PRAKTIK KELISTRIKAN BODI (KAMIS)

74
849

Perhatikan gambar rangkaian system wiper di atas. Gambar tersebut adalah salah satu macam skema sistem wiper pada mobil. Saklar wiper dapat mengontrol semua kerja system wiper. Pelajari rangkaian tersebut dan baca dari berbagai referensi, kemudian analisis dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Jelaskan kapan terminal P1, P2, dan P3 bekerja.
  2. Jelaskan kapan timer dalam rangkaian di atas bekerja.
  3. Jelaskan kapan relai pada rangkaian di atas bekerja.
  4. Bagaimana prosesnya kontak point pada relai pindah ke posisi B? Jelaskan.
  5. Jika saklar diputar pada posisi HIGH, maka arus yang ke motor wiper masuk melalui terminal +1? Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan.
  6. Jika akan mengukur tegangan yang bekerja pada sikat kecepatan tinggi, bagaimanakah caranya? jelaskan

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). Jawaban ditunggu sampai hari Jumat, 13 September 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi (DW).

74 COMMENTS

  1. Nama : Ricky Ferdyansyah
    NIM. : 5202417048

    1. Jadi terminal P1, P2, dan P3 itu bekerja saat wiper posisi OFF. Apabila switch mati pada saat motor penggerak masih bekerja, arus listrik mengalir ke sikat kecepatan rendah dari motor penggerak menyebabkan wiper bergerak dengan lambat. Jika switch tiba di posisi mati, titik switch hubungan bergerak dari P3 ke P2 dan menyebabkan motor wiper berhenti.

  2. Nama : Ricky Ferdyansyah
    Nim : 5202417048

    2. timer dalam rangkaian di atas bekerja saat
    switch wiper pada posisi INT, atau Tr On maka Tr1 secara langsung akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari sisi A ke sisi B. Pada saat titik relay berubah ke sisi B, arus akan mengalir ke motor (LO) dan motor akan bergerak dengan kecepatan rendah. Tr1 bekerja, menyebabkan titik relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A. Bagaimanapun ketika motor bergerak, titik switch hubungan berpindah dari sisi P3 ke sisi P2, jadi arus akan terus mengalir ke sikat dengan kecepatan rendah dan wiper bergerak dengan lambat. Dan akan berhenti jika sampai di posisi yang telah ditetapkan. Lalu Tr1 melanjutkan lagi kerjanya sehingga wiper sebentar-bentar mengulangi operasinya.

  3. Nama: Ricky Ferdyansyah
    Nim. : 5202417048

    3. Jadi relai pada rangkaian di atas bekerja. Saat switch wiper pada posisi INT, atau Tr On maka Tr1 secara langsung akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari sisi A ke sisi B. Begitupun pada saat Tr Off , Tr1 bekerja, menyebabkan titik relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A. Karena

  4. Nama : Ricky Ferdyansyah
    Nim : 5202417048

    4. Bagaimana prosesnya kontak point pada relai pindah ke posisi B? Saat switch wiper pada posisi INT, atau Tr On maka Tr1 secara langsung akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari sisi A ke sisi B.

  5. Nama : Ricky Ferdyansyah
    Nim : 5202417048

    5. SALAH, karena arusnya mengalir dati baterai ke fuse utama lalu ke kunci kontak, lalu ke fuse wiper dari situ mengalir ke percabangan lalu ke +B lalu masuk terminal wiper disitu ketika High maka akan keluar menuju +2 dan masuk ke motor wiper lalu ke massa sehingga motornya berputar cepat ( high) tadi.

  6. Nama : Ricky Ferdyansyah
    Nim. : 5202417048

    6. mengukur tegangan yang bekerja pada sikat kecepatan tinggi dapat dilakukan dengan cara gunakan multimeter selector volt DC paatikan alat telah di kalibrasi kemudian posisikan saklar pada posisi high
    Kemudian tempatkan Probe merah (positif) ke terminal +2 motor wiper sedangkan probe hitam (negatif) ke massa

  7. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    1. Terminal P1, P2, dan P3 bekerja saat posisi saklar wiper off, saat switch mati namun motor penggerak wiper masih aktif. arus dari baterai meuju kk dan fuse menuju P2 dan P1 ke terminal S menuju A relay. karena saklar off arus masuk malalui terminal off meuju +1 motor ke massa sehingga motor bergerak lambat. motor penggerak akan mati saat switch off ketika terminal P2 dan P3 dihubungkan oleh kontak penghubung yang mengakibatkan motor tidak mendapat arus masuk .

    • 1. Terminal P1, P2, dan P3 bekerja saat posisi saklar wiper off, saat switch mati namun motor penggerak wiper masih aktif. arus dari baterai meuju kk dan fuse menuju P2 dan P1 ke terminal S menuju A relay. karena saklar off arus masuk malalui terminal off meuju +1 motor ke massa sehingga motor bergerak lambat. motor penggerak akan mati saat switch off ketika terminal P1 dan P3 dihubungkan oleh kontak penghubung yang mengakibatkan motor tidak mendapat arus masuk .

    • Nim : 5202417051

      1. Saat saklar wipper posisi off, di mna arus dari baterai menuju KK lalu melewati fuse arus akn menuju P2 di man P2 terhubung dengan P1 arus akan menuju ke S lalu arus akn masuk terminal A relay karena saklar dalam posisi off maka arus menuju 1+ kemudian k massa sehingga motor wipper bergerak pelan, jika P1 di hubungkan dengan P3 maka wipper akan mati krna motor tdk mendapat arus dari baterai

  8. Nama :Aji Prasetyo u
    Nim : 5202417064
    1. terminal P1, P2, dan P3 akan bekerja pada saat saklar wiper posisi OFF. Apabila saklar posisi OFF saat motor bekerja, maka arus mengalir dari baterai menuju ke kk, fusse kontak p2, p1, terminal S motor wiper terminal A pada realay saklar wiper , saklar posisi OFF terminal +1 sikat kecepatan rendah dari motor wiper selanjutnya aliran listrik menuju ke massa motor berputar lambat dan di teruskan ke lenagn wiper dan berhenti saat kontak p2,p1 terputus.

  9. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    2. Timer akan aktif saat posisi switch pada INT. saat INT, Tr1 bekerja secara otomatis membentuk rangkaian massa sehingga plat kontak tertarik dari A ke B. saat wiper bekerja maka p1 dan p2 menempel sehingga arus dari baterai menuju kk ke fuse menuju b+ relay B terminal INT ke +1 motor lalu massa sehingga wiper bekerja lambat. waktu bolak balik dari wiper ditentukan oleh transistor.

  10. Nama :Aji Prasetyo u
    Nim : 5202417064
    2. Timer bekerja pada saat saklar wiper pada posisi INT, maka Tr1pada sirkuit transistor bekerja akibatnya relay realay bekerja dan menarik kontak relay dari posisi A ke B. kemudian arus mengalir dari baterai, KK, fuse, +B kontak realay B saklar pada posisi INT terminal +1 selanjutnya ke terminal E dan ke massa motor akan bekerja dan di teruskan ke lengan wiper

  11. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    3. relay bekerja ketika switch wiper posisi INT. ketika Tr1 aktif arus melewati kumparan relay, tr1 dan mendapat massa menyebabkan kemagnetan pada kumparan relay sehingga plat kontak tertarik dari A ke B.

    • Nim : 5202417051

      2. Timer bekerja ketika saklar posisi INK, dimana arus dri baterai menuju ke relay kemudian arus menuju ke timer dan k massa, krna relay mendapat arus terjadi kemagnetan yg menarik saklar relay dri A ke B lalu arus menuju 1+ kemudian ke massa, karena timer aktif maka arus dari baterai manuju P2 dan P1 akan terhubung dan terputus secara otomatis.

  12. Nama :Aji Prasetyo u
    Nim : 5202417064
    3. Relay bekerja pada saat saklar pada posisi INT maka pada Tr1 pada sirkuit transistor bekerja mengakibatkan relay bekerja dan menarik kontak realy pada posisi A ke B.

  13. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    4. plat kontak relay pindah ke posisi B saat switch wiper posisi INT. ketika Tr1 aktif arus mendapat massa sehingga di kumparan relay terjadi kemagnetan dan relay aktif sehingga plat kontak A pindah ke B

  14. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    1. Terminal P1, P2, dan P3 aktif yaitu pada saat saklar wiper posisi di OFF kan tetapi bilah wiper tidak pada posisi bawah. Dengan sisa arus yang mengalir menyebabkan motor wiper masih bekerja bekerja lalu arus mengalir ke P2 yang berhubungan dengan P1 dan P3 karena plat nok sehingga bilah wiper masih bergerak kebawah hingga P2 tidak berhubungan lagi.

  15. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    2. Timer wiper aktif yaitu pada saat posisi saklar menunjukan INT sehingga arus dari B+ mengalir melewati kumparan relay lalu ke massa dan menyebabkan kontak poin relay berubah dari A ke B. Sedangkan ketika kontak poin relay berada pada posisi B akan menyebabkan arus akan mengalir ke motor dan menggerakkannya dengan kecepatan low , serta ada arus yang mengaktifkan timer melewati Tr1 bekerja lalu ke massa dan timer aktif.

  16. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    3. Relay aktif yaitu pada saat arus dari baterai menuju ke fuse lalu kunci kontak kemudian menuju +B lalu menuju kumparan relay dan akhirnya menuju ke Tr 1 pada timer dan ke massa, akibat mendapatkan massa kontak poin relay aktif dan kontak poin relay berpindah dari A ke B sedangkan pada saat Tr1 bekerja menyebabkan kontak poin relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A.

  17. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    4. Ketika switch wiper pada posisi INT maka Tr1 akan aktif dan akan bekerja lalu mengakibatkan kontak poin relay tertarik dari A ke B.

  18. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    5. Untuk pernyataan no 5 merut saya salah, karena seharusnya arus mengalir dari baterai lalu ke fuse lalu ke +B kemudian ke terminal saklar wiper High lalu keluar menuju +2 dan ke motor wiper lalu ke massa sehingga motor berputar cepat atau High.

  19. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    5. Salah. karena saat switch posisi high arus dari baterai menuju kk lalu fuse meuju B+ langsung menuju ke terminal High lalu keluar ke terminal +2 masuk ke motor wiper dan mendapat massa. karena arus melewati terminal +2 putaran dari motor menjadi cepat

  20. Nama: Widi Santoso
    NIM: 5202417056

    6. Untuk mengukur tegangan yang ada pada sikat kecepatan tinggi yaitu dengan multimeter, arahkan selector pada DC volt lalu pada saat saklar pada posisi high tempatkan probe merah pada terminal +2 motor wiper dab probe hitam ke massa atau bodi.

  21. Nama :Aji Prasetyo u
    Nim : 5202417064
    4. Saat saklar wiper pada posisi INT, maka Tr1 secara langsung akan bekerja, mengakibatkan titik relay berubah dari posisi A ke B

  22. Nama : Ivan Yoan Ferial
    NIM : 5202417045

    6. cara mengukur tegangan pada sikat kecepatan tinggi dengan menggunakan multimeter setel pada dcv 50. kemudian hubungkan probe positif multi ke terminal +2 dan probe negatif multi ke massa. baca hasilnya

  23. 5. Salah. karena pada saat saklar posisi high arus dari baterai menuju KK, lalu Fuse menuju terminal +B langsung menuju ke terminal High lalu keluar ke terminal +2 masuk ke motor wiper dan mendapat massa. karena arus melewati terminal +2 mengakibatkan motor wiper berputar dengan cepat.

    • Nama :Aji Prasetyo u
      Nim : 5202417064
      5. Salah. karena pada saat saklar posisi high arus dari baterai menuju KK, lalu Fuse menuju terminal +B langsung menuju ke terminal High lalu keluar ke terminal +2 masuk ke motor wiper dan mendapat massa. karena arus melewati terminal +2 mengakibatkan motor wiper berputar dengan cepat.

    • Nim : 5202417051

      6. Cara mengukur teganga maka multimeter digital pada selector DC volt, kemudian prob positif pada 2+ dan prob negatif ke massa.

  24. Nama :Aji Prasetyo u
    Nim : 5202417064
    6. cara mengukur tegangan pada sikat kecepatan tinggi yaitu dengan mengunakan multimeter, arahkan selector pada DC volt lalu pada saat saklar pada posisi high tempatkan probe merah pada terminal +2 motor wiper dab probe hitam ke massa atau bodi dan baca hasilnya

  25. Nim : 5202417051

    3. Relay bekerja ketika arus dari baterai menuju B+ kemudian arus menuju ke tr1 dan k massa, karena relay mendapat arus makan saklar pada relay tertarik dri A ke B

  26. Nim : 5202417051

    4. Ketika saklar pada posisi INK maka arus dri bateri menuju B+ kemudian ke relay arus akn menuju ke tr1 timer kemudian ke massa, karena relay mendapat arus maka terjadi kemagnetan yg menyebabkan saklar relay tertarik dri posisi A ke B.

  27. Nim : 5202417051

    5. Salah, karena pada saat high arus dri baterai menuju ke B+ kemudian ke relay B kemudian arus masuk ke saklar high arus akan keluar menuju 2+ kemudian ke massa.

  28. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    1.Terminal P1, P2, dan P3 bekerja saat posisi saklar wiper OFF, saat switch mati namun motor penggerak wiper masih aktif. Arus dari baterai menuju KK lalu ke Fuse lalu menuju P2 dan P1 ke terminal S menuju terminal A relay, karena saklar OFF arus masuk menuju +1 motor ke massa sehingga motor bergerak lambat. motor penggerak akan mati saat switch OFF ketika terminal P1 dan P3 dihubungkan oleh kontak penghubung yang mengakibatkan motor tidak mendapat arus masuk sehingga wiper berhenti

  29. Hanif Yusuf Mahendra
    5202417061

    1. P1, P2, dan P3 bekerja saat wiper OFF. Switch akan mati pada saat motor penggerak masih bekerja, arus listrik mengalir ke sikat kecepatan rendah dari motor penggerak menyebabkan wiper bergerak lambat. Jika switch pada posisi mati, maka titik switch hubungan bergerak dari P3 ke P2 dan menyebabkan motor wiper berhenti.

  30. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    2.Timer akan bekerja pada saat switch wiper pada posisi INT, maka Tr1 pada sirkuit transistor bekerja akibatnya relay bekerja dan menarik kontak relay dari posisi A ke B. kemudian arus mengalir dari baterai menuju KK lalu ke fuse lalu ke +B kontak realay B saklar pada posisi INT terminal +1 selanjutnya ke terminal E dan ke massa motor akan bekerja dan di teruskan ke lengan wiper yang bekerja lambat yang dipengaruhi oleh transistor

  31. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    3.Relay akan bekerja ketika switch wiper posisi INT, ketika Tr1 aktif arus dari baterai menuju ke KK lalu ke Fuse lalu menuju +B melewati kumparan relay, tr1 dan mendapat massa menyebabkan kemagnetan pada kumparan relay sehingga plat kontak tertarik dari A menuju B

  32. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    4.Plat kontak relay pindah ke posisi B saat switch wiper pada posisi INT. ketika Tr1 aktif arus mendapat massa sehingga di kumparan relay terjadi kemagnetan dan relay aktif sehingga plat kontak A pindah ke B

  33. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    5.Salah, karena pada saat switch wiper posisi high arus dari baterai menuju KK lalu ke Fuse menuju B+ langsung menuju ke terminal High lalu keluar ke terminal +2 masuk ke motor wiper dan mendapat massa, karena arus melewati terminal +2 sehingga putaran dari motor menjadi cepat

  34. Nama : Gunawan Adi Prasetyo
    NIM : 5202417059

    6.Untuk mengukur tegangan yang ada pada sikat kecepatan tinggi yaitu dengan multimeter, arahkan selector pada DCV 50 lalu pada saat switch pada posisi high tempatkan probe merah (+) pada terminal +2 motor wiper dab probe hitam (-) ke massa

  35. Hanif Yusuf Mahendra
    5202417061

    2. Timer aktif bila saat switch pada posisi INT. Tr1 bekerja secara otomatis membentuk rangkaian massa sehingga plat kontak tertarik dari A ke B. saat wiper bekerja maka p1 dan p2 menempel sehingga arus dari baterai menuju kunci kontak ke fuse menuju b+ relay B terminal INT ke +1 motor lalu massa sehingga wiper bekerja lambat.

  36. Rizky Yurido
    5202417062
    1. Terminal P1, P2, P3 bekerja apabila saklar berada pada posisi OFF saat motor wiper bekerja, arus akan mengalir dari baterai menuju ke kunci kontak, sekering, kontak P2, P1, terminal S motor wiper, lalu terminal A pada relai saklar wiper, saklar pada posisi OFF, terminal +1 sikat kecepatan rendah dari motor wiper. Sehingga motor berputar dengan lambat dan diteruskan ke lengan wiper dan berhenti berputar saat kontak P2 dan P1 terputus atau P1 dan P3 berhubungan.

  37. Rizky Yurido
    5202417062
    2. Timer bekerja saat saklar posisi INT, maka Tr 1 satu akan aktif sehingga kumparan relay mendapatkan massa dan timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak berpindah ke B. Kemudian arus listrik akan mengalir dari baterai, kunci kontak, sekering, +B, kontak relay B, saklar posisi INT, terminal +1, sikat kecepatan rendah motor wiper selanjutnya ke terminal E dan akhirnya menuju massa. Motor akan berputar lambat. Saat P2 dan P1 terhubung, maka Tr1 tidak bekerja, sehingga kemagnetan pada relay kumparan hilang dan plat kontak kembali ke terminal A. arus akan mengalir dari baterai menuju ke kunci kontak, sekering, kontak P2, P1, terminal S motor wiper, lalu terminal A pada relai saklar wiper, saklar posisi INT, terminal +1 sikat kecepatan rendah dari motor wiper. Sehingga motor berputar dengan lambat dan akan berhenti berputar (saat kontak P2 dan P1 terputus) sampai Tr1 kembali aktif.

  38. Rizky Yurido
    5202417062
    3. Relay akan bekerja saat saklar posisi INT, Tr1 akan aktif sehingga kumparan relay mendapatkan massa dan timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak dan menghubungkan terminal B.

  39. Rizky Yurido
    5202417062
    4. Kontak relay berpindah ke B saat saklar posisi INT dan Tr1 aktif sehingga kumparan relay mendapatkan massa dan timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak dan menghubungkan terminal B.

  40. Rizky Yurido
    5202417062
    5. Pernyataan tersebut salah. Saat saklar posisi HIGH, arus mengalir dari mengalir dari baterai menuju ke kunci kontak, sekering, terminal +B, saklar posisi HIGH, terminal +2, sikat kecepatan tinggi motor wiper selanjutnya aliran arus listrik ke terminal E dan akhirnya menuju massa. Sehingga motor wiper berputar dengan cepat.

  41. Hanif Yusuf Mahendra
    5202417061

    3. Relay bekerja pada saat switch wiper di posisi INT atau Tr On, maka Tr1 otomatis bekerja, menyebabkan titik relay berpindah dari sisi A ke sisi B. Begitupun pada saat Tr Off , Tr1 bekerja, menyebabkan titik relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A.

  42. Rizky Yurido
    5202417062
    6. Pengukuran tegangan pada sikat kecepatan tinggi bisa menggunakan multimeter selektor posisi DCV50,
    dengan probe positif berhubungan dengan terminal +2 dan probe negatif berhubungan dengan Massa

  43. Hanif Yusuf Mahendra
    5202417061

    4. Pada saat saklar wiper pada posisi INT, maka Tr1 akan bekerja, menyebabkan titik relay berubah dari posisi A ke B

  44. Hanif Yusuf Mahendra
    5202417061

    6. Untuk mengukur tegangan menggunakan multimeter, arahkan selector ke DC volt lalu saat saklar di posisi high, tempelkan probe merah pada terminal +2 motor wiper dan probe hitam ke massa.

  45. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    1. P1,P2,dan P3 bekerjapada saklar posisi OFF saat motor wiper bekerja, arus mengalir dari baterai ke kk,fuse,kontak P2,P1,terminal S wiper, terminnal A relay saklar wiper ,saklar posisi OFF,terminal +1 sikat kecepatan rendah. Sehingga motor beputar lambat dan diteruskan ke lengan wiper dan berhenti berputar pada ksaat kontak P2 dan P1 terputus.

  46. Nama : Afandi
    Nim : 5202415021
    1. Terminal P1, P2, dan P3 bekerja saat posisi saklar wiper off, saat switch mati namun motor penggerak wiper masih aktif. Arus dari baterai akan mengalir meuju kk dan sekring menuju P2 dan P1 ke terminal S menuju A relay. karena saklar off arus masuk malalui terminal off meuju +1 motor ke massa sehingga motor bergerak lambat. Motor penggerak akan mati saat switch off ketika terminal P2 dan P3 dihubungkan oleh kontak penghubung yang mengakibatkan motor tidak mendapat arus masuk .

  47. 2. Timer bekerja saat saklar posisi INT, maka Tr 1 satu akan aktif sehingga kumparan relay mendapatkan massa dan timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak berpindah ke B. Kemudian arus listrik akan mengalir dari baterai, kunci kontak, sekering, +B, kontak relay B, saklar posisi INT, terminal +1, sikat kecepatan rendah motor wiper selanjutnya ke terminal E dan akhirnya menuju massa. Motor akan berputar lambat. Saat P2 dan P1 terhubung, maka Tr1 tidak bekerja, sehingga kemagnetan pada relay kumparan hilang dan plat kontak kembali ke terminal A. arus akan mengalir dari baterai menuju ke kunci kontak, sekering, kontak P2, P1, terminal S motor wiper, lalu terminal A pada relai saklar wiper, saklar posisi INT, terminal +1 sikat kecepatan rendah dari motor wiper. Sehingga motor berputar dengan lambat dan akan berhenti berputar (saat kontak P2 dan P1 terputus) sampai Tr1 kembali aktif.

  48. 3. Relay aktif yaitu pada saat arus dari baterai menuju ke sekring lalu kunci kontak kemudian menuju +B lalu menuju kumparan relay dan akhirnya menuju ke Tr 1 pada timer dan ke negatif massa, akibat mendapatkan massa kontak poin relay aktif dan kontak poin relay berpindah dari A ke B sedangkan pada saat Tr1 bekerja menyebabkan kontak poin relay bergerak kembali dari sisi B ke sisi A.

  49. 4. Kontak relay berpindah ke B saat saklar posisi INT dan Tr1 aktif sehingga kumparan relay mendapatkan negatif massa dan timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak dan menghubungkan terminal B.

  50. 4. Kontak relay berpindah ke terminal B saat saklar posisi INT dan posisi Tr1 aktif sehingga kumparan relay mendapatkan negatif massa lalu timbul kemagnetan yang dapat menarik plat kontak dan menghubungkan terminal B.

  51. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    2.saat saklar wiper posisi INT , Tr1 pada akan bekerja dan menarik kontak relay dari A ke B . Kemudian arus mengalir dari baterai ke KK lalu Fuse ke +B kontak relay B saklar .pada posisi INT terminal +1 selanjutanya ke terminal E dan ke massa motor akan belerja dan diteruskan ke lengan wiper

  52. 5. Pernyataan tersebut salah. Saat saklar posisi HIGH, arus akan mengalir dari baterai menuju ke kunci kontak, lalu sekering, kemudian terminal +B, ke saklar yang posisinya HIGH, lalu terminal +2, sikat kecepatan tinggi motor wiper selanjutnya aliran arus listrik mengalir ke terminal E dan akhirnya menuju massa. Sehingga motor wiper akan berputar dengan cepat.

  53. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    3. Relay bekerja saat switch posisi INT, Tr1 akan aktif sehingga kumparan relay akan teraliri arus lalu ke massa menyebabkan kemagnetan dan menarik kontak point lalu menghubungkan ke terminal B relay

  54. 6. Untukn mengukur tegangan yang bekerja pada sikat posisi kecepatan tinggi dapat dilakukan dengan cara menggunakan multimeter dengan selector volt DC serta pastikan bahwa alat telah di kalibrasi kemudian posisikan saklar pada posisi high, Kemudian tempatkan Probe merah (positif) multi ke terminal +2 motor wiper sedangkan probe hitam (negatif) multi ke negatif massa. kemudian lihat indikator (angka pada sekala yang ditunjukkan jarum pada dial)

  55. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    4. Pada saat saklar posisi INT dan Tr1 aktif akan menyebabkan kumparan relay teraliri arus dan menimbulkan kemagnetan karena kemagnetan kontak poin akan tertarik dan menghubungkan ke terminal B relay.

  56. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    5. Salah karena pada saat posisi saklar HIGH arus mengalir melewati +2 motor wiper, karena arus yang mengalir ke +1 motor wiper adalah pada saat posisi saklar LOWMIST.

  57. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    1) Terminal P1, P2, P3 bekerja ketika saklar wiper posisi OFF dan motor wiper masih aktif, arus dari baterai menuju ke kunci kontak, fuse, kontak P2 dan P1, terminal S, kemudian terminal A relai saklar wiper, saklar posisi OFF, terminal +1 motor ke massa maka motor bergerak dengan kecepatan rendah. Motor akan mati saat kontak P2 dan P1 terputus atau P1 dan P3 berhubungan yang menyebabkan motor tidak mendapat arus.

  58. Alfin Miftakhul Huda
    5202417057

    6. Gunakan multimeter lalu putar selector pada posisis DCV 50, lalu probe positif dihubungkan ke +2 dan probe negatif ke massa .

  59. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    2) Timer akan aktif saat posisi saklar INT. pada saat INT, Tr1 aktif sehingga kumparan relay mendapat massa dan timbul kemagnetan sehingga plat kontak tertarik dari A ke B. Arus dari baterai menuju kunci kontak ke fuse menuju +B, kontak relay B, saklar posisi INT, ke +1 motor lalu massa sehingga wiper bekerja lambat.

  60. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    3) Relay akan bekerja saat saklar INT, Tr1 aktif sehingga kumparan relay mendapatkan massa dan timbul kemagnetan yang menyebabkan plat kontak tertarik dari A ke B

  61. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    4) Plat kontak relay pindah ke B saat saklar posisi INT, ketika Tr1 aktif, maka kumparan relay mendapat massa, terjadi kemagnetan yang dapat menarik plat kontak dari A ke B.

  62. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    5) Jika saklar diputar pada posisi HIGH, maka arus yang ke motor wiper masuk melalui terminal +1 itu salah. Saat saklar posisi HIGH, arus dari baterai ke kunci kontak, fuse, +B, saklar posisi HIGH, lalu ke +2, dan ke motor wiper lalu massa dan motor beruputar cepat karena arus melewati +2.

  63. Nama: Muhammad Afiq Naufal
    NIM: 5202417046

    6) Cara mengukur tegangan yang bekerja pada sikat kecepatan tinggi yaitu dengan multimeter posisi DCV 50, hubungkan probe (+) ke terminal +2 dan probe (-) ke massa.

  64. I have been browsing on-line greater than three hours lately, yet I by no means discovered any fascinating article like yours. It’s beautiful value sufficient for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web shall be a lot more useful than ever before.

  65. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your web site provided us with valuable info to work on.
    You have done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

  66. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.
    Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here