PPG, USAHA PENINGKATAN KUALITAS GURU

1
210

Pendidikan Profesi Guru (PPG) meruapak salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru. Tapi, apakah program PPG itu menyulitkan? mungkin bagi sebagian orang yang mengikuti program ini, iya menyulitkan. Istilah yang tepat mungkin bukan menyulitkan, tetapi tantangan dan pengorbanan. Tantangan, karena bagi sebagian peserta, harus berjuang keras untuk dapat mengikutinya, melaksanakan tugasnya, menguras tenaga dan pikiran. Bagi yang kurang motivasi, ini memang berat. Bagi yang ingin maju, ini tantangan. Pengorbanan, karena peserta PPG harus meninggalkan keluarga, mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya untuk keluarga, bahkan berhutang juga dilakukan, hanya untuk selembar kertas “Sertifikat Pendidik”.

Udah ahhh, jangan terlalu serius bacanya. Apalagi sampe mau netes air matanya :D… Kalau mau ikut PPG, daftar aja saat ada peluang. Yang jelas, PPG itu salah satu usaha untuk menaikan kualitas guru. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru adalah dengan meningkatkan kualitas program PPG. Sekarang, program PPG sudah menggunakan sistem Hybrid Learning, yaitu pembelajaran daring dan pembelajaran di kampus. Pembelajaran daring menggunakan modul-modul yang sudah disiapkan oleh tim nasional penyusun modul PPG untuk semua program studi atau bidang keahlian guru.

Modul-modul sebagai pelengkap pembelajaran daring (online) terus disempurnakan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Jakarta mengadakan kegiatan penyusunan Modul PPG untuk memperbaiki modul yang dikembangkan tahun 2018 tanggal 11 sampai 13 September 2019 di Yogyakarta. Alhamdulillah penulis dipercaya sebagai salah satu penyelia/reviewer bidang Teknik Otomotif. Dalam kegiatan ini, penulis juga bertemu banyak kolega dari berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia. Di antara tim penulis modul dan penyelia, ternyata banyak bertemu dengan teman-teman kuliah semasa di Jogya, bahkan bertemu Promotor dalam kelompok yang sama.

Alhamdulillah, silaturahmi dapat terus terjalin dengan kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan, sekecil apapun itu, dapat bermanfaat untuk kita semua (DW).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here