.

  51. 5202417082

    2. Salah. Karena pada posisi high arus dari relai lampu kepala langsung menuju ke terminal I dan ke terminal L yang selanjutnya ke terminal F dan ke massa H, sehingga pada posisi high arus tidak melewati terminal E.

  52. 3. NIM : 5202417075
    Tidak benar, karena pada saat saklar posisi flash, arus dari baterai(A) menuju ke (B), (C) , dan (E), kemudian digroundkan (H) sehingga relay lampu kepala aktif. Arus mengalir ke relay kombinasi (I) , (L), dan (F), kemudian digroundkan (H) sehingga relay kombinasi menghasilkan medan magnet. Saat menghasilkan medan magnet relay akan memindahkan kontak point yang kemudian memutus hubungan (I) dan (J) dan menghubungkan (I) dan (K) kemudian arus menuju ground sehingga menghidupkan HI RH dan HI LH. karena terputusnya hubungan (I) dan (J) maka lampu LO LH dan LO RH tidak akan menyala pada posisi saklar flash.

  53. 5202417079
    4.
    – Mengukur tegangan lampu jauh
    Kunci kontak On – Posisikan saklar kombinasi ke high – saklar multimeter posisi DCV 50 – hubungkan prob (+) ke terminal K dan prob (-) ke massa – Baca hasil pada multimeter.
    – Mengukur tegangan lampu dekat
    Kunci kontak On – Posisikan saklar kombinasi ke low – saklar multimeter posisi DCV 50 – hubungkan prob (+) ke terminal J dan prob (-) ke massa – Baca hasil pada multimeter.

  54. 5202417082

    3. Salah. Karena pada posisi flash arus tidak melewati terminal F tetapi terminal E dan ke massa H, sehingga pada relai kombinasi tidak terjadi kemagnetan karena tidak ada arus pada terminal L. Jadi pada posisi flash pada relai kombinasi arus dari terminal I ke terminal k, sehingga lampu LO LH dan LO RH mati dan lampu yang menyala adalah lampu HI LH dan HI RH

  55. 5202417087
    2)(Tidak benar) dikarenakan pada posisi high arus mengalir melalui baterai kemudian menuju ke relay,menuju ke terminal I kemudian ke relay kombinasi,sehingga menyebabkan terjadinya kemagnetan,kemudian arus mengalir keterminal L.kemudian saklar kombinasi menyalur ke terminal H dan plat kontak tertarik sehingga arus dapat mengalir ke terminal K kemudian menuju lampu dan gron sehingga lampu high dapat menyala

  56. 4. NIM : 5202417075
    Cara mengukur tegangan HIGH dan LOW sesuai skema :
    – HIGH
    Posisikan saklar HIGH, posisikan selektor multimeter DCV 50, kalibrasi multimeter, posisikan probe merah(positif) ke terminal (K) relay kombinasi, dan probe hitam(negatif) ke ground(terminal G, H, Negatif baterai) kemudian baca hasil tegangan pada multimeter.
    – LOW
    Posisikan saklar LOW, posisikan selektor multimeter DCV 50, kalibrasi multimeter, posisikan probe merah(positif) ke terminal (J) relay kombinasi, dan probe hitam(negatif) ke ground(terminal G, H, Negatif baterai) kemudian baca hasil tegangan pada multimeter.

  57. 5202417082

    4. Setting selektor multimeter pada DCV 50.
    Untuk lampu jauh: hubungkan probe + multimeter ke terminal K dan probe -multimeter ke massa.
    Untuk lampu dekat: hubungkan probe + multimeter ke terminal J, probe – multimeter ke massa.

  58. 5202417087
    3)(Tidak benar) di karenakan posisi saklar flash relay kombinasi berpindah dari terminal J menuju ke terminal K kemudian di teruskan oleh lampu Hl RH,

  59. 5202417086
    Lydia Widhi
    2. Tidak benar, karena saklar kombinasi pd saat high tdk terhubung dgn terminal E saat itu jg tdk ada arus yg mengalir E ke H

  60. 5202417086
    Lydia Widhi
    4. Lakukan kalibrasi terlebih dahulu. Arahkan selector ke 50dcv
    Pada lampu Low probe + voltmeter ke terminal J dan probe – voltmeter ke massa.
    Pada lampu High probe + voltmeter ke terminal K dan probe – voltmeter ke massa

  61. 5202417072
    1.) Tidak benar. Jika pada saklar kombinasi posisi low, arus baterai mengalir menuju fuse kemudian diteruskan ke terminal B dan menuju ke terminal C dan D. Sehingga lampu relay menyala.

  62. NAMA : AHMAD MASRUEB
    NIM : 5202417074
    2. tidak benar , karena arus tidak melalui terminal E dan H,ketika saklar kombinasi dihidupkan pada posisi lampu kepala high beam maka arus listrik dari terminal 85 relay lampu kepala akan mengalir menuju terminal 86 relay lampu kepala → terminal 56 saklar kombinasi → massa (relay aktif, terminal 30 dan 87 relay terhubung. Maka arus listrik dari terminal 30 relay lampu kepala akan mengalir ke massa lampu kepala → filamen lampu kepala high beam → terminal 56b saklar kombinasi → terminal 31 saklar kombinasi → massa, sehingga lampu kepala jarak jauh menyala. Apabila saklar dimatikan maka relay non aktif dan aliran arus ke lampu terhenti.

  63. 5202417072
    2.) Tidak benar. Karena jika saklar pada posisi HIGH, arus mengalir menuju baterai. Terminal E juga akan terhubung ke massa jika saklar pada posisi FLASH.

  64. 5202417087
    4) kalibrasi multi meter terlebih dahulu, kemudian arahkan selector pada 50 dcv lampu dekat + volmeter menuju terminal J dan probe – volmeter ke ground.
    Pada lampu jauh,hubungkan probe + ke terminal K dan probe – ke ground.

  65. 5202417072
    4.) Siapkan multimeter terlebih dahulu. Kemudian arahkan selector pada posisi 50dcv. Lalu, kalibrasikan multimeter.
    LOW : Hubungkan Probe + multimeter ke terminal J dan Probe – menuju massa
    HIGH : Hubungkan Probe + multimeter ke terminal K dan Probe – menuju massa

  66. 5202417080

    1)tidak benar,karena arus yang mengalir tidak sampai ke relay kombinasi.sehingga tidak terjadi kemagnetan pada relay

  67. 5202417080

    4)lampu jauh : prob(+) ke terminal K dan prob (-) ke massa
    Lampu dekat : prob (+) ke terminal J dan prob (-) ke LO LH atau LO RH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here