PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN (RABU)

37
459

Pelajari mengenai wawasan link and match dalam pendidikan kejuruan, kemudian diskusikanlah hal-hal berikut:

  1. Bagaimanakan konsep link and match pendidikan kejuruan di Indonesia?
  2. Bagaimana seharusnya konsep link and match diterapkan di Indonesia?
  3. Sejauhmanakah link and match dalam pendidikan kejuruan di Indonesia terlaksana?

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) jawaban diawali dengan menuliskan NIM dan setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim/posting), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). Jawaban ditunggu sampai hari ini Rabu, 18 September 2019 pukul 13.00 sesuai jam pembelajaran. Selamat berdiskusi (DW).

37 COMMENTS

  1. Nim:5202417015
    1. Konsep yang di terapkan di indonesia adalah dari pendidikan kejuruan itu sendiri biasanya mengadakan sebuah kerja sama yang diawali dengan pengadaan praktek kerja lapangan pada pendidik setelah itu evaluasi terhadap ilmu yang sudah di dapat dari sekolah apakah sudah layak tidaknya udtuk masuk dunia kerja

  2. 5202417010

    1. Link and Match pendidikan kejuruan di Indonesia yakni berupa kerjasama yang dilakukan antara pihak sekolah dan pihak luar sekolah, baik itu perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga masyarakat, dan sejenisnya yang saling memberikan manfaat (timbal balik) kepada semua pihak.

  3. 5202417010

    2. Konsep link and match di Indonesia seharusnya diterapkan pada tiap sekolah kejuruan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi ada keterkaitan antara sekolah dengan pihak yang menjalin kerja sama tersebut.

  4. 5202417010

    3. Sejauh ini link and match yang ada di Indonesia cukup berjalan baik, karena banyak sekolah kejuruan yang ada di Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan / instansi pemerintahan yang sesuai dengan bidang jurusannya masing-masing. Seperti SMK jurusan TKR bekerja sama dengan perusahaan otomotif, kemudian perusahaan mengadakan pelatihan otomotif, serta agar siswa lulusannya bisa bekerja di pabrik tersebut.

  5. 5202417005

    1. Link and Match dalam pendidikan kejuruan dapat dimaknani sebagai konsep keterkaitan antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja atau dengan kata lain link and match dalam pendidikan kejuruan dimaknai bahwa pendidikan kejuruan atau sekolah sebagai pemasok tenaga kerja dengan penggunanya yaitu dunia industri. Dan ketrampilan peserta didik disesuaikan dengan bidang yang dibutuhkan oleh dunia industri.

  6. Nim: 5202417015
    2. Penerapan link and match di indonesia dengan cara membuat kerja sama antara pihak perusahaan dengan sekolah di karenakan menumbuhkan rasa kerjasama setiap pihak yang terkait

  7. 5202417028

    1.konsep link and match di Indonesia, menganut pendidikan sistem ganda yang diterapkan di Jerman, yakni dengan memberikan pembelajaran dan praktik ketika di sekolah, dan juga ada uang namanya praktik kerja lapangan dimana peserta didik diberikan kesempatan untuk magang dan merasakan dunia kerja di perusahaan langsung

  8. Nim:5202417015
    3. Sejauh ini link and match di indonesia sudah berjalan dengan lancar dikarenakan dari kedua pihak sama-sama di untungkan dari yang satu memberikan ilmu dan yang satu memberikan pengalaman kerja yang baik dan nantinya bisa di terapkan pada dunia kerja.

  9. 5202417014
    1.Link and Match pendidikan kejuruan di Indonesia adalah berupa kerja sama antara beberapa pihak yang akan nantinya bisa memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan sekitar misalnya yang memerlukan pekerjaan dan akan berdampak pada masyarakat sekitar dengan adanya masyarakat yang bekerja akan mengurangi pengangguran yang ada pada lingkungan tersebut yaitu tidak lain untuk meningkatkan ekonomi di tempat itu.

  10. 5202417005

    2. Penerapan link and match pada pendidikan kejuruan seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan pada dunia industri, karena pada dasarnya pendidikan kejuruan di Indonesia mempersiapkan ketrampilan pada peserta didik sesuai yang dibutuhkan dunia industri.
    Selain itu, pendidikan kejuruan seharusnya membentuk kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri, sehingga tenaga terampil dapat tersalurkan dengan baik.

    • NIM : 5202417008

      2. Pada penerapan link and match di Indonesia seharusnya tetap melihat apa saja yang dibutuhkan oleh dunia industri, sekolah menciptakan peserta didik yang siap dan terampil sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia industri, hubungan kedua belah pihak dapat ditingkatkan kembali seperti kegiatan magang dan BKK (bursa kerja khusus) yang menyalurkan siswa untuk bekerja di industri.

  11. NIM: 5202417036
    1. Konsep link and match yang diterapkan dalam dunia pendidikan indonesia saat ini yaitu lembaga pendidikan telah menjalin kerjasama dengan perusahaan yang siap menampung para tenaga kerja yang terampil lulusan sekolah tersebut tapi juga melalui tahap seleksi, selain itu perusahaan juga menerima siswa sekolah yang akan magang diperusahaan tersebut agar nantinya siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan menjadi tenaga terampil pada saat terjun didunia kerja kelak

  12. Nim : 5202417042

    1.konsep link and match pendidikan kejuruan di Indonesia adalah bentuk kerjasama antara sekolah dengan perusahaan untuk menekan jumlah pengangguran lulusan sekolah kejuruan di Indonesia jadi ada keterkaitan antara pemasok tenaga kerja dengan penggunanya.

  13. 5202417028

    2. Seharusnya konsep pendidikan link and match di Indonesia di dasari kepada beberapa konsep, seperti konsep sistem ganda, dimana peserta didik akan di berikan pengentahuan dan praktik, kemudian menggunakan konsep magang Dimana peserta didik diberikan kesempatan untuk magang dan terjun langsung ke dunia kerja, dan konsep school based enterprise, dimana peserta didik diajak Untuk belajar bagaimana cara mengembangkan dunia usaha sehingga nantinya mampu menciptakan lapangan kerja.

  14. Nim : 5202417042

    2.konsep link and match di Indonesia seharusnya setiap sekolah menjalin kerjasama dengan lembaga lain(perusahan atau instasi lainnya) lebih dari satu supaya menekan angka pengangguran dan lulusannya dapat bekerja di bidangnya sehingga terjalin hubungan baik antara sekolah dan perusahan.

  15. Nim : 5202417042

    3.link and match pada di Indonesia sudah berjalan dengan baik karena setiap sekolah sudah menerapkan program magang(PKL) sehingga membuka peluang yang lebih baik untuk lulusannya agar siap bekerja di industri maupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya.

  16. 5202417005

    3. Pada saat ini, penerapan link and match pada pendidikan kejuruan sebenarnya telah berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat dengan adanya jalinan atau kerjasama antara sekolah kejuruan dengan dunia pendidikan seperti Bursa Kerja Khusus yang ada pada sekolah-sekolah. Kemudian pendidikan sistem ganda juga telah diterapkan pada sekolah-sekolah kejuruan dengan adanya PKL atau Prakerin, meskipun dalam pelaksanaannya masih terkendala durasi pelaksanaannya.

  17. NIM : 5202417008

    1. Konsep link and match yang ada di Indonesia berupa bentuk kerja sama yang dilakukan oleh pihak sekolah sebagai penyedia sumber daya manusia yang terampil dengan pihak perusahaan atau industri tempat penyedia lapangan pekerjaan. Hubungan antara sekolah dengan perusahaan atau industri ini dapat berupa pelajaran atau materi yg disampaikan pada proses pembelajaran sesuai dengan keadaan pada perusahaan atau industri. Dan juga memberikan manfaat satu sama lain.

  18. 5202417014
    2.Konsep link and match di Indonesia yaitu berupa sekolah mempersiapkan untuk peserta didik untuk bisa saling bekerjasama antara individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok agar nantinya peserta didik bisa menjadi dasar untuk bekerja nanti saat bekerja juga sangat memerlukan kerja sama karena dapat mempermudah

  19. NIM: 5202417036
    2. Menjalankan Link and Match bukanlah hal yang sederhana. Karena itu, idealnya, ada tiga komponen yang harus aktif untuk menyukseskan program Link and Match yaitu lembaga pendidikan, dunia kerja (perusahaan) dan pemerintah. Dari ketiga komponen tersebut, peran lembaga pendidikan merupakan keharusan dan syarat terpenting. Kreativitas dan kecerdasan pengelolaan peserta didiknya menjadi faktor penentu agar siswa lulusan sekolah tersebut bisa menjadi tenaga terampil didunia kerja kelak, selain itu harusnya lembaga pendidikan juga harus melakukan survey tentang apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini agar nantinya siswa sekolah tersebut dapat dibekali ilmu dan bisa diterapkan pada dunia kerja

    • Nim 5202417016
      1. Pada hakikatnya konsep link and match dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja. Perguruan Tinggi perlu melakukan kerjasama sinergis dengan dunia kerja profesional agar relevansi pendidikan tinggi dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu tentunya dengan prinsip kerja dimana perguruan tinggi harus mampu memberikan keuntungan juga bagi dunia usaha (model manajemen win-win), jika akan melakukan program link and match.

  20. 5202417028

    3. konsep link and match di Indonesia belum dapat terlaksana sepenuhnya, dikarenakan banyaknya peserta didik yang mendaftar sedangkan lowongan pekerjaan di Indonesia masih kurang, sehingga terjadi penjomplangan antara peserta didik dan lowongan pekerjaan, dan kurang nya kerja sama antara sekolah dan perusahaan-perusahan yang ada di Indonesia, sulitnya mendapatkan sarpras praktik juga menjadi kendala bagi sekolah-sekolah untuk menyiapkan peserta didik yang terampil.

  21. 5202417014
    3.Sejauh ini link and match yang ada di Indonesia mungkin sudah berjalan dengan baik tetapi ada beberapa sekolah yang mungkin belum menerapkan sesuai dengan sekolah yang lain karena dilihat dari sekolah sekolah yang biasanya sudah bekerjasama dengan industri dan dengan pihak-pihak luar yang dapat memberikan dampak baik pada sekolah tersebut maupun sebaliknya bukan hanya itu dengan adanya kerjasama yang baik dapat memberikan dampak yang besar untuk peserta didik contohnya saja dengan adanya kerjasama dengan pihak luar untuk penerimaan lowongan pekerjaan lebih mudah karena telah ada kerjasama sebelumnya

  22. NIM: 5202417036
    3. Sejauh ini penerapan Link and Match di Indonesia berjalan dengan baik, karena pada saat peserta didik menempuh pendidikan kejuruan pada tingkat tertentu diwajibkan untuk melaksanakan magang(PKL) pada suatu perusahaan tertentu sesuai bidang kejuruannya. Hal ini adalah suatu kerjasama yang positif karena siswa selain mendapat ilmu dari sekolah juga mendapat ilmu atau pengalaman kerja yang sesungguhnya pada saat melaksanakan magang tersebut walaupun waktu yang disediakan untuk pelaksanaan magang relatif singkat tetapi setidaknya siswa telah mempunyai pandangan tentang apa yang dihadapinya pada saat terjun didunia kerja nantinya

  23. NIM : 5202417008

    3. Pada saat ini penerapan link and match di Indonesia sudah berjalan baik, hal itu dibuktikan dengan adanya kerjasama yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan industri dalam bentuk pendidikan sistem ganda atau biasa disebut magang (PKL) hal tersebut dapat membuat didik mendapatkan gambaran secara langsung kondisi yang akan mereka di dunia industri, kemudian bentuk kerja sama berikutnya adalah Bursa Kerja Khusus (BKK) dimana lulusan dari suatu sekolah disalurkan ke dunia industri.

  24. 5202417003

    1. Konsep link and match di Indonesia berupa kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja seperti perusahaan yang sesuai dengan jurusan masing masing, serta pendidikan ganda yang mengajarkan keagamaan dan kewarganegaraan.

  25. 5202417003

    2. Seharusnya pemerintah membuat peraturan tambahan untuk perusahaan tentang berbagi ilmu tentang teknologi terbaru yang perusahaan buat dengan dunia pendidikan dan memberikan kebijakan untuk hak paten mereka sehingga ilmu para peserta didik terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Serta Indonesia perlu untuk menambah pendidikan kedisiplinan dan jam pelajaran untuk belajar ilmu agama agar lulusan sekolah menjadi orang yang pintar, ahli dan berkepribadian baik sehingga tidak akan melakukan hal hal kriminal dan anarki.

  26. 5202417016
    2.Melalui kerjasama fungsional link and match dengan dunia kerja profesional, sekolah secara konseptual akan memiliki peluang yang cukup besar untuk melahirkan lulusannya menjadi calon-calon tenaga kerja yang memiliki profesionalisme yang tinggi. Karena di dunia kerja itulah para siswa akan memperoleh pengalaman baru lebih jauh dan aktual dari sekedar pengalaman yang dideskripsikan pada kurikulum suatu sekolah

  27. 5202417003

    3. Sudah terjalan dengan baik dan hampir keseluruhan, dapat dilihat dari kegiatan BKK di sekolah yang menyalurkan peserta didik yang sudah lulus untuk bekerja, kegiatan kunjungan industri, kegiatan PKL, dan pelajaran keagamaan dan kewarganegaraan. Hanya saja dalam pelaksanaannya, nilai peserta didik yang diperoleh masih ada yang tidak sesuai dengan kemampuannya dikarenakan mencontek atau pemberian nilai guru yang karena kasihan.

  28. 5202417016
    3. Dunia industri harus ikut berperan mewujudkan keterkaitan dan kesepadanan (link and match), sehingga SMK bisa menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan industri. “Jadi industri sudah memformulasikan seperti apa lulusan SMK yang dikehendaki dan program yang ada di sekolah dirancang bersama-sama antara SMK dan dunia industri. Ini adalah salah satu bentuk bagaimana SMK mampu merespon kebutuhan dunia usaha dunia industri. Dalam konsep ini memang lebih erat kaitannya dengan karakter. Sedang program kelas budaya industri yang mulai dikembangkan SMK sekarang ini lebih kepada penamaan seseorang lulusan yang harus memiliki sikap ketika yang bersangkutan berada di industri. “Konsep sebenarnya tidak hanya budaya industri.

  29. 5202417029
    1. Konsep link and match Pendidikan kejuruan di Indonesi yaitu membuat pendidikan yang sesuai dan berkaitan dengan dunia kerja sesuai jurusan yang akan dituju. Sehingga untuk pengaplikasiaan nya Sekolah dapat bekerja sama dengan industri yang sesua dengan jurusannya kemudian dalam pelaksanaan pendidikannya dapat dilakukan dengan standarisasi dari pabrik tersebut dengan membuat pendidikan sistem ganda (Dual System). Sehingga lulusan yang didapat akan berkompeten, trampil, produktif dan dapat memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri.

  30. 5202417029
    2. Bagian utama dari konsep link and match ini adalah penerapan Dual System (Pendidikan Sistem Ganda) secara optimal. Dalam tiga tahun masa pendidikan dan pelatihan siswa di SMK dibagi sebagai berikut: 1) Siswa Tahun Pertama: seluruh siswa SMK tahun pertama mendapatkan pendidikan dan pelatihan dasar. Kegiatan evaluasi hasil pembelajaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Model dan materi evaluasi ditentukan bersama antara pihak SMK dan industri mitra. Kegiatan evaluasi ini berjalan hingga tahun ketiga. 2) Siswa Tahun Kedua: siswa diarahkan pada jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Pihak SMK, Industri mitra serta konseling bekerja sama dalam menyukseskan penjurusan siswa. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berupa teori dan praktikum dalam seminggu dibagi menjadi, 2 hari teori di SMK, 3 hari praktikum langsung di industri mitra dan 1 hari berupa kegiatan pengembangan diri siswa. 3) Siswa Tahun Ketiga: evaluasi akhir atau ujian akhir yang dilaksanakan pada akhir masa pendidikan dan pelatihan. Hasil evaluasi hanya dijadikan sebagai bahan acuan untuk melakukan pengembangan pendidikan dan pelatihan di masa mendatang. Kelulusan siswa ditentukan oleh pencapaian yang diperoleh siswa mulai dari tahun pertama hingga tahun ketiga.

  31. 5202417029
    3. Dalam pelaksanaannya konsep link and macth di indonesia masih mengalami berbagai masalah khususnya di daerah plosok, antara lain : 1) Masalah keterbatasan insfrastruktur belajar mengajar, hal ini dikarenakan perubahan dan perkembangan industry yang jauh lebih cepat sedangkan pendidikan tidak mudah melakukan penyesuaian dalam waktu singkat. 2) kurangnya koordinasi antara stakeholders terkait. 3) belum ada pemetaan yang jelas dan pasti, berapa dan sperti apa tenaga kerja yang dibutuhkan dunia industri. 4) lulusan smk banyak yang bekerja diluar bidangnya akibat keterbatasan lahan kerja yang sesuai dengan bidangnya

  32. 5202417043

    1 .konsep link and match di Pendidikan kejuruan di Indonesia yaitu adanya keselarasan antara dunia kerja / industri dengan jurusan yang di tempuh,sehingga membuat adanya kesesuaian komoetensi lulusan dengan kebutuhan trnaga kerja di industri

  33. 5202417043

    2. Seharusnya pihak sekolah dan perusahaan /industri memiliki kerjasama yang baik ,sehingga ada kesesuaian komoetensi lukusan dan kebutuhan kerja di lapangan. Dengan adanya kerjasama tersebut dapat menghasilkan lulusan siswa smk yang profesional sesuai jurusan yang di tekuninya

  34. 5202417043

    3. Pelaksanaan link and match sudah berjalan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama antara sekolah dan perusahaan dalam kegiatan praktik kerja lapangan, serta banyaknya tenaga kerja yang diserap oleh perusaan melalui Bkk yang ada di sekolah – sekolah kejurian di indonesia

  35. I like what you guys are up also. Such smart work and reporting! Keep up the excellent works guys I?¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my site 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here