TEORI KELISTRIKAN OTOMOTIF (RABU)

162
582

Pada pembelajaran di kelas, sudah didiskusikan mengenai sistem pengisian dengan regulator elektronik. Untuk dapat mempelajari lebih dalam, pelajari gambar di atas dan silakan diskusikan hal-hal berikut:

  1. Kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet saat Tr1 bekerja. Benarkah pernyataan tersebut?
  2. Lampu pengisian akan padam jika Tr3 OFF. Bagaimana Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup.
  3. Mahasiswa A mengatakan bahwa jika Tr1 rusak, maka akan terjadi overcharge pada sistem pengisian. Benarkah pernyataan mahasiswa A tersebut?
  4. Mahasiswa B mengatakan bahwa jika Tr3 rusak, maka akan terjadi undercharge pada sistem pengisian. Benarkah pernyataan mahasiswa B tersebut?

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) jawaban diawali dengan menuliskan NIM dan setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim/posting), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). 3) setiap mahasiswa wajib memberi komentar, mengoreksi, atau menambahkan jika dirasa jawaban mhs lain kurang benar. 4) setiap mahasiswa dapat memberi komentar atau mengoreksi dengan jumlah yang tidak terbatas, setiap jawaban atau komentar yang benar akan mendapat point. Jawaban dan diskusi terhadap jawaban teman ditunggu sampai hari Jumat, 29 November 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi (DW).

SHARE
Previous articleTUGAS TTL (RABU)
Next articleTEORI KELISTRIKAN OTOMOTIF (KAMIS)
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES)

162 COMMENTS

  1. 5202418008
    Ikhsan firmansyah

    1.pernyataan di atas benar. Karena pada saat Tr1 bekerja arus mengalir dari baterai ke terminal B, ke kumoaran rotor, ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, dan massa. Aliran arus ke kumparan rotor menyebabkan medan magnet.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      Ingin menambahkan Iya memang Benar pernyataan tersebut Karena Pada dasarnya Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor Pada Saat Tr1 atau ON maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif lalu ke kumparan rotor kemudian ke slip ring negatif Selanjutnya ke C Tr1 Berikutnya ke E lalu ke Tr1 massa. Kemudian Mengakibatkan kumparan rotor timbul medan magnet atau kemagnetan.

  2. 5202418008
    Ikhsan firmansyah

    2. Setelah mesin hidup rotor di putar oleg poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Tegangan ini kemudian di searahkan oleh dioda penyearah menjadi DC. Karena pasa kumparan stator terjadi tegangan maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Kemudian aliran ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF. Karena Tr3 OFF maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan lampu menjadi padam.

  3. 5202418008
    Ikhsan Firmansyah

    3. Pernyataan mahasiswa A salah. Karena apabila Tr1 rusak maka yang akan terjadi adalah aliran arus dari dioda yang menuju kumparan rotor dan ke massa melalui Tr1 akan terhenti/terhambat sehingga medan magnet pada kumparan rotor akan hilang.

    • Ijin menambahkan
      Dan ketika medan magnet pada rotor coil itu drop,maka tegangan output yang dihasilkan oleh stator coil justru akan drop,bukan over. Sehingga ketika Tr1 rusak tidak terjadi overcharge, tetapi justru undercharge.
      Terima kasih

  4. 5202418008
    Ikhsan Firmansyah

    4. Pernyataan mahasiswa B salah karena jika Tr3 rusak itu tidak akan menyebabkan undercharge.

    • 5202418024

      Yg menyebabkan undercharge yaitu ketika terminal S putus. Saaf terminal S putus lampu pengisian menyala maka tr1 off. Tr1 off kumparan rotor tidak ada kemagnetan. Yang menyebabkan tegangan terminal P turun sampai di bawah 16 v maka MIC akan kembali mengaktifkan tr1 dan rotor terjadi kemagnetan. Hal ini terjadi berulang kali. Kondisi lampu pengisian tetap menyala untuk memberi indikator kerusakan kepada pengemudi

      • Ijin meluruskan mas setahu saya yang menyebabkan undercharge bukan karena terminal S putus karena jika terminal putus itu malah akan menyebabkan overcharger karena sensor tidak mendeteksi seberapa besar arus yang masuk.

    • Ijin menambahkan
      Tr3 tidak terhubung dengan kumparan rotor dan Tr3 hanya berfungsi untuk meng-ground-kan lampu indikator. Pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala karena terhubung ke ground, sedangkan saat Tr3 OFF lampu tidak terhubung ke ground sehingga lampu padam. Sedangkan untuk mengatur besar-kecilnya arus yang masuk ke rotor coil adalah fungsi dari Tr1. Jadi ketika rT3 rusak hanya akan berpengaruh ke lampu(tidak bisa menyala).
      Terima kasih

    • Menambahkan jawaban saya, karena fungsi dari Tr3 sendiri adalah untuk menyalakan dan memadamkan lampu pengisian. Dan Tr3 juga bisa mencegah overcharge jika terminal S rusak yaitu pada saat tegangan melebihi standar maka MIC akan mendeteksi jika terminal S rusak dan menyalakan Tr3 dan lampu pengisian akan terus menyala untuk memberitahukan bahwa ada kerusakan, Tr1 juga tidak dialiri arus sehingga pada kumparan rotor tidak terjadi medan magnet. Jika tegangan kembali turun maka arus akan mengalir pada Tr1 dan ke kumparan rotor sehingga dapat terjadi medan magnet lagi sehingga pengisian dapat berjalan lagi. Proses ini akan dilakukan secara berulang ulang.

  5. NIN : 5202418005

    1.) Benar
    Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.
    Saat Tr1 bekerja (ON) maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> kumparan rotor-> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Akibatnya pada kumparan rotor timbul medan magnet.

  6. NIM : 5202418005

    2.) Setelah mesin hidup , arus pada salah satu ujung kumparan stator mangalir ke terminal P dan digunakan oleh MIC untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi bekerja(ON) dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF sehingga aliran arus dari lampu le massa melalui tr3 terhenti sehingga lampu menjadi padam karena tidak mendapatkan massa

  7. 5202418019

    1. Pernyataan tersebut benar karena fungsi Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor. Dan pada saat Tr1 on hal ini menyebabkan arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> rotor koil -> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Dan mengakibatkan rotor koil timbuk kemagnetan

  8. 5202418019

    2. Karena pada saat mesin hidup maka rotor yang sudah menjadi magnet berputar oleh putaran poros engkol sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian tegangan ini diubah menjadi DC oleh dioda penyerah. Karena kumparan strator sudah menghas

    • Ijin Menambahkan
      Jadi pada saat mesin hidup kumparan stator akan menghasilkan tegangan listrik. Pada salah satu ujung dari kumparan stator terhubung ke terminal P yang selanjutnya dihubungkan ke MIC untuk mengaktifkan Tr2. Pada saat Tr2 ON, akan menyebabkan Tr3 OFF sehingga lampu tidak terhubung ke ground. Akibatnya ketika mesin hidup lampu akan padam.

  9. 5202418019

    2. Karena pada saat mesin hidup maka rotor yang sudah menjadi magnet berputar oleh putaran poros engkol sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian tegangan ini diubah menjadi DC oleh dioda penyerah. Karena kumparan strator sudah menghasilkan tegangan maka arus salah satu ujung kumparan strator mengalir ke terminal p.aliran arus ini oleh mic digunakan untuke mengalirkan arus basis(B) tr2 sehingga tr2 menjadi on dan menghentikan al

    • aliran aliran arus ke B tr3 sehingga tr3 menjadi off. dan karena tr3 off maka aliran lampu ke massa melalui tr3 terhenti dan lampu menjadi padam karena tidak mendapat massa.

  10. 5202418019

    2.Karena pada saat mesin hidup maka rotor yang sudah menjadi magnet berputar oleh putaran poros engkol sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian tegangan ini diubah menjadi DC oleh dioda penyerah. Karena kumparan strator sudah menghasilkan tegangan maka arus salah satu ujung kumparan strator mengalir ke terminal p.aliran arus ini oleh mic digunakan untuke mengalirkan arus basis(B) tr2 sehingga tr2 menjadi on dan menghentikan aliran arus ke B tr3 sehingga tr3 menjadi off. dan karena tr3 off maka aliran arus lampu ke massa melalui tr3 terhenti dan lampu menjadi padam karena tidak mendapat massa.

  11. NIM : 5202418005

    3.) Pernyataan dari mahasiswa A tidak benar
    Karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir dari baterai ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pad kumparan rotor.
    Jika Tr1 rusak maka arus tidak dapat memgalir ke kumparan rotor dan tidak terjadi medan magnet pada kumparan rotor sehingga tidak terjadi pengisian pada baterai.

  12. NIM : 5202418005

    4.) Pernyataan dari mahasiswa B tidak benar Jika Tr3 rusak tidak akan terjadi undercharge, karena fungsi dari Tr3 yaitu untuk mengatur padam atau menyalanya lampu indikator pengisian.

  13. NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
    NIM : 5202418002

    1).Iya memang Benar pernyataan tersebut Karena Pada dasarnya Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor Pada Saat Tr1 atau ON maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif lalu ke kumparan rotor kemudian ke slip ring negatif Selanjutnya ke C Tr1 Berikutnya ke E lalu ke Tr1 massa. Kemudian Mengakibatkan kumparan rotor timbul medan magnet atau kemagnetan.

  14. NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
    NIM : 5202418002

    2).Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup karena tegangan yang sudah disearahkan oleh dioda Penyarah menjadi DC.Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan,maka arus pada salah satu ujung kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini Oleh MIC ini diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 Menjadi OFF.Maka akibat Tr3 OFF mengakibatkan aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 Terhenti .

  15. NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
    NIM : 5202418002

    3).Pernyataan tersebut adalah SALAH Karena Fungsi utama Transistor Tr1 pada rangkaian di atas berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut. JADI jika Tr1 Putus maka menyebabkan arus tidak mengalir dari b baterai keterminal B dan aliran tidak sampai ke kumparan rotor alias tidak sampai maka tidak akan terjadi OVERCHARGER.

  16. 5202418013
    1. Pernyataan tersebut benar , dilihat dari fungsi Tr1 yaitu untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Sehingga jika Tr bekerja/on akan menghasilkan medan magnet, dan arah alirannya dari Terminal B → rotor coil → F → Tr1 → E→ massa.

  17. 5202418029

    1. Pernyataan tersebut benar karena fungsi Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor. Dan pada saat Tr1 on hal ini menyebabkan arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> rotor koil -> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Dan mengakibatkan rotor koil timbuk kemagnetan.

  18. 5202418029

    2. Karena pada saat mesin hidup maka rotor yang sudah menjadi magnet berputar oleh putaran poros engkol sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian tegangan ini diubah menjadi DC oleh dioda penyerah. Karena kumparan strator sudah menghasilkan tegangan maka arus salah satu ujung kumparan strator mengalir ke terminal p.aliran arus ini oleh mic digunakan untuke mengalirkan arus basis(B) tr2 sehingga tr2 menjadi on dan menghentikan aliran arus ke B tr3 sehingga tr3 menjadi off. dan karena tr3 off maka aliran arus lampu ke massa melalui tr3 terhenti dan lampu menjadi padam karena tidak mendapat massa.

  19. 5202418029

    3. Pernyataan mahasiswa A salah. Karena apabila Tr1 rusak maka yang akan terjadi adalah aliran arus dari dioda yang menuju kumparan rotor dan ke massa melalui Tr1 akan terhenti/terhambat sehingga medan magnet pada kumparan rotor akan hilang.

    • Ijin menambahkan

      Memang benar jawaban mas Dimas jika saat Tr1 rusak maka rotor coil tidak terhubung ke ground sehingga kemagnetan pada rotor coil akan drop. Hal ini menyebabkan tegangan yang dihasilkan oleh stator coil juga akan drop yang sering disebut dengan istilah undercharge,bukan overcharge. Kesimpulannya pernyataan mahasiswa pada soal tersebut salah.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      Menambahkan dari jawaban mas dimas ,iya Pernyataan tersebut memang SALAH Karena Fungsi utama Transistor Tr1 pada rangkaian di atas berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut. JADI jika Tr1 Putus maka menyebabkan arus tidak mengalir dari b baterai keterminal B dan aliran tidak sampai ke kumparan rotor alias tidak sampai maka tidak akan terjadi OVERCHARGER.

    • Ijin menambahkan
      Tr3 tidak terhubung dengan kumparan rotor dan Tr3 hanya berfungsi untuk meng-ground-kan lampu indikator. Pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala karena terhubung ke ground, sedangkan saat Tr3 OFF lampu tidak terhubung ke ground sehingga lampu padam. Sedangkan untuk mengatur besar-kecilnya arus yang masuk ke rotor coil adalah fungsi dari Tr1. Jadi ketika rT3 rusak hanya akan berpengaruh ke lampu(tidak bisa menyala).
      Terima kasih

  20. 5202418010

    1. Benar, aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai , ke terminal B, ke kumparan rotor , ke terminal F , ke C Tr1 ,ke E Tr1, kemudian massa. Aliran arus ini menyebabkan terjadi Medan magnet pada kumparan rotor.

  21. Nim : 5202418007
    Nama: Teguh Kurniawan

    1. Benar
    Karena Tr1 memiliki fungsi menghubungkan dan memutus arus yang mengalir ke kumparan rotor. Ketika Tr1 ON maka arus mengalir ke kumparan rotor dan kumparan rotor akan menghasilkan Medan magnet. Begitu sebaliknya apabila Tr1 off maka arus yang mengalir ke kumparan rotor terhenti dan Medan magnet pada kumparan rotor hilang

  22. 5202418009
    1.Benar karena pada Transistor Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.

  23. 5202418003
    muhammad syamsuddin nurul iman
    1. Pernyataan tersebut benar, karena fungsi dari Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Jadi, pada saat Tr1 bekerja maka medan magnet akan timbul karena arus mengalir dari baterai ke slip ring positif.

    • Sedikit menambahkan
      Ketika Tr1 ON maka arus mengalir ke kumparan rotor dan kumparan rotor akan menghasilkan Medan magnet. Begitu sebaliknya apabila Tr1 off maka arus yang mengalir ke kumparan rotor terhenti dan Medan magnet pada kumparan rotor hilang

  24. 5202418003
    muhammad syamsuddin nurul iman

    2. Setelah mesin hidup, rotor akan berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Kemudian tegangan ini akan disearahkan menjadi arus DC oleh dioda penyearah. Karena kumparan stator sudah mendapat tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator akan mengalir ke terminal P. aliran arus ini oleh MIC di olah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan terjadi perbedaan tegangan di Antara kaki kaki lampu sehingga lampu menjadi padam.

  25. NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
    NIM : 5202418002

    4). Iya memang BENAR pernyataan tersebut Jika Tr 3 rusak maka arus akan kurang dari 14Volt atau bahkan tidak sama sekali dan akan terjadi undercharge karena ada suatu komponen yang rusak yaitu Tr3 ,JADI jika Tr3 Rusak maka aliran massa akan terhenti dan bahkan tidak bisa berjalan dengan baik.

    • Saya kurang setuju dengan jawaban saudara. Menurut saya jika Tr3 itu mengalami kerusakan maka sistem pengisian tetap bekerja. Dampak kerusakan Tr3 hanya lampu indikator tetap menyala ketika mesin sudah hidup. Dan terkait massa sistem pengisian masih mendapat masa melalui Tr1.

    • Saya kurang setuju karena fungsi dari tr3 sendiri hanya untuk menghubungkan dan memutuskan arus lampu indikator, untuk sistem pengisiannya masih bisa berjalan melalui tr1

    • Saya kurang sependapat dengan jawaban anda, karena menurut pemahaman saya Tr3 tidak terhubung dengan kumparan rotor dan Tr3 hanya berfungsi untuk meng-ground-kan lampu indikator. Pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala karena terhubung ke ground, sedangkan saat Tr3 OFF lampu tidak terhubung ke ground sehingga lampu padam. Sedangkan untuk mengatur besar-kecilnya arus yang masuk ke rotor coil adalah fungsi dari Tr1. Jadi ketika rT3 rusak hanya akan berpengaruh ke lampu(tidak bisa menyala).
      Terima kasih

    • Saya kurang setuju dengan jawaban anda karena jika Tr3 rusak itu tidak mempengaruhi atau menyebabkan undercharge…..jika Tr1 yang rusak itu yang akan menyebabkan undercharge.

    • Say kurang sependapat karena apabila Tr3 rusak sekalipun pengisian masih berjalan hanya saja lampu indikator akan menyala terus karena Tr3 rusak

    • Kurang setuju, bila dilihat dari rangkaian kerja sistemnya Tr3 disini tidak terhubung dengan kumparan rotor dan Tr3 tidak ada kaitannya dengan arus yang mengalir ke kumparan rotor, Tr3 hanya berfungsi untuk menghubungkan lampu pengisan terhadap massa, yakni pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala karena terhubung ke massa, sedangkan saat Tr3 OFF lampu tidak menyala karena tidak terhubung ke massa.

  26. 5202418010

    2. Karena setelah mesin hidup kumparan Stator sudah menghasilkan tegangan maka arus pada salah satu ujung kumparan Stator mengalir ke terminal P. Dimana terminal P terhubung dengan MIC dan mengirkan arus ke basis (B) Tr2 sehingga Tr2 On dan menghentikan arus B Tr3 hingga Tr3 off (karena off maka aliran arus lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu pengisian padam).

  27. 5202418011

    1. Benar. Karena pada saat tr1 bekerja, maka arus dari baterai akan mengalir ke slip ring positif kemudian ke kumparan rotor dan menuju ke slip ring negatif kemudian menuju C Tr1 dan selanjutnya ke E Tr1 kemudian ke massa. Karena peristiwa tersebut yang membuat kumparan rotor menghasilkan medan magnet.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      MenambahkanIya memang Benar pernyataan tersebut Karena Pada dasarnya Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor Pada Saat Tr1 atau ON maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif lalu ke kumparan rotor kemudian ke slip ring negatif Selanjutnya ke C Tr1 Berikutnya ke E lalu ke Tr1 massa. Kemudian Mengakibatkan kumparan rotor timbul medan magnet atau kemagnetan.

  28. Nim:5202418007
    Nama:Teguh kurniawan
    2. Pada saat mesin hidup maka alternator berputar, sehingga stator coil menghasilkan arus listrik. Adanya arus pada terminal P dideteksi oleh MIC sehingga MIC merubah dari posisi putus-putus pada Tr1 menjadi ON terus. Dengan Tr1 ON maka arus dari baterai ke rotor coil menjadi besar, kemagnetan menjadi besar, arus yang dibangkitkan menjadi tinggi.
    Adanya arus dari terminal P menyebabkan MIC akan meng OFF kan Tr3 dan meng ON kan Tr2. Dengan Tr2 maka lampu menjadi mati karena tidak ada beda potensial antara kedua terminal lampu.

    • Maaf saya kurang setuju dengan pendapat anda.
      Menurut pemahaman saya,yang menyebabkan lampu mati bukan karena tidak adanya perbedaan tegangan, melainkan karena saat Tr3 OFF lampu tidak terhubung ke ground sehingga lampu padam.
      Terima kasih

  29. 5202418010

    3. Menurut saya tidak benar ,karena jika Tr1 rusak maka skema pengaturan aktifnya Medan magnet pada kumparan rotor tidak bekerja, sehingga pengisian tidak overcharge /pengisian tidak terjadi.

  30. 5202418010

    4. Menurut saya tidak benar ,karena Jika Tr3 rusak maka lampu pengisian tidak menyala dan pengisian tidak undercharge.

    • Ijin menambahkan
      Pada saat Tr3 rusak, tidak akan berpengaruh terhadap kemagnetan pada rotor coil sehingga tidak akan mempengaruhi tegangan output dari stator coil karena Tr3 tidak berhubungan dengan rotor coil. Tr3 hanya berfungsi untuk menghubungkan lampu ke ground sehingga pada saat Tr3 rusak, hanya akan menyebabkan lampu tidak bisa menyala. Terima kasih

    • Sependapat, Apabila dilihat dari rangkaian kerja sistemnya Tr3 disini tidak terhubung dengan kumparan rotor dan Tr3 tidak ada kaitannya dengan arus yang mengalir ke kumparan rotor, Tr3 hanya berfungsi untuk menghubungkan lampu pengisan terhadap massa, yakni pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala karena terhubung ke massa, sedangkan saat Tr3 OFF lampu tidak menyala karena tidak terhubung ke massa.

  31. 5202418011

    2. Setelah mesin sudah hidup, maka rotor berikutnya akan diputar oleh poros engkol melalui tali kipas, dan arus pada salah satu kumparan stator akan mengalir ke terminal P. Kemudian aliran pada terminal P di olah oleh MIC untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan akan menghentikan arus ke (B) Tr3 sehingga membuat Tr3 OFF. Karena Tr3 OFF maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti dan lampu tidak mendapatkan massa, maka dari itu lampu akan padam karena tidak mendapatkan massa.

  32. Nim:5202418007
    Nama:Teguh Kurniawan
    3. Pernyataan mahasiswa tersebut salah karena jika Tr1 rusak maka arus yang mengalir ke kumparan rotor juga terputus dan medan magnet pada rotorpun juga hilang. Sehingga tidak terjadi overcharge karena tegangan di terminal p menurun

  33. NIM : 5202418017
    Nama : Puji Nofiyanto

    1. Pernyataan tersebut benar, karena saat Tr1 berkerja maka arus dari rotor coil akan dihubungkan ke ground sehingga pada rotor coil akan timbul kemagnetan.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      ingin Menambahkan Iya memang Benar pernyataan tersebut Karena Pada dasarnya Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor Pada Saat Tr1 atau ON maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif lalu ke kumparan rotor kemudian ke slip ring negatif Selanjutnya ke C Tr1 Berikutnya ke E lalu ke Tr1 massa. Kemudian Mengakibatkan kumparan rotor timbul medan magnet atau kemagnetan.

    • Menambahkan
      Ketika Tr1 ON maka arus mengalir ke kumparan rotor dan kumparan rotor akan menghasilkan Medan magnet. Begitu sebaliknya apabila Tr1 off maka arus yang mengalir ke kumparan rotor terhenti dan Medan magnet pada kumparan rotor hilang

  34. NIM : 5202418017
    Nama : Puji Nofiyanto

    2. Pada saat mesin hidup, maka stator akan menghasilkan tegangan. Salah satu ujung dari kumparan stator terhubung ke MIC yang kemudian digunakan untuk mengaktifkan Tr2. Ketika Tr2 ON,maka arus dari terminal IG akan mengalir ke Tr2 kemudian ke terminal L sehingga terminal L yang sebelumnya digunakan untuk menghubungkan lampu ke ground mendapatkan arus + sehingga lampu tidak terhubung ke ground. Akibatnya lampu indikator akan mati.

  35. NIM : 5202418017
    Nama : Puji Nofiyanto

    2. Pada saat mesin hidup, maka stator akan menghasilkan tegangan. Salah satu ujung dari kumparan stator terhubung ke MIC yang kemudian digunakan untuk mengaktifkan Tr2. Ketika Tr2 ON,maka arus dari terminal IG akan mengalir ke Tr2 kemudian ke terminal L sehingga terminal L yang sebelumnya digunakan untuk menghubungkan lampu ke ground mendapatkan arus + sehingga Tr3 menjadi OFF dan lampu tidak terhubung ke ground. Akibatnya lampu indikator akan mati.

  36. NIM : 5202418017
    Nama : Puji Nofiyanto

    3. Pernyataan tersebut salah. Jika Tr1 rusak maka arus dari rotor coil tidak terhubung ke ground sehingga kemagnetan pada rotor coil akan drop. Jika kemagnetan pada rotor coil drop,maka tegangan output dari stator coil juga akan rendah.

  37. NIM : 5202418017
    Nama : Puji Nofiyanto

    4. Pernyataan tersebut salah. Jika Tr3 rusak,maka lampu tidak akan terhubung ke ground sehingga lampu tidak bisa menyala. Peristiwa ini tidak akan berpengaruh pada arus/medan magnet pada rotor coil, sehingga tegangan output stator coil tidak akan terpengaruh.

  38. Nim:5202418007
    Nama: Teguh Kurniawan
    4.tidak benar
    Karena ketika Tr3 rusak maka dampaknya hanya lampu pengisian saja yang tidak menyala dan tidak terjadi undercharge

    • jin menambahkan
      Pada saat Tr3 rusak, tidak akan berpengaruh terhadap kemagnetan pada rotor coil sehingga tidak akan mempengaruhi tegangan output dari stator coil karena Tr3 tidak berhubungan dengan rotor coil. Tr3 hanya berfungsi untuk menghubungkan lampu ke ground sehingga pada saat Tr3 rusak, hanya akan menyebabkan lampu tidak bisa menyala. Terima kasih

  39. Nim:5202418007
    Nama: Teguh Kurniawan
    4.tidak benar
    Karena Tr3 hanya memutus dan menghubungkan arus agar lampu pengisian bisa nyala maupun padam. Jadi ketika Tr3 rusak maka hanya lampu pengisian saja yang padam dan tidak terjadi undercharger

  40. 5202418018
    MEIWAN ADI SETIO UTOMO

    1. Benar, mengapa? Karena ketika Tr1 bekerja arus mengalir dari baterai ke terminal B, selanjutnya ke kumparan rotor (rotor coil), terminal F, C Tr1, E Tr1, kemudian massa. Aliran arus ke kumparan rotor tersebut menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor. Di sisi lain arus juga mengalir ke B Tr3 dan E Tr3 dan menyebabkan lampu L menyala ketika kontak ON mesin belum hidup. Sistem pengisian siap bekerja.

  41. 5202418018
    MEIWAN ADI SETIO UTOMO

    2. Tr3 dapat off ketika mesin hidup kenapa? Karena ketika mesin hidup, maka rotor yang sudah terjadi medan magnet berputar sehingga kumaparan stator sudah menghasilkan tegangan. Sehingga arus dari ujung stator ada yang mengalir melalui terminal P. Pada saat ini arus dari MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke basis (B) Tr2, sehingga Tr2 jadi ON dan menghentikan arus ke B Tr3 hal ini menyebabkan Tr3 menjadi OFF. Hal ini menyebabkan lampu L mati karena aliran arus dari lampu ke massa terhenti.

  42. 5202418018
    MEIWAN ADI SETIO UTOMO

    3. Salah. Karena ketika terjadi kerusakan pada Tr1, maka arus yang mengalir dari MIC ke kaki B Tr1 tidak dapat diteruskan ke E Tr2 sehingga tidak terhubung ke massa. Karena arus tidak dapat mengalir ke kumparan rotor, hal ini menyebabkan medan magnet pada kumparan rotor akan hilang karena tidak ada arus mengalir ke kumparan rotor dan pengisian tidak bekerja. Jadi kesimpulanya ketika Tr1 rusak maka arus yang mengalir ke kumparan rotor saat kunci ON tidak ada sehingga pada kumparan tersebut tidak terjadi medan magnet, akibatnya arus yang dihasilkan stator kecil (undercharge) atau justru tidak ada sama sekali, jadi bukan overcharge…mahasiswa tersebut salah dan kurang belajar.

  43. 5202418018
    MEIWAN ADI SETIO UTOMO

    4. Salah. Karena ketika Tr3 rusak arus yang mengalir dari ujung kumparan stator menuju B Tr3 dan E Tr3 tidak dapat diteruskan ke massa sehingga Tr3 tidak dapat ON. Sehingga ketika arus dari Tr2 ON maka Tr3 tetap OFF hal ini menyebabkan lampu L tidak menyala. Jadi ada 2 kemungkinan saat Tr3 rusak yaitu lampu pengisian tetap menyala saat mesin hidup atau tidak menyala sama sekali sehingga kita tidak dapat mengetahui indikator sistem pengisian bekerja atau tidak. Kesimpulnya ketika Tr3 rusak maka tidak menyebabkan terjadinya undercharger.

  44. Nim : 5202418001
    Nama : Janahtan Firdaus

    1. Menurut saya pernyataan diatas benar karena fungsi Tr1 memang berfungsi untuk memutuskan dan mengalirkan arus dari baterai ke kumparan rotor. Jika Tr1 on maka arus dari baterai akan akan menuju ke kaki basis dari Tr1 dan mengakibatkan Tr1 aktif sehingga arus dapat mengalir ke kumparan rotor. Adanya arus dalam kumparan rotor maka akan timbul kemagnetan.

  45. Nim: 5202418001
    Nama: janahtan firdaus

    2. Lampu pengisian akan padam jika Tr3 off karena aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnyaTr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, ke terminal L , dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat 2 aliran arus dari L dan kunci kontak, maka tidak ada perbedaan beda tegangan di antara kaki-kaki lampu sehingga lampu menjadi padam (lampu juga mati karena tidak mendapat massa dari Tr3).

  46. 5202418019

    3. Salah, karena menurut saya Tr1 sendiri berfungsi untuk menghubungkan arus dari baterai ke kumparan rotor sehingga jika Tr1 rusak maka kumparan rotor tidak ada Medan magnet sehingga tidak mungkin bisa overcharge

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      ingin menambahkan bahwasanya Fungsi utama Transistor Tr1 pada rangkaian di atas berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut. JADI jika Tr1 Putus maka menyebabkan arus tidak mengalir dari b baterai keterminal B dan aliran tidak sampai ke kumparan rotor alias tidak sampai maka tidak akan terjadi OVERCHARGER.

    • Menambahkan
      karena jika Tr1 rusak maka arus yang mengalir ke kumparan rotor juga terputus dan medan magnet pada rotorpun juga hilang. Sehingga tidak terjadi overcharge karena tegangan di terminal p menurun

  47. 5202418011

    3. Pernyataan mahasiswa A salah. Karena Fungsi Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut. Jadi jika Tr1 Putus maka arus tidak mengalir dari b baterai ke terminal B dan aliran akan terputus sehingga tidak akan sampai ke kumparan rotor. Jadi tidak akan ada terjadinya overcharge.

  48. 5202418019

    4. Salah , karena tr3 sendiri untuk menghidupkan/mematikan lampu pengisian dan jika rusak maka lampu pengisian akan mati dan pengisian tidak akan undercharge

  49. NIM : 5202418034

    1.) Pernyataan tersebut benar, karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Saat Tr1 bekerja (ON) maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> kumparan rotor-> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Akibatnya pada kumparan rotor timbul medan magnet.

  50. NIM : 5202418034

    2.Karena pada saat mesin hidup maka rotor yang sudah menjadi magnet berputar yg diputar oleh putaran poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian oleh dioda penyearah tegangan ini diubah menjadi DC. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan maka arus salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke basis(B) tr2 sehingga tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B tr3 sehingga tr3 menjadi OFF. dan karena tr3 OFF maka aliran arus lampu ke massa melalui tr3 terhenti dan lampu menjadi padam karena tidak mendapat massa.

  51. NIM : 5202418034

    3. Pernyataan dari Mahasiswa A salah, karena fungsi dari Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus dari baterai ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Oleh karena itu jika Tr1 rusak maka tidak akan terjadi medan magnet pada kumparan rotor sehingga tidak terjadi pengisian baterai.

  52. NIM : 5202418034

    4. Menurut saya pernyataan dari mahasiswa B itu tidak benar, karena Tr3 berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus ke lampu pengisian, jika Tr3 rusak maka lampu pengisian akan padam, sehingga tidak akan terjadi undercharge.

  53. 5202418003
    muhammad syamsuddin nurul iman
    3. Menurut saya pernyataannya salah, karena fungsi dari Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumpara rotor. Jika Tr1 rusak maka arus yang mengalir ke kumparan rotor akan terhenti jika arus yang mengalir ke Tr1 terputus maka Tr1 akan OFF dan medan magnet pada rotor akan hilang.

  54. 5202418003
    muhammad syamsuddin nurul iman
    4. Salah, jika Tr3 rusak maka tidak akan terjadi undercharger pada sistem pengisian. Hanya saja Tr3 akan mati /OFF dan tidak ada arus yang mengalir ke basis Tr3. Jadi, sistem pengisian akan tetap berjalan seperti biasa.

    • Menambahkan
      Karena Tr3 hanya memutus dan menghubungkan arus agar lampu pengisian bisa nyala maupun padam. Jadi ketika Tr3 rusak maka hanya lampu pengisian saja yang padam dan tidak terjadi undercharger

  55. 5202418033

    1)Benar, karena fungsi dari Tr1 sendiri yaitu mengontrol arus yang mengalir kekumparan rotor. Baik memutuskan/menghubungkan maupun kuat/lemahnya arus pada kumparan rotor tersebut.

    • Sependapat, dan menambahkan sedikit bahwasannya pada saat Tr1 aktif maka arus dari baterai akan mengalir ke terminal B lalu ke slip ring (+), masuk ke kumparan rotor, lalu ke slip ring (-), kemudian ke terminal F lalu ke kaki colector Tr1, terus ke Emitor Tr1 kemudian berakhir ke massa. Karena arus yang mengalir pada kumparan rotor inilah yang kemudian menyebabkan kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet.

  56. 5202418023
    1. pernyataan tersebut benar. karena pada saat Tr1 aktif, Tr1 mengalirkan arus ke terminal B, ke kumparan rotor, terminal F, C Tr1 dan ke E Tr1 kemudian ke massa. aliran arus yang ke kumparan rotor tersebut menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor

  57. 5202418033

    2)Karena ketika mesin hidup dan terminal kabel yang menghubungkan putus, maka MIC akan mendeteksi bahwa tidak ada input pada terminal S, sehingga MIC akan meng OFF kan Tr2 dan meng ON kan Tr3. Dengan Tr3 ON maka lampu akan menyala.

  58. 5202418013
    2. Pada peristiwa tersebut terjadi karena aliran arus ke B Tr3 terhenti sehingga Tr3 OFF dan aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 juga terhenti akibatnya lampu menjadi padam karena tidak mendapatkan massa. Pada saat ini aliran arus ke Tr3 terhenti karena arus pada salah satu ujung kumparan stator mangalir ke terminal P dan digunakan oleh MIC untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi bekerja/ON, karena Tr2 ON maka arus ke Tr3 akan terhenti dan off.

  59. 5202418023
    2.pada saat mesin hidup. aliran arus yang diolah oleh MIC mengalirkan arus ke (B) Tr2 sehinggal Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus yang ke Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. karena Tr3 OFF maka arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu menjadi padam.

  60. 5202418023
    3. pernyataan mahasiswa A salah. karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor. jika Tr1 rusak maka arus tidak dapat mengalir ke rotor dan rotor tidak dapat menghasilkan medan magnet sehingga sistem pengisian tidak dapat berjalan atau tidak dapat terjadi proses pengisian.

  61. 5202418033

    3) Pernyataan dari mahasiswa A salah, karena pada Tr1 sendiri berfungsi untuk mengontrol arus mengalir kekumparan rotor yang berasal dari baterai. Dan ketika Tr1 rusak maka kumparan rotor tidak bisa menghasilkan medan magnet, hal ini menyebabkan medan magnet pada kumparan rotor tersebut akan hilang karena tidak ada arus yang mengalir ke kumparan rotor. Sehingga tidak akan terjadi overcharge.

  62. 5202418033

    4) pernyataan mahasiswa B kurang tepat, karena ketika Tr3 rusak, itu hanya berpengaruh ke lampu kepengisian. Sehingga lampu pengisian tidak menyala dan tidak mengakibatkan undercharge.

  63. 5202418011

    4. Pernyataan tersebut menurut saya tidak benar, karena Jika Tr3 rusak maka lampu pengisian akan mati dan pengisian pun tidak akan undercharge.

  64. 5202418013
    3. Pernyataan mahasiswa A tersebut salah, jika Tr1 rusak, maka arus dari terminal B alternator tidak dapat mengalir ke rotor coil dan akibatnya adalah medan magnet pada rotor coil drop, jika medan magnet pada rotor coil drop menyebabkan output dari stator coil menjadi drop juga, sehingga tidak akan terjadi overcharge.

  65. Nim: 5202418001
    Nama: Janahtan Firdaus

    3. Pernyataan mahasiswa SALAH. Karena Tr1 itu berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus menuju ke kumparan rotor. Jika Tr1 mengalami kerusakan maka yang akan timbul justru sebaliknya yaitu sistem pengisian tidak menghasilkan tegangan output karena tidak terjadi medan magnet pada kumparan rotor akibat tidak ada arus yang mengalir. Arus dari baterai mengalir hanya ke massa saja melalui Tr2.

  66. 5202418009
    3.Pernyataan tersebut tidak bener karena jika Tr1 tidak berfungsi dan Medan magnet pada kumparan rotor sehingga tidak terjadi pengisian pada baterai.

  67. Nim: 5202418001
    Nama: janahtan firdaus

    4. Menurut saya pernyataan diatas salah. Karena sejatinya fungsi Tr3 hanya berfungsi untuk mengatur nyala dan padamnya lampu pengisian. Jika Tr3 mengalami kerusakan maka efek yang timbul hanya lampu indikator tetap menyala walaupun mesin sudah hidup dan tidak ada pengaruhnya terhadap output tegangan alternator jadi output alternator masih stabil. L

  68. Ahmad Kholilur Rohman
    5202418030
    1.benar karena pada saat tr1 bekerja atau arus dari batrey menuju kunci kontak,ketika kunci kontak on arus menuju b regulator dan e regulator yang kemudian di salurkan ke massa,ketika arus sudah sampai massa arus besar dari batrey langsung menuju ke rotor,f alternator,c regulator,e regulator dan ke massa,ketika arus sudah sampe massa rotor menimbulkan medan maghnet.

  69. NIM :5202418006
    Nama: Lulu’ul Janah

    1. Pernyataan tersebut benar, Karena fungsi dari Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Jadi pada saat Tr1 On menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, lalu ke kumparan rotor, ke terminal F, ke C Tr1, lalu ke massa. Aliran arus ke kumparan rotor inilah yang menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor.

  70. NIM : 5202418006
    Nama: Lulu’ul Janah

    2. Pada saat mesin hidup, arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P lalu alian arus diolah oleh MIC dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 ON dan menghentikan arus yg mengalir ke B Tr3 menyebabkan Tr3 menjadi OFF. Pada saat Tr3 off, aliran arus yang mengalir dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa. karena lampu mendapat aliran arus dari L dan KK, maka tidak ada perbedaan tegangan sehingga lampu menjadi padam karena tidak mendapat massa dari Tr3.

  71. NIM : 5202418006
    Nama: Lulu’ul Janah

    3. Pernyataan mahasiswa A salah karena fungsi dari Tr1 sendiri yaitu untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor dan untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Jadi, jika Tr1 rusak maka tidak ada arus yang mengalir ke kumparan rotor dan kumparan rotorpun tidak ada medan magnetnya.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      Ingin menambahkan dari jawaban mbak lulu,Pernyataan tersebut memang SALAH Karena Fungsi utama Transistor Tr1 pada rangkaian di atas berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut. JADI jika Tr1 Putus maka menyebabkan arus tidak mengalir dari b baterai keterminal B dan aliran tidak sampai ke kumparan rotor alias tidak sampai maka tidak akan terjadi OVERCHARGER.

  72. NIM : 5202418006
    Nama: Lulu’ul Janah

    4. Pernyataan mahasiswa B salah karena jika Tr3 rusak hal yang terjadi yaitu lampu pengisian tidak menyala dan pengisian tidak akan terjadi undercharge.

  73. 5202418031

    1. Pernyataan tersebut benar karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.
    Saat Tr1 bekerja (ON) maka arus dari baterai mengalir ke slip ring positif – Rotorua coil -slip ring negatif – C Tr1 – E Tr1 – massa. Akibatnya pada kumparan rotor coil timbul medan magnet.

  74. 52024180031

    2. Setelah mesin hidup ,arus pada salah satu ujung kumparan stator mangalir ke terminal P dan digunakan oleh MIC untuk mengalirkan arus B Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF, aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti maka lampu menjadi padam karena tidak mendapatkan massa.

    • NAMA : FAIZAL AGIL ARIEF SETYADI
      NIM : 5202418002

      Ingin menambahkan dari jawaban mbak maria . Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup karena tegangan yang sudah disearahkan oleh dioda Penyarah menjadi DC.Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan,maka arus pada salah satu ujung kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini Oleh MIC ini diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 Menjadi OFF.Maka akibat Tr3 OFF mengakibatkan aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 Terhenti

  75. 5202418931

    3. Pernyataan dari mahasiswa A tidak benar karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor dari batarai untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor. Jika Tr1 rusak maka arus tidak dapat mengalir ke kumparan rotor dan tidak terjadi medan magnet pada kumparan rotor sehingga tidak terjadi pengisian pada baterai.

  76. 5202418031

    4. Menurut saya pernyataan dari mahasiswa tersebut tidak benar, karena Tr3 berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus ke lampu pengisian, jika Tr3 rusak lampu pengisian akan padam, sehingga tidak akan terjadi undercharge.

  77. 5202418039
    1) pernyataan tersebut benar, Krn Pada saat mesin hidup maka alternator berputar, sehingga stator coil menghasilkan Medan magnet shg timbul arus listrik. Adanya arus pada terminal P dideteksi oleh MIC sehingga MIC merubah dari posisi putus-putus pada Tr1 menjadi ON terus. Dengan Tr1 ON maka arus bari baterai ke rotor coil menjadi besar, kemagnetan menjadi besar, arus yang dibangkitkan menjadi tinggi.

  78. 5202418004
    1. Tr1 pada dasarnya berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.
    Saat Tr1 pada keadaan on, Tr1 mengalirkan arus ke terminal B, ke kumparan rotor, terminal F, C Tr1 dan ke E Tr1 kemudian ke massa. aliran arus yang ke kumparan rotor tersebut menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor sehingga kumparan rotor timbul medan magnet
    Jadi pernyataan diatas benar.

  79. 5202418004
    2. Setelah mesin hidup , rotor yang sudah menjadi magnet berputar yg diputar oleh putaran poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan strator menjadi terjadi tegangan AC. Yang kemudian oleh dioda penyearah tegangan ini diubah menjadi DC. arus dari salah satu ujung kumparan stator mangalir ke terminal P dan digunakan oleh MIC untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi bekerja(ON) dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF yang mengakibatkan aliran arus dari lampu ke massa melalui tr3 terhenti sehingga lampu menjadi padam karena tidak mendapatkan massa

  80. 5202418004
    3.Pernyataan tersebut tidak benarr karena jika Tr1 tidak berfungsi tidak akan terjadi pengisian pada baterai. Karena Tr1 berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir dari baterai ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor

    • 5202418004
      4. Saat Tr3 rusak hanya lampu pengisian saja yang padam dan tidak terjadi undercharger karena Tr3 hanya memutus dan menghubungkan arus agar lampu pengisian bisa nyala maupun padam.

  81. Nim : 5202418020

    1. Benar, karna Tr1 pada rotor coil berfungsi untuk memutuskan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan pada kumparan rotor.

  82. Nim : 5202418020

    2. Setelah mesin hidup rotor berkerja di putar oleh poror engkol melalui tali kipas dan di searahkan oleh oleh dioda penyearah lalu mengalir ke terminal P, arus di olah oleh MIC untuk mengalirkan bassis(B) Tr2 sehinggga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF,maka lampu padam karna tidak dapan massa dari Tr3.

  83. Nim : 5202418020

    3. Salah , karna fungsi Tr1 seperti yang sudah dijelaskan jawaban nomer 1 di atas yaitu untuk memutuskan dan menghubungkan arus yang mengalir dari baterai ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pad kumparan rotor.

  84. 5202418030
    Ahmad kholilur Rohman
    2.ketika tr 3 off lampu kok bisa mati di sebabkan karena massa pada lampu terputus,massa terputus di sebabkan karena output alternator yang mulai pengisian pada batrey arus yang mula”nya ac di searahkan oleh dioda menjadi arus dc,pada saat itu arus mengalir ke terminal p dan ke mic,dan saat itu arus ke tr3 terhenti karena arus dari mic menuju terminal b dan e menuju massa,saat itu arus dari massa hilang, tr3 off dan massa ke lampu hilang

  85. 5202418024

    1. Benar saat tr1 on maka arus dari baterai mengalir ke B, ke kump rotor, ke terminal f, ke tr1 ke massa. Terjadilah medan magnet di kumparan rotor

  86. 5202418024

    2. Karena kumparan staor menghasilkan tegangan maka arus dari mengalir dari terminal P. Arus ini oleh MIC digunakan untuk mengaktifkan tr2 dan menghentikan arus ke tr3 sehingga tr3 off

  87. 5202418032

    1) menurut saya benar.
    Karena fungsi dari Tr1 adalah untuk menghubungkan atau memutus arus yg mengalir ke kumparan rotor dan untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.
    Saat Tr1 ON. Arus dari baterai mengalir ke slip ring (+), lalu ke kumparan rotor, kemudian ke slip ring (-), lalu ke C Tr1 setelah itu ke E Tr1 dan ke massa. Berikut adalah alur agar terjadi kemagnetan pada kumparan rotor.

  88. 5202418024

    3. Saat tr1 rusak maka tidak terjadi kemagnetan di rotor. Maka tidak ada tegangan output alternator. Jadi pernyataan itu salah

  89. 5202418030
    Ahmad kholilur Rohman
    3.menurut saya salah karena fungsi utama dari transistor tr1 sendiri adalah memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor tersebut.jadi ketika tr1 rusak arus tidak dapat mengalir sampai ke massa,dan arus besar dari batrey tidak bisa mengalir ke stator,dan ke massa,akibatnya rotor tidak menimbulkan medan maghnet,jadi ketika rotor tidak menimbulkan medan maghnet rotor tidak dapat berputar dan tidak akan terjadi overcharge .

  90. 5202418032

    2) yg menyebabkan Tr3 off adalah adanya arus yg mengalir dari kumparan stator menuju ke terminal P, yg kemudian dialirkan kembali oleh MIC menuju B Tr2 yg mengakibatkan Tr2 on.
    Jika Tr2 on maka Tr3 akan off. Saat Tr3 off lampu tidak bisa mengalirkan arus ke massa, dan lampu tidak bisa menyala.

  91. 5202418030
    Ahmad kholilur Rohman
    4.menurut saya itu pernyataan yang salah, karena tr3 itu memutuskan atau menghubungkan arus ke lampu indikator,ketika tr3 rusak lampu indikator akan tetap nyala walaupun mesin sudah hidup dan sudah terjadi pengisian,jadi tr3 ini tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan overcharger pada sistem pengisian.

  92. 1. Benar karena fungsi Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor. Dan pada saat Tr1 on hal ini menyebabkan arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> rotor koil -> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Dan mengakibatkan rotor coil timbul kemagnetan.

  93. 5202418024

    4. Pernyataan diaatas salah, karena ketika tr3 rusak tidak terjadi undercharge. Yg menyebabkan undercharge yaitu ketika terminal S putus. Saaf terminal S putus lampu pengisian menyala maka tr1 off. Tr1 off kumparan rotor tidak ada kemagnetan. Yang menyebabkan tegangan terminal P turun sampai di bawah 16 v maka MIC akan kembali mengaktifkan tr1 dan rotor terjadi kemagnetan. Hal ini terjadi berulang kali. Kondisi lampu pengisian tetap menyala untuk memberi indikator kerusakan kepada pengemudi

  94. 5202418009
    2.Karena aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapatkan massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, kr terminal L dan kemudian ke lampu pengisian. Lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki-kaki lampu sehingga lampu pada. Karena tidak mendapat massa dari Tr3.

  95. 5202418009
    4.Tidak benar jika pada Tr3 rusak atau tidak berfungsi yang terjadi pada lampu pengisian akan tidak menyala dan yang akan terjadi pengisian pada baterai menyebabkan tidak undercharge.

  96. 2. Karena setelah mesin hidup kumparan Stator sudah menghasilkan tegangan maka arus pada salah satu ujung kumparan Stator mengalir ke terminal P. Dimana terminal P terhubung dengan MIC dan mengirkan arus ke basis (B) Tr2 sehingga Tr2 On dan menghentikan arus B Tr3 hingga Tr3 off (karena off maka aliran arus lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu pengisian padam).

  97. 3. Pernyataan mahasiswa salah. Karena Tr1 itu berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus menuju ke kumparan rotor. Jika Tr1 mengalami kerusakan maka yang akan timbul justru sebaliknya yaitu sistem pengisian tidak menghasilkan tegangan output karena tidak terjadi medan magnet pada kumparan rotor akibat tidak ada arus yang mengalir. Arus dari baterai mengalir hanya ke massa saja melalui Tr2.

  98. 4. Salah. Jika Tr3 rusak,maka lampu tidak akan terhubung ke ground sehingga lampu tidak bisa menyala. Peristiwa ini tidak akan berpengaruh pada arus/medan magnet pada rotor coil, sehingga tegangan output stator coil tidak akan terpengaruh.

    • 5202418039
      Karena ketika mesin hidup, kumparan stator menghasilkan tegangan. Sehingga sebagian arus dari ujung stator mengalir melalui terminal P. Pd saat itu jg arus dari MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke basis (B) Tr2, sehingga Tr2 jadi ON dan menghentikan arus ke B Tr3 hal ini menyebabkan Tr3 menjadi OFF. Hal ini menyebabkan lampu L mati karena aliran arus dari lampu ke massa terhenti. Tr3 juga berfungsi menggroundkan lampu indikator. Pada saat Tr3 ON maka lampu akan menyala Krn trhbung dgn ground, sedangkan saat Tr3 OFF dimana lampu tidak terhubung ke ground sehingga lampu padam.

  99. 5202418014 setya wardani
    1. Pernyataan di atas benar karena TR 1 aktifnya TR 1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, ke kumparan rotor coil. Ke terminal f, ke c Tr1, ke E Tr1, kemudian masa. Aliran arus ini menyebabkan terjadinya kemagmitan pada rotor

  100. 5202418014 setya wardani
    2. Setelah mesin hidup Aliran arus ini oleh mic diolah digunakan untuk mengalirkan arus basis TR2 menjadi On dan menghentikan aliran arus TR3 sehingga TR3 menjadi of . Karena TR3 of maka aliran arus dari lampu ke massa melalui TR3 terhenti sehingga lampu tidak mendapatkan massa dan padam

  101. 5202418014 setya wardani
    3. Pernyataan di atas salah karena rusaknya TR1 membuat gagal fungsinya altenator untuk menghasilkan medan magnet..sehingga tidak mungkin terjadi overchage. Ada indikasi Bisa jadi altenator tidak bisa melakukan pengisian jika TR1 rusak

  102. 5202418013
    4. Pernyataan mahasiswa B salah, karena jika Tr3 rusak tidak akan terjadi undercharge pada pengisian , karena fungsi Tr3 hanya untuk menghubungkan dan memutuskan lampu pengisian. Jika Tr3 rusak maka hanya lampu pengisian saja yang akan padam.

  103. 5202418039
    3)Pernyataan mahasiswa A kurang tepat, karena pd saat itu Medan magnet pada rotor coil itu justru menjadi drop, maka dari itu tegangan output yang dihasilkan oleh stator coil juga ikut drop drop. Sehingga ketika Tr1 rusak tidak terjadi overcharge, tetapi undercharge.dimana Undercharger adalah kondisi sebuah alternator atau pembangkit listrik yang ada pada sebuah kendaraan tidak mampu mensuplay kebutuhan sistem kelistrikan

  104. 5202418039
    4) Pernyataan tersebut TDK trpat, justru salah satu penyebab terjadinya undercharge yaitu ketika Tr1 yg rusak, sedangkan jika Tr3 rusak maka arus yang mengalir dari ujung kumparan stator menuju B Tr3 dan E Tr3 tidak dapat diteruskan ke massa sehingga Tr3 tidak dapat ON, karena Tr3 jg berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus ke lampu pengisian, jika Tr3 rusak lampu pengisian akan padam, sehingga tidak akan terjadi undercharge.

  105. 5202418015
    1. Benar, karena pada dasarnya Tr1 sendiri berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus yang masuk ke kumparan rotor, berdasarkan sinyal/arus dari MIC. Pada saat Tr1 aktif maka arus dari baterai akan mengalir ke terminal B lalu ke slip ring (+), masuk ke kumparan rotor, lalu ke slip ring (-), kemudian ke terminal F lalu ke kaki colector Tr1, terus ke Emitor Tr1 kemudian berakhir ke massa. Karena arus yang mengalir pada kumparan rotor inilah yang kemudian menyebabkan kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet.

  106. 5202418027
    1.Benar, karena aliran arus dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor (rotor coil) yang kemudian menuju terminal F, ke C Tr1 dan ke E Tr1 menyebabkan medan magnet pada kumparan rotor dikarenakan kumparan rotor dialiri arus tersebut

  107. 5202418035

    1.benar. karena fungsi Tr1 adalah untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor. Dan pada saat Tr1 on hal ini menyebabkan arus dari baterai mengalir ke slip ring positif -> rotor koil -> slip ring negatif -> C Tr1 -> E Tr1 -> massa. Dan mengakibatkan rotor koil timbuk kemagnetan

  108. 5202418035

    2.2) untuk bisa membuat Tr3 off adalah karena adanya arus yg mengalir dari kumparan stator menuju ke terminal P, lalu dialirkan kembali oleh MIC menuju B Tr2 yg mengakibatkan Tr2 on.
    Jika Tr2 on maka Tr3 akan off. Saat Tr3 off lampu tidak mendapatkan arus dari massa, oleh karena itu lampu tidak bisa menyala.

  109. Setelah mesin hidup, maka rotor yang telah menjadi magnet berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus padasalah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke CTr2, ke terminal L, dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada per bedaan tegangan di antarakaki-kaki lampu serta lampu juga tidak mendapat massa dari Tr3 sehingga lampu padam

  110. 5202418027
    2.Setelah mesin hidup, maka rotor yang telah menjadi magnet berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus padasalah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke CTr2, ke terminal L, dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada per bedaan tegangan di antarakaki-kaki lampu serta lampu juga tidak mendapat massa dari Tr3 sehingga lampu padam

  111. 5202418015
    2. Pada saat mesin hidup,berputarnya rotor karena putaran poros engkol yang terhubung melalui tali kipas. Pada kumparan stator juga sudah menghasilkan tegangan output dan pada salah satu hubungan kumparan stator dihubungkan pada MIC. Arus dari MIC ini yang kemudian mengaktifkan Tr2 sehingga arus yang dari terminal IG juga akan mengalir ke Tr2 lalu ke terminal L. Sebelumnya lampu indikator pengisian menyala karena pada saat terminal L terhubung dengan Tr3 yang aktif ke massa. Sehingga pada saat terminal L diberi arus dari Tr2 akan memutuskan lampu dengan massa, akibatnya lampu indikator pengisian padam.

  112. 5202418035

    3. Pernyataan dari mahasiswa tersebut salah .di karenakan jika Tr1 rusak maka yang terjadi tidak ada aliran arus dari dioda yang menuju kumparan rotor dan ke massa,sehingga tidak ada medan magnet pada kumparan rotor,lalu efeknya yg terjadi ketika medan magnet pada rotor coil itu drop,maka tegangan output yang dihasilkan oleh stator coil juga ikut ak drop,bukan over.alhasil yang terjadi tegangangan pengisian arusnya di bawah dari arus standar bahkan bisa saja tidak ada.

  113. 5202418027
    3.Jelas jelas salah, jika Tr1 rusak tidak akan terjadi overcharge tapi undercharge karena arus dari diode yang menuju kumparan rotor melauli Tr1 akan terhenti dan medan magnet kumparan rotor akan hilang dan dampaknya tegangan output dari stator coil juga menurun maka disitu akan terjadi undercharge

  114. 5202418035

    4. Pernyataan mahasiswa B salah Jika Tr3 rusak tidak akan terjadi undercharge, karena fungsi dari Tr3 yaitu untuk mengatur padam atau menyalanya lampu indikator pengisian sebelum mesin di hidupkan ataupun sesudah di hidupkan.

  115. 5202418027
    4.Jelas jelas tidak benar, jika Tr3 rusak tidak akan terjadi undercharge dalam sistem pengisian karena tidak ada pengaruhnya terhadap kemagnetan rotor coil dan bila Tr 3 rusak maka hanya menyebabkan lampu tidak menyala karena fungsi dari Tr3 hanya sebagai penghubung lampu dengan ground

  116. 5202418015
    3. Salah, apabila Tr1 rusak maka tidak akan terjadi overcharge melainkan sebaliknya. Karena fungsi dari Tr1 untuk memutuskan dan menghubungkan arus yang masuk ke kumparan motor. Jadi apabila Tr1 rusak maka arus yang mengalir ke kumparan rotor juga terhenti, akibatnya kumparan rotor koil tidak ada kemagnetan dan membuat kumparan stator tidak menghasilkan tegangan output.

  117. 5202418022

    1)menurut saya Benar, karena fungsi dari Tr1 sendiri yaitu mengontrol arus yang mengalir kekumparan rotor. Baik memutuskan/menghubungkan maupun kuat/lemahnya arus pada kumparan rotor tersebut.

  118. 5202418022

    2)Karena ketika mesin hidup dan terminal kabel yang menghubungkan putus, maka MIC akan mendeteksi bahwa tidak ada input pada terminal S, sehingga MIC akan meng OFF kan Tr2 dan meng ON kan Tr3. Dengan Tr3 ON maka lampu akan menyala.

  119. 5202418022

    3) Pernyataan dari mahasiswa A salah, karena pada Tr1 sendiri berfungsi untuk mengontrol arus mengalir kekumparan rotor yang berasal dari baterai. Dan ketika Tr1 rusak maka kumparan rotor tidak bisa menghasilkan medan magnet, hal ini menyebabkan medan magnet pada kumparan rotor tersebut akan hilang karena tidak ada arus yang mengalir ke kumparan rotor. Sehingga tidak akan terjadi overcharge.

  120. 5202418022

    4.) Pernyataan dari mahasiswa B tidak benar Jika Tr3 rusak tidak akan terjadi undercharge, karena fungsi dari Tr3 yaitu untuk mengatur padam atau menyalanya

  121. 5202418032

    3) menurut saya salah.
    Jika Tr 1 rusak, tidak ada arus yg mengalir ke kumparan rotor, dan tidak timbul kemagnetan pada kumparan rotor. Jika demikian, tidak terjadi pengisian ada baterai apalagi overcharge.
    Tr 1 fungsinya untuk menghubungkan atau memutus arus yg mengalir dari baterai menuju kumparan rotor dan untuk mengatur kuat lemahnya medan magnet pada kumparan rotor.

  122. 5202418032

    4) menurut saya salah.
    Fungsi Tr 3 adalah untuk mengatur arus yg mengalir dari lampu pengisian ke massa.
    Jadi jika Tr 3 rusak, akibatnya lampu indikator pengisian akan padam. Tidak ada hubunganya dengan sistem pengisiannya apalagi sampai terjadi undercharge.

  123. 5202418015
    4. Salah, karena Tr3 sendiri tidak mempengaruhi arus yang mengalir ke rotor koil sehingga medan magnet rotor koil juga tidak terpengaruh begitu pula dengan tegangan output dari statornya. Jika hanya Tr3 saja yang rusak maka tidak akan terjadi undercharge melainkan lampu pengisan yang padam karena tidak memperoleh massa.

    Lalu yang menyebabkan undercharge adalah salah satunya apabila terminal S terputus, lalu MIC akan mendeteksinya bahwa tidak masukkan tegangan yang melalui terminal F, lalu berdasarkan masukkan terminal P juga MIC akan menghentikan aliran arus ke kaki Basis Tr1 sehingga Tr1 menjadi OFF, akibatnya arus yang mengalir ke kumparan rotor juga terputus yang mengakibatnya hilangnya kemagnetan pada kumparan rotor dan tegangan kumparan stator akan undercharge. Hilangnya kemagnetan pada kumparan rotor tadi menyebabkan turunnya pada terminal P dan jika mencapai dibawah 16 V maka MIC akan kembali mengalirkan arus ke B Tr1 sehingga Tr1 kembali ON dan arus ke kumparan rotor akan kembali mengalir. Hal ini akan terjadi berulang dan dalam kondisi ini lampu pengisian akan terus menyala untuk memberi peringatan kepada pengemudi untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

  124. DISKUSI YANG SANGAT MENARIK. Silakan di lanjut, jika ada yg kurang puas dari komentar teman2nya, di kelas nanti bisa kita bahas. Saya mengapresiasi diskusi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here