PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN (RABU)

47
835

Setelah pembelajaran landasan pendidikan kejuruan di kelas, pelajari materinya lebih lanjut, kemudian diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Bagaimanakah menerapkan landasan ekonomi bagi Pendidikan kejuruan di Indonesia.
  2. Bagaimanakan seharusnya landasan psikologi diterapkan pada Pendidikan kejuruan di Indonesia.
  3. Bagaimana aplikasi landasan sosiologi Pendidikan kejuruan di Indonesia?
  4. Jelaskan konsep link and match Pendidikan kejuruan di Indonesia dan bagaimana aplikasinya di lapangan?

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) jawaban hasil diskusi diawali dengan menuliskan NIM dan setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim/posting), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). Jawaban ditunggu sampai hari Kamis, 12 September 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi (DW).

SHARE
Previous articleTEKNIK TENAGA LISTRIK (RABU)
Next articleTEORI KELISTRIKAN OTOMOTIF (KAMIS)
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES)

47 COMMENTS

  1. 5202417028

    1. Dalam menerapkan landasan ekonomi pendidikan kejuruan di indonesia, harus berdasarkan dua hal yakni Efesiensi dan investasi, Evisiensi berarti dimana sekolah harus menghasilkan tenaga kerja terampil, dengan biaya seefisien mungkin dimana akan menghasilkan incame atau timbal balik terhadap sekolah dan masyarakat, misalnya dalam hal mengadakan alat praktik dimana sekolah mendapat bantuan dari pemerintah dan menjalin relasi dengan perusahaan sehingga sekolah tidakperlu mengeluarkan biaya lebih dalam pengadaan alat praktik, tetapi juga dapat menghasilkan tenaga kerja yang terampil. sedangkan investasi maksudnya adalah membekali pelajar dengan keterampilan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil, dan dapat lebih produktif di dalam dunia kerja sehingga menghasilkan upah yang tinggi.

  2. 5202417028

    2. Landasan psikologi adalah membahas bagaimana cara mengajarkan keterampilan terhadap siswa, dimana siwa sendiri memiliki berbagai karakter masing masing, Model sistem ganda adalah sistem yang dapat diterapkan di indonesia, karena mengkombinasikan pembelajaran sekolah dan dunia kerja, akan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna karena bahan pembelajaran tersistem dan terpadu,serta lebih nyata.

  3. 5202417028

    3. Pengaplikasian landasan sosiologi dalam pendidikan kejuruan dimaksudkan adalah siswa dapat melakukan team work atau kerja sejara berkelompok/kerja team, tidak menjadikan siswa individualis di dalam dunia kerja, dan siswa juga dapat menjalin hubungan dengan kelompok masyarakat, sekolah juga dapat menjalin hubungan dengan sekolah lain, sekolah dengan masyarakat sekitar, dan sekolah dengan perusahaan.

  4. 5202417028

    4.Konsep link and match dalam pendidikan kejuruan adalah adanya keterkaitan antara lembaga pendidikan dan dunia kerja, jadi antara si pemasok tenaga kerja dan penggunanya saling membutuhkan. Adanya hubuungan timbal balik ini membuat instansi pendidikan dapat menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan kerja. Pengaplikasian link and match di lapangan adalah magang, magang dimaksudkan agar siswa dapat merasakan pengangalaman dunia kerja yang sesungguhnya, dan inudtri dapat menyerap tenaga kerja setelah mereka menjadi tenaga kerja yang terampil.

  5. 5202417010

    1. Penerapan landasan ekonomi pendidikan kejuruan di Indonesia jika berdasarkan pada prinsip ‘Human Capital’ berarti guru mengajarkan materi kejuruan hingga siswa tersebut benar – benar memahami materi yang diajarkan, bila perlu hingga perguruan tinggi sekalipun, sehingga di saat masuk dunia industri mereka sudah siap dan faham betul dengan bidangnya. Serta memperoleh gaji yang besar karena jenjang pendidikan yang besar pula.

  6. 5202417010

    2. Landasan psikologi pendidikan kejuruan bisa diterapkan dengan model & metode pembelajaran yang berbeda – beda pada tiap individu maupun kelasnya, baik itu saat pemberian materi atau saat kegiatan praktek di workshop supaya mereka bisa mengerti dan memahami apa yang telah diajarkan. Karena sesuai dengan makna dari landasan psikologi bahwa tiap individu memiliki sifat yang tidak sama. Caranya bisa dengan metode pendekatan individu, atau bisa membuat kelompok per kelas.

  7. 5202417010

    3. Aplikasi landasan sosiologi di Indonesia pada intinya ialah mengajarkan siswa agar selalu bisa bekerja sama di lingkungan manapun, baik di dalam lingkup sekolah, masyarakat, bahkan ketika sudah masuk di dunia industri. Karena sejatinya manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain.

  8. 5202417010

    4. Konsep link and match pendidikan kejuruan di Indonesia yaitu menerapkan pendidikan sistem ganda dimana selain siswa dituntut untuk menguasai materi pelajaran yang sudah diajarkan, siswa juga harus bisa berbaur dengan lingkungannya agar ilmu yang diperoleh bisa berguna untuk lingkungannya.

  9. 5202417042

    1.Cara menerapkan landasan ekonomi di pendidikan kejuruan yaitu dengan efisiensi dan investasi,yang dimaksud efisiensi yaitu baik siswa maupun pengajar harus dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam hal materi dan praktik sedangkan investasi itu berupa ilmu maupun barang-barang kebutuhan praktik untuk menunjang dalam proses ketika siswa melakukan praktik.

  10. 5202417042

    Penerapan landasan psikologi pada pendidikan kejuruan yaitu dengan membuat atau melatih fisik,intelektual,emosional dan spiritualnya agar menjadi lebih baik supaya siswa dapat berpikir secara terbuka dan dapat menentukan keahliannya di suatu bidang tertentu.

  11. 5202417042

    Pengaplikasian landasan sosiologi pada pendidikan kejuruan adalah dengan membuat kelompok dalam proses pembelajaran agar lbih efektif dalam teori maupun praktik,karena dalam kelompok siswa tersebut dituntut untuk bekerja sama antar siswa satu dengan yang lainnya dengan mencakup nilai ekonomi,sosial,politik dan moral.

  12. 5202417042

    4.Landasan link and match merupakan ilmu dari ekonomi,sosiologi dan psikologi yang berupa bentuk awal pengenalan pendidikan kejuruan untuk membentuk suatu karakter siswa tersebut dan memiliki tingkat kepercayaan diri.Contoh di lapangan berupa pembuatan kelompok untuk memulai suatu proses pembelajaran teori maupun praktik,karena dalam kelompok siswa pasi memiliki karakter masing-masing jadi setiap siswa berhak memahami karakter antar siswa satu dengan siswa lainnya.

  13. 5202417005

    1. Dalam penerapan landasan ekonomi dalam pendidikan kejuruan, ada dua prinsip dasar yang menjadi dasar dalam penyelenggaraannya yaitu efisiensi, di mana pendidikan kejuruan berupaya mewujudkan peserta didik menjadi manusia yang produktif, untuk mengisi kebutuhan terhadap peran-peran yang berkaitan dengan peningkatan nilai ekonomi pada masyarakat, sehinngga ada hasil yang jelas. Kemudian prinsip yang kedua yaitu investasi, dalam hal ini pendidikan kejuruan secara konsep menghasilkan nilai balikan ( value of return), di mana dalam peyelenggaraan pendidikan kejuruan berupaya mempersiapkan kemampuan dan ketrampilan pada peserta didik yang nantinya berguna dalam dunia kerja yang akan datang.

  14. 5202417005

    2. Landasan psikologi pada pendidikan kejuruan didasari oleh perbedaan dalam dimensi fisik, mental, intelektual, emosional, dan spiritual, sehingga dalam penerapannya pendidikan kejuruan disesuaikan dengan keadaan yang ada pada lingkungan dan peserta didik. Pada akhirnya, muncul metode-metode pembelajaran yang berbeda yang pada dasarnya menyesuaikan pada kondisi perilaku dan watak peserta didik, misalnya disiplin mental (individu memiliki potensi tertentu yang dapat membuat ia terlibat dalam proses pendidikan), kepribadian individu, perilaku individu, minat dan bakat individu, dan lain-lain.

  15. 5202417005

    3. Dalam penerapan atau pengaplikasian landasan sosiologi didasari oleh prinsip kerja sama atau kolaborasi. Pendidikan kejuruan seharusnya mampu menciptakan kerja sama dan kolaborasi antara komponen warga sekolah sehingga ada hubungan yang harmonis antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan pengajar, dan peserta didik dengan lingkungannya, sehingga nantinya hal tersebut dapat meningkatkan team work yang berguna dalam dunia kerja.

  16. 5202417005

    4. Link and Match dalam pendidikan kejuruan dapat dimaknai sebagai hubungan (keterkaitan) dan kesesuaian antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja. Jadi, ada hubungan antara sekolah dengan dunia kerja atau dengan kata lain pendidikan kejuruan merupakan pemasok tenaga kerja untuk dunia industri. Dalam penerapannya di lapangan pendidikan kejuruan berupaya menyiapkan peserta didik yang kompeten dengan pengenalan pada pendidikan sistem ganda, penggalakan unit produksi, dan pengenalan broad based curriculum.

  17. 5202417016
    1. Fungsi ekonomi dalam pendidikan adalah menunjang kelancaran proses pendidikan, disini peran ekonomi dalam sekolah juga merupakan salah satu bagian dari sumber pendidikan yang membuat anak mampu mengembangkan kognisi, afeksi, psikomotor untuk menjadi tenaga kerja yang handal dan mampu menciptakn lapangan kerja sendiri, memiliki etos kerja dan bisa hidup hemat. Selain sebagai penunjang proses pendidikan ekonomi pendidikan juga berfungsi sebagai materi pelajaran dalam masalah ekonomi dalam kehidupan manusia. Kegunaan ekonomi dalam pendidikan terbatas pada :

    Untuk membeli keperluan pendidikan yang tidak dapat dibuat sendiri atau bersama siswa.
    Membiayai segala perlengkapan gedung.
    Membayar jasa semua kegiatan pendidikan.
    Untuk mengembangkan individu yang berprilaku ekonomi.
    Untuk memenuhi kebutuhan dasar dan keamanan para personalia pendidikan
    Meningkatkan motivasi kerja.
    Membuat para personalia pendidikan lebih bergairah bekerja

  18. 5202417016
    2.Pada fungsi produksi psikologi yang dipandang sebagai input sama seperti fungsi produksi administrator

    Output fungsi produksi psikologi ialah semua hasil belajar siswa yang mencakup :

    Peningkatan kepribadian
    Pengarahan dan pembentukan sikap
    Penguatan kemauan
    Peningkatan estetika
    Penambahan pengetahuan, ilmu, dan teknologi
    Penajaman pikiran
    Peningkatan keterampilan

  19. 5202417016
    3. Dalam proses penerapan nya dalam penerapan aplikasi sosiologi dapat diterapkan menggunakan prinsip kerjasama atau kolaborasi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok yang nantinya akan menciptakan hubungan yang harmonis karena sebuah isntitusi pendidikan tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan dari pihak pihak lain yang mendukung baik itu dari luar lingkungan ataupun luar dunia industri

  20. NIM : 5202417036
    1. pendidikan kejuruan di Indonesia yaitu harus menerapkan dasar prinsip efisiensi dan investasi. Jadi lembaga pendidikan mengeluarkan biaya dengan jumlah tertentu tapi digunakan dengan se-efisien mungkin guna menyediakan fasilitas yang memadai untuk pendidikan kejuruan. Disamping itu juga dijalankan dengan prinsip investasi (Human Capital) yaitu lembaga pendidikan bisa menghasilkan tenaga kerja yang terampil yang nantinya bisa produktif dan menghasilkan upah yang tinggi dan bisa membantu perkembangan ekonomi dilingkungan sekitar.

  21. 5202417016
    4. Link and match adalah kebijakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya.
    1. Kualitas ekonomi ( economic performance) meliputi ekonomi dalam negeri, perdagangan internasional, investasi luar negeri, tenaga kerja serta harga
    2. Infrastruktur dasar meliputi teknologi, iptek, kesehatan, lingkungan serta pendidikan
    3. Efisiensi bisnis meliputi produktivitas, pasar kerja, proses manajeman, serta nilai dan sikap
    4. Efisiensi pemerintahan meliputi keuangan negara, kebijakan pajak, izin usaha dan sosial

  22. NIM : 5202417036
    2. Landasan psikologi di pendidikan kejuruan di Indonesia adalah ‘bagaimana cara mengajarkan ‘apa’ yaitu seorang guru harus mampu memahami setiap karakter peserta didik karena setiap peserta didik memiliki karakter yang unik dan berbeda satu sama lain, jadi guru harus menciptakan metode pembelajaran agar para peserta didiknya mampu memahami apa yang telah diajarkan.

  23. NIM : 5202417036
    3. Landasan sosiologi adalah bagaimana suatu lembaga pendidikan kejuruan mampu mengajarkan agar semua komponennya mampu bekerja sama seperti antara siswa dengan siswa, guru dengan siswa, siswa dengan kelompok, jadi nantinya peserta didik bisa menjadi tenaga terampil dilapangan kerja dan mampu bekerja sebagai team. Selain itu peserta didik juga harus menyatu dengan lingkungan sekitar yang menyangkup aspek religi, norma, sosial, agar tercipta hubungan yang harmonis.

  24. NIM : 5202417036
    4. Link and match adalah landasan yang diturunkan dari disiplin ilmu ekonomi, psikologi, dan sosiologi. Jadi lembaga pendidikan kejuruan bisa menerapkan pendidikan sistem ganda, penggalakan unit produksi, penerapan KBK, dan juga memberikan pengenalan Broad Bassed Curriculum agar nantinya peserta didik mampu bekerja dengan berdasar 3 landasan keilmuan dan menjadi tenaga terampil yang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

  25. 5202417003

    1. Cara menerapkan landasan ekonomi pada pendidikan kejuruan adalah dengan memaksimalkan landasan ekonomi pendidikan kejuruan yaitu efisiensi dan investasi. Efisiensi berarti dalam pendidikan kejuruan harus menghasilkan produktifitas yang sesuai dengan target dengan biaya yang seminimal mungkin meskipun pendidikan kejuruan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cara meminimalisir biaya bisa dengan cara kita membeli bahan praktek bekas yang masih berfungsi memengganti komponen yang rusak atau memperbaikinya sendiri. Dengan menyuruh siswa untuk memperbaiki dengan arahan guru dapat menambah pengalaman siswa dan menciptakan peserta didik yang terampil yang menjadi hasil dari landasan Investasi.

  26. 5202417014
    1.Dalam menerapkan landasan ekonomi pendidikan kejuruan di indonesia, harus berdasarkan dua hal yakni Efesiensi dan investasi, dimana nantinya akan di perlukan oleh tempat pekerja seperti orang orang yang memang benar benar punya ketrampilan dan karena mereka udah mempunyai landasan yang baik untuk bekerja yang nantinya Meraka juga akan memberikan dampak yang positif ke pada masyarakat bahkan bisa membantu masyarakat dengan dia bekerja di tempat-tempat tersebut

  27. 5202417003.

    2. Sesuai dengan landasan psikologi pendidikan kejuruan, setiap siswa memiliki pribadi, cara belajar, dan perilaku yang berbeda sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang berbeda untuk memberikan ilmu ke peserta didik tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan test psikologi pada calon peserta didik yang akan belajar pada sekolah kejuruan kemudian menempatkan peserta disik yang memiliki hasil test psikologi yang mirip atau hampir serupa dalam satu kelas sehingga pembelajaran peserta didik dapat disesuaikan dengan psikologi mereka dengan metode pembelajaran yang sesuai.

  28. 5202417014
    2.Penerapan landasan psikologi pada pendidikan kejuruan yaitu dengan membuat atau melatih fisik,intelektual,emosional dan spiritualnya agar lebih baik lagi karena sistem ini merupakan bagaimana seorang guru tidak boleh menyamakan tiap peserta didik untuk sistem pembelajaran ya karena setiap masing masing memiliki cara masing masing untuk menangkap/memahami pelajaran yang di ajarkan gurunya intinya lebih ke penekanan cara mengajar yang berbeda untuk dapat mengetahui psikologi pada peserta didik

  29. 5202417014
    2.penerapan landasan psikologi yaitu Seorang pengajar harus mengetahui perilaku dari setiap anak untuk mempermudah atau memperbaiki suatu perilaku anak yang kurang baik agar lebih baik lagi karena sistem ini merupakan bagaimana seorang guru tidak boleh menyamakan tiap peserta didik untuk sistem pembelajaran ya karena setiap masing masing memiliki cara masing masing untuk menangkap/memahami pelajaran yang di ajarkan gurunya intinya lebih ke penekanan cara mengajar yang berbeda untuk dapat mengetahui psikologi pada peserta didik

  30. 5202417003

    3. Untuk menerapkan landasan sosiologi dalam pendidikan kejuruan dapat dilakukan dengan memberikan pekerjaan atau tugas kepada kelompok untuk didiskusikan kemudian mendiskusikan hasil tersebut dengan kelompok lain dengan cara presentasi sehingga dapat belajar kerja sama antar individu dan antar kelompok. Dalam sekolah juga harus diadakan praktek kerja lapangan atau PKL yang minimalnya 3 bulan sehingga peserta didik dapat belajar dan berhubungan dengan sistem dunia kerja atau industri. Sehingga peserta didik dapat bekerja sama dengan rekan kerja, atasan bawahannya ketika bekerja setelah lulus sekolah.

  31. 5202417014
    3. Landasan sosiologi adalah dimananya landasan yang kata kuncinya adalah kerjasama intinya dengan adanya landasan ini perserta didik sekiranya dapat menerapkan jiwa yang sosial baik itu dengan individu per individu atau kelompok sekaligus ini akan melatih dia untuk nanti pas udah kerja di perusahaan dia juga akan memerlukan hal yang sama yaitu dengan bersosiologi dengan temen yang bekerja juga agar dapat mempermudah pekerjaan atau mempercepat

  32. 5202417003.

    4. Link and Match artinya keterkaitan dan kesesuaian, yaitu dalam pendidikan kejuruan ilmu yang diajarkan harus sesuai dengan jurusannya dan juga merupakan ilmu yang terbaru sehingga tidak tertinggal dalam hal teknologi serta juga harus mengajarkan akhlak dan ilmu yang berkaitan dengan manusia yang beragama dan penduduk negara yang baik dan cinta negaranya karena peserta didik juga adalah seorang warga negara Indonesia yang dalam sila pertama pancasila bahwa Indonesia adalah negara yang berketuhanan yang maha esa, selain itu peserta didik harua cinta negaranya sehingga dimasa depan dapat memajukan bangsa Indonesia.

  33. 5202417014
    4.link and match yaitu landasan yang di turunkan atau di kumpulkan dari ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi dengan adanya dasar yang baik maka akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang di inginkan masing masing dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang merupakan suatu tujuan untuk bisa membantu satu sama lain karena terbentuknya suatu sekolah kejuruan tidak lain karena adanya beberapa bantuan dari masyarakat sekitar

  34. 5202417029
    1. Dalam Pendidikan kejuruan di indonesia salah satunya memiliki landasan ekonomi. Untuk menerapakan landasan ikonomi tersebut harus dilakukakn secara Efisien. Yang dimaksud secara efisien disini adalah biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah selama 3 tahun siswa akan mendapat ilmu yang benar-benar dapat dikuasainya sehingga akan menjadi lulusan yang terampil dan produktif dan ketrampilannya tersebut dapat digunakan untuk bekerja dan meningkatkan ekonomi mereka selain itu semua lulusan akan memiliki investasi yaitu berupa human capital (skill ketrampilan) yang menjadi bekalnya nanti setelah lulus untuk mencari atau membuat pekerjaan sendiri.

  35. 5201427029
    2. Landasan Psikologi pada Pendidikan kejuruan di Indonesia seharusnya diterapkan dengan memahami karakteristik siswa yang mau diajar terlebih dahulu, karena pada dasarnya setiap individu memiliki perbedaan fisik, mental, intelektual, emosional, serta spiritual sehingga dalam penyampaian materi harus dilakukan sesuai karakteristik masing-masing individu tersebut dengan metode yang berbeda-beda agar materi yang diberikan dapat diterima dengan bai pada setiap siswa.

  36. 5202417029
    3. Landsan sosiologi sendiri bertujuan untuk membentuk keharmonisan dalan kolaborasi antar individu maupun sistem dalam pendidikan kejuruan. Sehingga untuk pngaplikasiannya yaitu dengan menumbuhkan hubungan yang harmonis antar individu dan keselarasan antar sistem pendidkan untuk melahirkan lulusan yang berkompeten serta memiliki kemapuan bekerja dalam kelompok (team work) dan juga tentunya memiliki relasi relasi dalam dunia pekerjaan.

  37. 5202417029
    4. Konsep link and match Pendidikan kejuruan di Indonesi yaitu membuat pendidikan yang sesuai dan berkaitan dengan dunia kerja sesuai jurusan yang akan dituju. Sehingga untuk pengaplikasiaan nya Sekolah dapat bekerja sama dengan industri yang sesua dengan jurusannya kemudian dalam pelaksanaan pendidikannya dapat dilakukan dengan standarisasi dari pabrik tersebut dengan membuat pendidikan sistem ganda. Sehingga lulusan yang didapat akan berkompeten, trampil, produktif dan dapat memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri.

  38. 5202417043

    1. Cara menerapkan landasan ekonomi di pendidikan kejuruan yautu dengan dua hal yaitu efisiensi dan investasi, yaitu pendidikan kejuruan berupaya untuk mehasilkan lulusan yang terampil dan siap kerja sesuai bidangnya, dengan memanfaatkan waktu dan fasilitas yang ada di sekolah secara efisien.Sedangkan yang dimaksud investasi yaitu pendidikan kejuruan dengan lulusan yang terampil dan produktif sehingga lulusan dapat bekerja di industri atau dapat membuka kapangan pekerjaan sendiri sesuai bidang yang ditekuninya.

  39. 5202417043

    2 Cara penerapan landasan psikologi di pendidikan kejuruan, yaitu dengan adanya karakter siswa yang berbeda beda,maka penyampaian materi pada tiap siswa harusnya berbeda baik pada saat materi ataupun saat praktik. Sehingga seorang guru harus mampu membuat metode pembelajaran yang dapat di terima oleh siswa dengan karakter dan sifat yang berbeda tercapai tujuan pendidikan di sekolah kejuruan.

  40. 5202417043

    3. Landasan Sosiologi di pendidikan kejuruan pada intinya yaitu bagaimana mengajarkan siswa untuk bekerjasama baik secara kelompok atau kerjasama antar kelompok. Sehingga siswa dapat bekerja sama dengan masyarakat, sekolah ,atau pada industri tempatnya bekerja.

  41. 5202417044

    4. Landasan link and match yaitu menekankan pada keterkaitan antara sekolah dengan dunia kerja, yaitu dengan adanya kesesuaian antara kompetensi siswa dengan keahlian yang dibutuh kan pada industri. Sehingga apa yang diajarkan di sekolah kejuruan harus sesuai dengan kebutuhan pekerja di dunia industri.

  42. NIM : 5202417008

    1. Dalam penerapan landasan ekonomi pada pendidikan kejuruan, ada dua prinsip dasar yang menjadi dasar dalam penyelenggaraannya yaitu efisiensi dan investasi, dimana pada efisiensi sekolah mempersiapkan peserta didik yang terampil namun dengan biaya dan waktu yang efisien contohnya dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam penyampaian materi dan praktikum di workshop. Adapun inventasi yaitu pembekalan yang dilakukan dalam ha ini adalah ilmu yang diberikan akan menjadi bekan pesreta didik menjadi siap berada pada dunia industry.

  43. NIM : 5202417008

    2. Pada penerapan landasan psikologi, lebih berbicara pada bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan suatu materi kepada peserta didik, karena sesuai dengan makna dari landasan psikologi bahwa tiap individu memiliki sifat yang tidak sama. Oleh karena itu perlu pemilihan metode pebelajaran yang sesuai.

  44. NIM : 5202417008

    3. Pengapliksaian landasan sosiologi yaitu peserta didik harapanya dapat bekerja sama dengan kelompok dimanapun lingkungannya baik di sekolah maupun di industry. hubungan yang baik harus terus dijaga pada suatu lembaga pendidikan karena sebuah lembaga pendidikan tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan dari pihak pihak lain yang mendukung baik itu dari luar lingkungan ataupun luar dunia industry

  45. NIM : 5202417008

    4. Konsep link and match dalam pendidikan kejuruan adalah adanya keterkaitan antara lembaga pendidikan dan dunia kerja, dimana lembaga pendidikan merupakan pemasok tenaga kerja yang terampil untuk siap bekerja pada duni kerja. Dalam penerapannya di lapangan pendidikan kejuruan berupaya menyiapkan peserta didik yang kompeten dengan pengenalan pada pendidikan sistem ganda, penggalakan unit produksi, menyiapkan kurikulum sesuai dengan apa yang dibutuhkan pada dunia industry.

  46. Link exchange is nothing else except it is just placing the other person’s web site link on your page
    at appropriate place and other person will also do same in favor of you.

  47. I was very pleased to find this web-site.I wanted to thanks for your time for this wonderful read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here