TEORI KELISTRIKAN OTOMOTIF (KAMIS)

102
509

Pada pembelajaran di kelas, sudah didiskusikan mengenai sistem pengisian dengan regulator elektronik. Untuk dapat mempelajari lebih dalam, pelajari gambar di atas dan silakan diskusikan hal-hal berikut:

  1. Kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet saat Tr2 bekerja. Benarkah pernyataan tersebut?
  2. Lampu pengisian akan padam jika Tr3 OFF. Bagaimana Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup?
  3. Mahasiswa A mengatakan bahwa jika Tr2 rusak, maka akan terjadi overcharge pada sistem pengisian. Benarkah pernyataan mahasiswa A tersebut? Jelaskan.
  4. Mahasiswa B mengatakan bahwa jika diode zener putus, maka akan terjadi undercharge pada sistem pengisian. Benarkah pernyataan mahasiswa B tersebut? Jelaskan.

Silakan diskusikan dengan teman-teman dan jawaban bisa ditulis di dalam kolom komentar. Perlu diperhatikan: 1) jawaban diawali dengan menuliskan NIM dan setiap mahasiswa membuat/merumuskan jawaban dengan versi masing-masing (tidak copy paste jawaban teman) meskipun hasil diskusi bersama, 2) Setiap soal di atas, jawabannya di tulis dalam satu kolom komen (tiap menjawab satu soal, langsung kirim/posting), soal nomor 2 dst ditulis dalam kolom komen yang terpisah (satu kolom komen hanya untuk menjawab satu soal saja). 3) setiap mahasiswa wajib memberi komentar, mengoreksi, atau menambahkan jika dirasa jawaban mhs lain kurang benar. 4) setiap mahasiswa dapat memberi komentar atau mengoreksi dengan jumlah yang tidak terbatas, setiap jawaban atau komentar yang benar akan mendapat point. Jawaban dan diskusi terhadap jawaban teman ditunggu sampai hari Sabtu, 30 November 2019 pukul 17.00. Selamat berdiskusi (DW).

102 COMMENTS

  1. 5202418073

    2. Arus dari kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu padam tidak mendapat massa dari Tr3

    • mohon maaf sebelumnya jika skemanya seperti gambar diatas maka lampu pengisian akan padam jika Tr3 ON. karena arus dari stator mengalir ke terminal P regulator kemudian ke dioda, ke R3, ke B Tr3, ke E Tr3, lalu ke massa, sehingga Tr3 menjadi ON dan Tr4 OFF.

  2. 5202418060

    1. Menurut saya Tidak Benar jika Kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet saat Tr2 bekerja, karena pada saat Tr2 bekerja atau ON maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet. hal itu disebabkan karena tidak adanya arus yang mengalir ke B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi off. Jadi arus yang semula dari R1 mengalir ke B Tr1 Akan pindah dan mengalir ke massa melalui C Tr2, ke E Tr2, dan ke massa.

  3. NIM 5202418067
    1. Pernyataan tersebut SALAH. Karena setelah mesin hidup, maka rotor (yang sudah menjadi magnet) berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. tegangan ini kemudian di searahkan menjadi DC oleh dioda penyearah. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF.

    • 5202418052

      No 1
      Menurut saya salah. Aliran arus saat Tr1 dan Tr3 ON. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor (rotor coil), ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa.Aliran arus ke kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet padakumparan rotor. Pada saat yang sama, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir daribaterai ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke kaki C Tr3, keE Tr3, kemudian ke massa. Aliran arus ini men yebabkan lampu pengisian menyala. Jadi yg menghasilkan medan magnet pada rotor coil bukan karena bekerjanya Tr2. Tapi hal ini disebabkan karena bekerjanya Tr1 dan Tr3. Justru saat Tr2 on/bekerja akan menyebabkan rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet.

  4. NIM 5202418067
    2. Tr3 menjadi OFF karena aliran arus ini oleh MIC diolqh dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, keterminal L, dan kemudian kelampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan diantara kaki kaki lampu sehingga lampu menjadi padam (lampu juga mati karena tidak mendapat massa dari Tr3).

  5. NIM 5202418067
    3. Berdasarkan fungsi transistor itu sendiri yakni sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung, stabilitas tegangan, modulasi sinyal, atau juga sebagai fungsi lainnya. Maka pernyataan dari mahasiswa A tersehut BENAR. Karena arus yang akan mengalir ke Tr2, jika Tr2 nya rusak maka tidak akan stabil atau berjalan lancar. Arus bisa masuk secara tinggi kedalam sistem pengisian dan bisa menyebabkan baterai mengalami overcharge.

  6. NIM 5202418067
    4. Melihat dari fungsinya dioda zener yang banyak digunakan sebagai pembatas tegangan untuk keperluan arus kecil (pada awalnya). Seiring perkembangan elektronika, sekarang banyak dioda zener yang di pakai untuk keperluan arus besar namun dengan komponem tambahan yang disematkan seperti transistor dan IC. Jadi, pernyataan dari mahasiswa B tersebuta adalah SALAH. karena fungsi lain dari dioda zener juga tidak dapat melewatkan tegangan listrik yang mengalir di bawah batas ambang spesifikasinya. Jika melewati ambang batas yang diizinkan, biasanya dioda zener menjadi sangat panas dan akhirnya rusak. Namun tidak mempengaruhi sistem pengisian yang menjadikan overcharge

    • Nim 5202418067
      Izin menqmbahkan min..
      Maaf untuk jawaban no 4 jikalau overcharge berati pernyataan tersebut salah. Tetapi ternyata pada no 4 yang di tanyakan yakni UNDERCHARGE.
      Berarti pernyataan mahasiswa tersebut benar dikarenakan dioda zener juga tidak dapat melewatkan tegangan listrik yang mengalir di bawah batas yang diizinkan, biasanya dioda zener menjadi sangat panas dan akhirnya rusak. Dan bisa menyebabkan UNDERCHARGE..
      Jadi pernyataan mahasiswa B tersebut BENAR.
      Makasih min, maaf kurang fokus baca soalπŸ™πŸ˜

    • Sedikit tambahan lagi min…
      Pernyataan mahasiswa B BENAR jika dioda zener putus maka akan terjadi UNDERCHARGE. Karena tidak ada yang membatasi tegangan yang masuk sehingga bisa menyebabkan undercharge.

  7. 5202418060

    2. jika berdasarkan rangkaian diatas lampu pengisian akan padam apabila Tr3 ON, karena saat mesin hidup kumparan rotor berputar dan menghasilkan arus listrik lalu di searahkan oleh dioda lalu dialirkan ke terminal B dan ke baterai sehingga terjadi pengisian, pada saat yang sama arus listrik yang di hasilkan oleh rotor di alirkan juga dari stator ke terminal P regulator kemudian ke dioda, ke R3, ke B Tr3, ke E Tr3, lalu ke massa, sehingga Tr3 menjadi ON dan Tr4 OFF. akibatnya lampu pengisian padam karena tidak ada massa, kemudian arus mengalir dari IG, ke R3, ke C Tr3, ke massa.
    jika yang ditanyakan bagaimana Tr3 off, maka justru pada saat kunci kontak ON dan mesin belum hidup, karena arus mengalir dari IG, ke R1, ke R2, ke B Tr4, ke E Tr4, ke massa. sehingga Tr4 menjadi ON, akibatnya arus mengalir dari baterai ke lampu pengisian lalu ke C Tr4 kemudian ke massa akibatnya lampu pengisian menyala. sedangkan pada Tr3 OFF.

  8. 5202418060

    3. pernyataan dari mahasiswa A BENAR jika Tr2 rusak bisa mengakibatkan overcharge pada bateray. hal itu di karenakan fungsi dari Tr2 adalah mengatur kerja (ON atau OFF) dari Tr1. jadi jika pada saat putaran mesin tinggi dan tegangan pada output alternator lebih dari 14 V, yang harusnya aliran arus mengalir ke Tr2 melalui R5, ke dioda, B Tr2, E Tr2, massa sehingga membuat Tr2 ON dan Tr1 OFF yang membuat Rotor Coil Drop. akan tetapi pada Tr2 mengalami kerusakan maka yang terjadi adalah bisa terjadi arus mengalir terus ke rotor coil melalui Tr1 sehingga medan magnet pada rotor coil kuat terus dan bisa terjadi overcharge.

  9. 5202418060

    4. pernyataan dari mahasiswa B BENAR jika dioda zener putus maka bisa mengakibatkan undercharge. hal itu di karenakan pada saat mesin putaran tinggi dan medan magnet pada rotor coil masih drop, tetapi dioda zener putus maka dioda zener tidak bisa menjadi posisi memblok arus padahal tegangan yang ada kurang dari tegangan kerjanya. akibatnya Tr2 akan menjadi ON terus sehingga tegangan pada output alternator menjadi kurang dari 14 V dan terjadi undercharge.

    • Nim : 5202418053

      Maaf, menurut saya penjelasan saudara keliru. Pada saat putaran tinggi justru disini peran dioda zener, dan hidup atau matinya Tr2 bergantung pada arus dari dioda zener. Jika dioda zener mati. Maka Tr2 OFF, dan Tr1 masih ON pada putaran tinggi. Akibatnya kemagnetan semakin kuat, Sehingga menyebabkan overcharge.

    • Nim : 5202418058

      Ingin mengoreksi jawaban dari Wendy, menurut saya pernyataan tersebut salah, karena saat tegangan output lebih dari 14 V, arus pada ZD akan tembus atau melebihi tegangan kerjanya. Apabila ZD rusak maka R2 tidak dapat mengalirkan arus ke ZD, dan arus tersebut akan tembus ke Tr2 tetapi dalam kondisi OFF, sedangkan Tr1 dalam kondisi ON sehingga ini akan terjadi overcharge

  10. 5202418052

    No 2
    Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus padasalah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MICdiolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ONdan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF,maka aliran arus dari lampu ke massa mela lui Tr3 terhenti sehingga lampu tidakmendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke CTr2, ke terminal L, dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat duaaliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada per bedaan tegangan di antarakaki-kaki lampu sehingga lampu padam (lampu juga mati karena tidak mendapatmassa dari Tr3).

  11. 5202418052

    No 1
    Menurut saya salah. Aliran arus saat Tr1 dan Tr3 ON. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor (rotor coil), ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa.Aliran arus ke kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet padakumparan rotor. Pada saat yang sama, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir daribaterai ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke kaki C Tr3, keE Tr3, kemudian ke massa. Aliran arus ini men yebabkan lampu pengisian menyala. Jadi yg menghasilkan medan magnet pada rotor coil bukan karena bekerjanya Tr2. Tapi hal ini disebabkan karena bekerjanya Tr1 dan Tr3. Justru saat Tr2 on/bekerja akan menyebabkan rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet.

  12. 5202418046
    No 1
    Salah, karena saat Tr2 bekerja atau menyala maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet. disebabkan karena tidak ada arus yang mengalir ke kaki B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi tidak aktif (OFF) . arus yang dari R1 mengalir ke B Tr1 dan mengalir ke massa melalui kaki C Tr2, ke E Tr2, dan ke massa.

  13. 5202418046
    No 2
    Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan di gunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr3 sehingga Tr3 menjadi Off .Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu padam tidak mendapat massa.

  14. 5202418049
    1. Menurut saya pernyataan tersebut salah. Rotor coil akan menghasilkan medan magnet akibat kerja dari Tr1. Sedangkan Tr2 baru bekerja apabila mesin sudah pada putaran tinggi dan output alternator melebihi 14 V. Tegangan tinggi tersebut mengakibatkan arus besar mengalir ke R2 dan diterima oleh dioda zener – B Tr2 – E Tr2 – massa.

  15. Nim : 5202418053

    1. SALAH. menurut saya jika Tr2 ON maka kemagnetan pada rotor akan drop, hal itu dikarenakan Arus yang semula mengalir dari R1 mengalir ke B Tr1 akan pindah dan mengalir ke massa melalui C Tr2 -> E Tr2 -> massa. Akibatnya B Tr1 tidak mendapatkan arus picu sehingga Tr1 menjadi off. Dengan demikian arus dari terminal B alternator tidak dapat mengalir ke rotor coil karena Tr1 off. Akibatnya adalah kemagnetan pada rotor coil drop.

    • Nim : 5202418058

      2. Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup, diawali oleh rotor yang berputar sehingga terjadi tegangan AC pada kumparan stator. Tegangan di searahkan menjadi DC oleh dioda penyearah. Maka arus mengalir ke terminal P, kemudian arus diolah oleh MIC dan dialirkan arus basis B Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga B Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, ke terminal L, dan ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki – kaki lampu sehingga menjadi LAMPU PADAM

  16. Nim : 5202418053

    3. BENAR, karena Apabila putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga. Bila output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener (ZD) akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada ZD tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus akan mengalir dari R2 ke ZD -> B Tr2 -> E Tr2 ke massa. Lalu apabila Tr2 rusak maka arus dari ZD tidak dapat mengalir ke B Tr2 akibatnya pada putaran tingi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge.

  17. Nim : 5202418053

    3. SALAH, karena Apabila putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga. Bila output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener (ZD) akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada ZD tersebut melebihi tegangan kerjanya. Lalu apabila ZD rusak maka arus dari R2 tidak dapat mengalir ke ZD akibatnya pada putaran tinggi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge bukan undercharge. Untuk putaran rendah dan sedang, mati atau tidaknya dioda zener tidak berpengaruh pada pengisian. Artinya jika dioda zener putus, pada saat putaran rendah atau sedang ( output alternator dibawah 14 V) maka proses pengisian masih normal.

      • Nim : 5202418058

        Ingin mengoreksi jawaban dari Wendy, menurut saya pernyataan tersebut salah, karena saat tegangan output lebih dari 14 V, arus pada ZD akan tembus atau melebihi tegangan kerjanya. Apabila ZD rusak maka R2 tidak dapat mengalirkan arus ke ZD, dan arus tersebut akan tembus ke Tr2 tetapi dalam kondisi OFF, sedangkan Tr1 dalam kondisi ON sehingga ini akan terjadi overcharge

  18. NIM :5202418058

    1. Kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet saat Tr2 bekerja. Menurut pendapat saya pernyataan tersebut SALAH, karena ketika arus kurang dari 14 V akan mengalir ke R1 – b Tr1 – c Tr1 dan e Tr1 – ke massa dan ke rotor coil, sehingga menimbulkan medan magnet. Akan tetapi ketika arus lebih dari 14 V akan di ubah alirannya ke R2 – dioda zener – b Tr2 – e Tr2 – massa. Arus yang mengalir dari R1 akan di alirkan ke c Tr2 – e Tr2 – massa. Menyebabkan Tr2 on dan Tr1 off, maka medan magnet pada rotor coil akan DROP

  19. 5202418055

    1. Menurut saya salah, Karena saat Tr2 on arus yang semula dari R1 mengalir ke B Tr1 akan pindah ke massa melalui C Tr2 menuju E Tr2 ke massa. Akibatnya B Tr1 tidak mendapat arus sehingga Tr1 off. Dan akibatnya medan magnet pada kumparan rotor menjadi Drop.

  20. 5202418055

    2.Arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan di gunakan untuk mengalirkan arus basis(B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan menjadi padam.

  21. 5202418055

    3.Transistor bekerja untuk memutus atau menghubungkan arus yang menuju ke rotor coil sesuai dengan kondisi output alternator. Tr2 berfungsi untuk mengatur kerja (ON atau OFF-nya) Tr1. Jadi mahasiswa A benar. Karena saaat Tr2 rusak. Tr 1 juga tidak akan berfungsi yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus yang mengalir ke kumparan rotor

  22. 5202418055

    4.menurut saya salah. Karena Dioda zener berfungsi untuk mengalirkan arus pada saat tegangan yang bekerja padanya melebihi tegangan kerja dari dioda zener.mengalir tidaknya arus dari dioda zener tergantung dari tinggi rendahnya tegangan yang berasal dari terminal B alternatif.

    • Nim : 5202418058

      Mau menambahkan saja, saat arus melewati ZD itu dalam kondisi overcharge sehingga arus masuk ke R2 ke ZD, karena ZD dalam kondisi putus maka arus yang mengalir tetap berjalan seperti biasa, tetapi Tr1 ON dan Tr2 OFF

  23. 5202418049
    2. Tr 3 dapat OFF saat mesin sudah hidup karena ketika mesin hidup sudah terjadi tegangan AC pada kumparan stator yang kemudian di serahkan oleh dioda. Akibatnya salah satu ujung stator mengalirkan arus ke terminal P kemudian diteruskan ke MIC dan dialirkan ke kaki basis Tr2 sehingga Tr2 ON dan menghentikan arus ke B Tr3, menjadikannya OFF. Maka arus massa lampu melalui Tr3 terhenti.

  24. NIM 5202418064

    No 1
    Menurut saya pernyataan tersebut salah, karena kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet jika yang bekerja adalah Tr1 bukan Tr2. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, ke kumparan rotor (rotor coil), ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa. Aliran arus ke kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor. Jika yang aktif atau yang bekerja itu Tr2 maka medan magnet pada kumparan rotor justru akan drop, karena arus dari terminal B alternator tidak dapat mengalir ke rotor coil karena Tr1 off.

  25. NIM 5202418064

    No 2
    Setelah mesin hidup, maka rotor berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Tegangan ini kemudian disearahkan menjadi DC oleh dioda penyearah. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti dan lampu tidak mendapat massa. Dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, ke terminal L, dan ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat 2 aliran arus dari L dan kunci kontak, maka lampu padam karena tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki-kaki lampu.

  26. 5202418046
    No 3
    karena fungsi dari Tr2 adalah mengatur kerja (ON / OFF) dari Tr1. pada saat putaran mesin tinggi dan tegangan pada output alternator lebih dari 14 V, yang harusnya aliran arus mengalir ke Tr2 melalui R5, ke dioda, B Tr2, E Tr2, massa sehingga membuat Tr2 ON dan Tr1 OFF yang membuat Rotor Coil Drop.
    mahasiswa A benar. arus yang akan mengalir ke Tr2, jika Tr2 rusak maka tidak akan stabil .kalau arus masuk secara tinggi kedalam sistem pengisian dan menyebabkan baterai bisa overcharger

  27. NIM : 5202418054

    1. Menurut saya kurang tepat, dikarenakan yang pertama kali dialiri arus dari baterai adalah Tr1 kemudian menuju massa , dan dalam waktu yang bersamaan juga arus mengalir ke Tr 3, dan menyebabkan keduanya menjadi aktif. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus dari baterai ke terminal B, ke kumparan rotor coil, ke terminal F, ke Tr1, kemudian ke massa. Arus yang mengalir ke kumparan ini menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor. Pada saat yang sama juga, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir dari mengalir pada baterai, ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke Tr3, kemudian ke massa. Aliran arus ini menyebabkan lampu pengisian menyala.

  28. NIM : 6202418054

    No.2
    Setelah mesin hidup, maka rotor (yang sudah menjadi magnet) berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Tegangan ini kemudian disearahkan menjadi DC oleh diode penyearah. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF,maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke CTr2, ke terminal L, dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki-kaki lampu sehingga lampu padam (lampu juga mati karena tidak mendapat massa dari Tr3).

    • NIM : 5202418054

      No.3
      Pernyataan dari mahasiswa ATEPAT. Fungsi dari Tr2 sendiri untuk mengatur ON dan OFF nya Tr1, jika output alternator yang masuk terlalu banyak pada Tr1 maka Tr2 yang akan bekerja, tetapi jika Tr2 rusak maka arus yang mengalir ke Tr1 ke kumparan rotor juga akan kelebihan tegangan terus dan menyebabkan overcharger pada sistem pengisian.

  29. NIM : 5202418051

    1 SALAH, karena pada saat Tr2 bekerja maka tidak ada kemagnetan atau kemagnetan drop pada rotor coil disebabkan oleh tidak adanya arus yang mengalir pada B Tr1 sehingga menjadi off dan arus dari terminal B tidak dapat mengalirkan arus ke rotor coil karena Tr1 off dan mengakibatkan kemagnetan drop pada rotor coil.

  30. NIM : 5202418051

    2. pada kumparan stator terjadi tegangan AC, yang kemudian diubah menjadi tegangan DC oleh dioda, karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan maka arus salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P, aliran arus oleh MIC digunakan untuk mengalirkan arus basis b Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF maka aliran arus lampu ke massa melalui Tr3 terhenti dan tidak dapat massa sehingga lampu padam.

  31. NIM : 5202418054

    No.4
    Pernyataan mahasiswa B KURANG TEPAT, karena diode zener digunakan untuk mendeteksi tegangan jika yang dihasilkan melebihi dari 14V. jika tegangan yang dihasilkan lebih dari 14V, maka tegangan itu akan terdeteksi oleh komponen aktif di dalam MIC berupa dioda zener melalui terminal S. Aliran arus melalui terminal S ini oleh MIC akan diolahdan difungsikan untuk menghentikan arus yang mengalir ke B Tr1, sehingga Tr1 menjadi OFF. jika Tr1 OFF maka aliran arus dari dioda yang menuju kumparan rotor dan ke massa melalui Tr1 akan terhenti sehingga medan magnet pada kumparan rotor menjadi hilang. Aliran arus dari terminal P tetap mengalir selama mesin hidup untuk mempertahankan Tr3 OFF dan Tr2 ON sehingga lampu pengisian tetap padam. Jika diode zener terputus maka arus yang melebihi 14V tetap mengalir ke Tr1 dan terus mengalir juga ke kumparan rotor dan menyebabkan overcharger, tetapi jika output tegangan yang dihasilkan tidak melebihi 14V maka sistem pengisian masih bekerja secara normal, karena belum terdeteksi oleh dioda zener.

  32. NIM : 5202418051

    3. BENAR, karena fungsi dari Tr2 adalah mengatur ON/OFF Tr1,jika Tr2 rusak maka tidak ada yang mengatur kerja Tr1 sehingga pada saat mesin hidup output alternator lebih dari 14 V, jika Tr1 akan off dan kemagnetan rotor coil akan drop, jika Tr2 rusak maka arus akan mengalir terus ke rotor coil dari Tr1 karena kerja Tr1 tidak ada yang mengatur sehingga terjadi overcharger.

  33. NIM : 5202418051

    4. SALAH, karena pada saat putaran mesin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga bila output alternator lebih dari 14V, maka padasaat diode zener rusak maka arus dari R2 tidak dapat mengalir ke diode zener akibatnya pada saat putaran tinggi Tr1 akan ON terus dan Tr2 akan OFF, sehingga akan terjadi overcharging maka proses pengisian normal karena mati tidaknya diode zener tidak pengaruh pada pengisian.

  34. 5202418059
    Jawaban no 1
    Menurut saya pernyataan tersebut tidak benar, karena pada saat Tr2 bekerja atau ON maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop. hal itu disebabkan karena tidak adanya arus yang mengalir ke B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi off.

  35. NIM 5202418064

    No 3
    Pernyataan tersebut benar, saat putaran mesin tinggi, maka tegangan output alternator juga naik. Bila output alternator lebih dari 14 V maka dioda zener akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada dioda zener tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus dari R2 dapat mengalir ke dioda zener ke B Tr2 ke E Tr2 lalu ke massa. Jika Tr2 rusak maka arus tidak bisa mengalir ke Tr2 sehingga Tr1 masih tetap ON, jika Tr1 ON pada putaran tinggi maka arus dari terminal B alternator masih tetap mengalir ke rotor coil. Karena putaran tinggi, maka tegangan pengisian menjadi besar, sehingga terjadi overcharge.Pernyataan tersebut benar, saat putaran mesin tinggi, maka tegangan output alternator juga naik. Bila output alternator lebih dari 14 V maka dioda zener akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada dioda zener tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus dari R2 dapat mengalir ke dioda zener ke B Tr2 ke E Tr2 lalu ke massa. Jika Tr2 rusak maka arus tidak bisa mengalir ke Tr2 sehingga Tr1 masih tetap ON, jika Tr1 ON pada putaran tinggi maka arus dari terminal B alternator masih tetap mengalir ke rotor coil. Karena putaran tinggi, maka tegangan pengisian menjadi besar, sehingga terjadi overcharge.

  36. NIM 5202418064

    No 4
    Pernyataan tersebut salah. Saat mesin berputar normal dioda zener tidak mempengaruhi sistem pengisian. Saat putaran tinggi maka output alternator naik yaitu lebih dari 14 V. Jika output alternator naik maka seharusnya dioda zener dapat mengalirkan arus ke Tr2. Jika dioda zener putus, maka arus tidak bisa mengalir ke Tr2. Hal ini menyebabkan Tr1 masih tetap ON sehingga arus yang masuk ke rotor coil besar. Sehingga terjadi overcharge.

  37. 5202418059
    Jawaban no 2
    Tr3 menjadi OFF karena aliran arusdari dioda oleh MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus yang masuk ke Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa sehingga lampu pengisian menjadi OFF. karena aktifnya Tr2 menyebabkan terminal L mendapat arus sehingga lampu pengisian OFF karena lampu mendapat 2 arus dari L dan dari kunci kontak jadi tidak ada perbedaan tegangan di kaki kaki lampu sehinga lampu menjadi OFF

  38. 5202418059
    Jawaban no 3
    menurut saya Pernyataan mahasiswa A benar, karena jika Tr2 rusak maka arus yang mengalir ke Tr2 akan tidak stabil dan arus yang tinggi bisa saja masuk ke dalam sistem pengisian dan menyebabkan baterai mengalami overcharge.

  39. 5202418063

    1. Menurut saya pernyataan tersebut Salah, pada saat Tr2 ON yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet. hal itu disebabkan tidak adanya arus yang mengalir menuju B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi off.

  40. Nim : 5202418053

    2. Setelah mesin hidup, maka rotor (yang sudah menjadi magnet) berputar karena diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas sehingga pada kumparan stator terjadi tegangan AC. Tegangan ini kemudian disearahkan menjadi DC oleh dioda penyearah. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan, maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basic B Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapatkan massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, ke terminal L, dan kemudian ke lampu pengisian. Karena lampu mendapatkan dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki kaki lampu sehingga lampu menjadi padam ( lampu juga mati karena tidak mendapat massa dari Tr3).

  41. NIM 5202418063

    2. Tr3 menjadi OFF dikarenakan oleh aliran arus MIC diolah dan digunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr2, sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus menuju Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti yang mengakibatkan lampu tidak dapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, keterminal L, dan kemudian kelampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan sehingga lampu menjadi padam (lampu mati karena tidak mendapat massa dari Tr3).

  42. NIM 5202418078
    1. Menurut saya Tidak Benar jika Kumparan rotor akan menghasilkan medan magnet saat Tr2 bekerja, karena pada saat Tr2 bekerja atau ON maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet. hal itu disebabkan karena tidak adanya arus yang mengalir ke B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi off. Jadi arus yang semula dari R1 mengalir ke B Tr1 Akan pindah dan mengalir ke massa melalui C Tr2, ke E Tr2, dan ke massa.

  43. NIM 5202418078
    2. Karena kumparan stator sudah menghasilkan tegangan maka arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan di gunakan untuk mengalirkan arus basis (B) Tr3 sehingga Tr3 menjadi Off .Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu padam tidak mendapat massa.

  44. Nim 5202418063

    3. Menurut saya pernyataan tersebut benar, karena putaran mesin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik. Bila output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener (ZD) akan meneruskan arus, karena tegangan pada ZD tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus akan mengalir dari R2 ke ZD menuju B Tr2 lalu ke E Tr2 dan massa. Apabila Tr2 rusak, arus dari ZD tidak dapat mengalir ke B Tr2 akibatnya pada putaran tinggi Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga saat putaran tinggi akan terjadi overcharge.

  45. NIM 5202418078
    3. pernyataan dari mahasiswa A BENAR jika Tr2 rusak bisa mengakibatkan overcharge pada bateray. hal itu di karenakan fungsi dari Tr2 adalah mengatur kerja (ON atau OFF) dari Tr1. jadi jika pada saat putaran mesin tinggi dan tegangan pada output alternator lebih dari 14 V, yang harusnya aliran arus mengalir ke Tr2 melalui R5, ke dioda, B Tr2, E Tr2, massa sehingga membuat Tr2 ON dan Tr1 OFF yang membuat Rotor Coil Drop. akan tetapi pada Tr2 mengalami kerusakan maka yang terjadi adalah bisa terjadi arus mengalir terus ke rotor coil melalui Tr1 sehingga medan magnet pada rotor coil kuat terus dan bisa terjadi overcharge.

  46. NIM : 5202R18047

    1. Dari pernyataan tersebut salah karena kemagnetan dari rotor coil disebabkan oleh aktifnya Tr1. Kemagnetan pada kumparan rotor kuat karena tegangan alternator berkurang dari 14 volt sehingga tegangan tidak drop.

    • NIM : 5202418047

      2. Lampu pengisian saat Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup ini karena tegangan yang dihasilkan alternator lebih dari 14 volt yang akan dideteksi oleh dioda Zener melalui terminal S, sehingga menghentikan arus yg menuju ke basis Tr1 dan Tr1 off. Pada ujung stator menghasilkan arus selama mesin hidup mengalir ke terminal P ke basis Tr2 lalu Tr 2 ON dan Tr 3 off karena tidak mendapat arus sehingga lampu pengisian tetap padam.

  47. NIM : 5202418047

    3. Apabila Tr 2 rusak maka terjadi overcharge, BENAR, karena Tr2 sebagai pengaktif Tr1, bila putaran mesin tinggi maka output tegangan alternator lebih dari 14 volt harus melewati Tr2 sehingga Tr2 rusak maka Tr1 akan ON dan arus akan tetap mengalirkan menuju rotor coil, terjadi kemagnetan yang kuat dan mesin sedang putaran tinggi akibatnya terjadi Overcharge.

  48. 5202418059
    Jawaban no 4
    Yang sebenarnya terjadi jika dioda zener putus adalah overcharge karena apa bila putaran mesin makin tinggi maka output alrernator yang di keluarkan makin tinggi pula. Bila output alternator melebihi 14 v, maka dioda zener akan panas dan rusak karena arus yg melewati dioda zener di atas spesifikasi yg dapat di tahan oleh dioda zener.

  49. NIM : 5202418058

    2. Tr3 dapat OFF setelah mesin hidup, diawali oleh rotor yang berputar sehingga terjadi tegangan AC pada kumparan stator. Tegangan di searahkan menjadi DC oleh dioda penyearah. Maka arus mengalir ke terminal P, kemudian arus diolah oleh MIC dan dialirkan arus basis B Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga B Tr3 menjadi OFF. Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa dan aktifnya Tr2 menyebabkan aliran arus dari IG ke E Tr2, ke C Tr2, ke terminal L, dan ke lampu pengisian. Karena lampu mendapat dua aliran arus dari L dan dari kunci kontak, maka tidak ada perbedaan tegangan di antara kaki – kaki lampu sehingga menjadi LAMPU PADAM

  50. NIM : 5202408047

    4. Bila dioda Zener putus maka akan terjadi undercharge, pernyataan tersebut SALAH.
    Saat dioda Zener terhubung dari output alternator tinggi, medan magnet dilemahkan dan dideteksi oleh dioda Zener, bila dioda Zener putus maka arus tidak mengalir ke Tr2 (OFF) tetapi arus mengalir dari terminal S mengaktifkan Tr1 sehingga medan magnet pada rotor akan kuat akibatnya terjadi Overcharge pada sistem pengisian.

  51. 5202418056
    (1)
    Menurut saya pernyataan tersebut tidak benar, karena pada saat Tr2 bekerja atau ON maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop. hal itu disebabkan karena tidak adanya arus yang mengalir ke B Tr1 sehingga Tr 1 menjadi off.

  52. 5202418056
    (2)
    Tr3 menjadi OFF karena aliran arusdari dioda oleh MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus yang masuk ke Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF. karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa sehingga lampu pengisian menjadi OFF. karena aktifnya Tr2 menyebabkan terminal L mendapat arus sehingga lampu pengisian OFF karena lampu mendapat 2 arus dari L dan dari kunci kontak jadi tidak ada perbedaan tegangan di kaki kaki lampu sehinga lampu menjadi OFF

  53. 5202418056
    (3)
    Pernyataan mahasiswa A benar, karena jika Tr2 rusak maka arus yang mengalir ke Tr2 akan tidak stabil dan arus yang tinggi bisa saja masuk ke dalam sistem pengisian dan menyebabkan baterai mengalami overcharge.

  54. 5202418056
    (4)
    Yang sebenarnya terjadi jika dioda zener putus adalah overcharge karena apa bila putaran mesin makin tinggi maka output alrernator yang di keluarkan makin tinggi pula. Bila output alternator melebihi 14 v, maka dioda zener akan panas dan rusak karena arus yg melewati dioda zener di atas spesifikasi yg dapat di tahan oleh dioda zener.

  55. 5202418063

    4.menurut saya pernyataan tersebut salah, Karena Dioda zener berfungsi mengalirkan arus saat tegangan yang bekerja melebihi tegangan kerja dari dioda zener.mengalir tidaknya arus dari dioda zener tergantung dari tinggi rendahnya tegangan yang berasal dari terminal B alternatif.

  56. 5202418076

    1]. Salah, Karena kumparan rotor menghasilkan medan magnet ketika yang bekerja adalah Tr1 bukan Tr2. Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B lalu ke kumparan rotor lalu ke terminal F lalu ke C Tr1 lalu ke E Tr1 dan berakhir ke massa. Aliran arus kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet pada rotor. Jika yang aktif medan magnet pada kumparan rotor justru akan drop, karena arus dari terminal B alternator tidak dapat mengalir ke rotor coil karena Tr1 off

  57. 5202418049
    3. Pernyataan mahasiswa A itu benar. Apabila Tr2 rusak ini berarti tidak ada komponen yang bekerja sebagai voltage regulator. Artinya tidak ada komponen yang mengatur arus masuk ke rotor koil. Akibatnya tegangan output alternator tidak dapat diatur. Karena hal itu terjadi maka dapat menyebabkan overcharger

  58. 5202418076

    3]. Mahasiswa A mengatakan bahwa jika Tr2 rusak, maka akan terjadi overcharge pada sistem pengisian, berarti pernyataan mahasiswa A adalah Benar karena Apabila putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik. Bila output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada dioda zener tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus akan mengalir dari R2 ke dioda zener lalu ke B Tr2 lalu ke E Tr2 dan ke massa. Lalu apabila Tr2 rusak maka arus dari dioda zener tidak dapat mengalir ke B Tr2 akibatnya pada putaran tingi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge.

  59. 5202418049
    4. Pernyataan mahasiswa B salah. Apabila dioda zener putus maka arus tidak mengalir ke kaki B Tr2, Tr2 OFF akibatnya pada Tr1 terus mendapatkan arus dan selalu ON.
    Apabila Tr2 OFF itu berarti tidak medan magnet selalu terjadi pada kumparan rotor karena tidak ada yang bekerja sebagai voltage regulator. Akibatnya tegangan output alternator tidak dapat diatur dan justru dapat menyebabkan overcharger

  60. 5202418046
    No 4
    salah. Karena Dioda zener berfungsi untuk mengalirkan arus pada saat tegangan yang bekerja padanya melebihi tegangan kerja dari dioda zener. Output alternator lebih dari 14 V bisa overcharger, maka dioda zener bisa tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada dioda zener tersebut melebihi tegangan kerjanya.

  61. Mahasiswa A mengatakan bahwa jika Tr2 rusak, maka akan terjadi overcharge pada sistem pengisian. Benarkah pernyataan mahasiswa A tersebut? Jelaskan
    NIM : 5202418058

    3. Pernyataan mahasiswa itu BENAR, karena ketika terjadi overcharge pada dioda zener akan tembus dikarenakan melebihi beban kerjanya. Maka arus dari R2 bisa mengalir ke ZD – B Tr2 – E Tr2 – massa. Maka apabila Tr2 itu rusak akibatnya arus tidak akan mengalir secara baik yaitu arus yang dari dioda zener kurang bisa mengalir ke E Tr2 dan B Tr2. Saat terjadi putaran tinggi Tr 1 ON dan Tr2 OFF

  62. NIM : 5202418058

    4. Pendapat mahasiswa B mengenai diode zener putus akan terjadi undercharge. Menurut saya itu SALAH, mengapa ? Karena ketika arus melewati ZD itu dalam kondisi overcharge ( diatas 14 V ) bukan undercharge, arus yang mengalir pada ZD tidak bisa diolah sehingga akan tembus dikarenakan melebihi beban kerjanya. Bila ZD putus dampaknya akan terjadi pada R2 yang tidak bisa mengalirkan arus ke ZD akibatnya saat putaran tinggi kondisi Tr1 masih ON dan Tr2 masih OFF. Maka pada saat putaran rendah atau tinggi pengisian akan tetap berjalan NORMAL.

  63. NIM : 5202418058

    3. Pernyataan mahasiswa itu BENAR, karena ketika terjadi overcharge pada dioda zener akan tembus dikarenakan melebihi beban kerjanya. Maka arus dari R2 bisa mengalir ke ZD – B Tr2 – E Tr2 – massa. Maka apabila Tr2 itu rusak akibatnya arus tidak akan mengalir secara baik yaitu arus yang dari dioda zener kurang bisa mengalir ke E Tr2 dan B Tr2. Saat terjadi putaran tinggi Tr 1 ON dan Tr2 O

  64. 5202418043
    1. Tidak benar,karena Aliran arus saat Tr1 dan Tr3 ON. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor (rotor coil), ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa. Pada saat yang sama, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir daribaterai ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke kaki C Tr3, keE Tr3, kemudian ke massa. Jadi yg menghasilkan medan magnet pada rotor coil bukan karena bekerjanya Tr2. Tapi hal ini disebabkan karena bekerjanya Tr1 dan Tr3. Dan saat Tr2 on/bekerja akan menyebabkan rotor coil menjadi Drop atau tidak ada medan magnet.

  65. 2.Arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC di gunakan untuk mengalirkan arus basis(B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu menjadi padam.

  66. 5202418043
    3. Benar, karena putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga. Jika output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener (ZD) dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada ZD tersebut melebihi tegangan kerjanya. Lalu apabila Tr2 rusak maka arus dari ZD tidak dapat mengalir ke B Tr2 akibatnya pada putaran tingi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge.

  67. 5202418043
    3. Salah,karena putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga. Lalu apabila ZD rusak maka arus dari R2 tidak dapat mengalir ke ZD akibatnya pada putaran tinggi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge bukan undercharge. Untuk putaran rendah ke sedang, mati atau hidupnya dioda zener tidak berpengaruh pada pengisian. Artinya jika dioda zener putus, pada saat putaran rendah atau sedang ( output alternator dibawah 14 V) maka proses pengisian masih normal.

  68. 5202418074
    1.
    Menurut saya salah karena ,aliran arus saat Tr1 dan Tr3 on. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor, ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa.Aliran arus ke kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet padakumparan rotor. Pada saat yang sama, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir daribaterai ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke kaki C Tr3, keE Tr3, kemudian ke massa. Aliran arus ini men yebabkan lampu pengisian menyala. Jadi yg menghasilkan medan magnet pada rotor coil bukan karena bekerjanya Tr2. Tapi hal ini disebabkan karena bekerjanya Tr1 dan Tr3. Justru saat Tr2 on/bekerja akan menyebabkan rotor coil menjadi Drop/tidak ada medan magnet.

  69. 5202418074
    2.
    Arus pada salah satu ujung kumparan stator mengalir ke terminal P. Aliran arus ini oleh MIC diolah dan di gunakan untuk mengalirkan arus basis(B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi on dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 menjadi off, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa(-) dan menjadi padam

  70. 5202418074
    3.Menurut berdasarkan fungsi transistor itu sendiri yakni sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung, stabilitas tegangan, modulasi sinyal, atau juga sebagai fungsi lainnya. Maka pernyataan dari mahasiswa A tersehut benar. Karena arus yang akan mengalir ke Tr2, jika Tr2 nya rusak maka tidak akan stabil atau berjalan lancar. Arus bisa masuk secara tinggi kedalam sistem pengisian dan bisa menyebabkan baterai mengalami overcharge.

  71. 5202418074
    4.Menurut saya SALAH,Karena Dioda zener berfungsi untuk mengalirkan arus pada saat tegangan yang bekerja padanya melebihi tegangan kerja dari dioda zener.mengalir tidaknya arus dari dioda zener tergantung dari tinggi rendahnya tegangan yang berasal dari terminal B alternatif.

  72. Nim : 5202418070
    1. Menurut saya jawabannya salah,Karena yang membuat timbul Medan magnet pada kumparan rotor saat bekerja yaitu Tr1 bukan Tr2.Setelah mesin hidup justru stator coil menghasilkan arus listrik sehingga tegangan stator coil diserahkan oleh dioda yang menyebabkan mengalir ke terminal B ke massa terjadilah pengisian.Arus juga mengalir ke KK>R1>B TR1>masaa. Yang mengakibatkan Tr1 on sehingga arus dari terminal B alternator jg mengalir ke slip ring(+) ke rotor coil ke slip ring (-) ke C Tr1 ke massa . Akibatnya pada rotor coil timbul Medan magnet.Hal ini berbanding terbalik saat Tr2 on mengakibatkan arus yang semula mengalir ke R1 ke B Tr1 pindah mengalir ke Tr2 ke E Tr2 ke massa.Sehingga di Tr1 tidak mendapatkan arus dan menjadi off yang menyebabkan Medan magnet pada rotor coil drop.

  73. Nim : 5202418070
    2. Arus pada Tr 3 bisa off terjadi karena pada saat mesin hidup, pada Kumparan stator terjadi tegangan AC akibat rotor yang diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas dan kemudian diserahkan oleh dioda penyearah.Akibatnya arus mengalir ke terminal P ,kemudian diolah oleh MIC digunakan mengalirkan basis (B) Tr2 sehingga Tr 2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF.maka aliran arus dari lampu ke masa ke Tr3 terhenti.

  74. Nim : 5202418070
    3. Menurut saya pernyataan mahasiswa A benar sekali,Transistor yaitu alat semikonduktor yang dipakai untuk penguat,sebagai sirkuit penyambung,pemutus,dan stabilisasi tegangan.maka secara logika apabila komponen tersebut rusak maka akan terjadi overcharge karena ada pembagian arus yang tidak rata.Ambil contoh saja ketika mesin putaran tinggi otomatis tegangan output alternator tinggi bila output alternator lebih dari 14 V.Akibatnya ZD akan me galirkan tegangan kerjanya.Karena peristiwa tersebut arus mengalir dari R2 mengalir ke ZD ke BTr2 ke ETr2 ke massa.Maka arus yang asalnya dari R1 mengalir ke Btr1 akan pindah dan mengalir ke Tr2(ON) .Akibatnya Tr1 (OFF).Hal ini berbanding terbalik apabila Tr2 mengalami kerusakan maka dapat dipastikan Arus dari terminal B alternator akan mengalir hanya satu arah ke Tr1(ON) terus maka rotor coil kuat terus yang dapat menyebabkan Overcharge pada pengisian.

  75. Nim : 5202418070
    4. Salah.Fungsi dari Dioda Zener yaitu untuk melewatkan tegangan listrik yang mengalir dibawah ambang batasnya.Apabila dioda Zener rusak maka tidak akan terjadi undercharge namun terjadi Overcharge.karena arus dari R2 tidak dapat mengalir ke ZD

  76. 5202418076

    4]. Pernyataan dari mahasiswa B adalah salah, karena apabila putaran mesin semakin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik. Jika output alternator >14 V, maka dioda zener akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan. Dan apabila dioda zener rusak maka arus dari R2 tidak dapat mengalir ke dioda zener akibatnya pada putaran tinggi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge bukan undercharge. Untuk putaran rendah, dioda zener tidak berpengaruh pada pengisian. Artinya jika dioda zener putus, pada saat putaran rendah atau sedang maka proses pengisian normal

  77. 5202418052

    3. BENAR, karena Apabila putaran mesin makin tinggi, maka tegangan output alternator akan naik juga. Bila output alternator lebih dari 14 V, maka dioda zener (ZD) akan tembus atau dapat mengalirkan arus karena tegangan yang ada pada ZD tersebut melebihi tegangan kerjanya. Akibatnya arus akan mengalir dari R2 ke ZD -> B Tr2 -> E Tr2 ke massa. Lalu apabila Tr2 rusak maka arus dari ZD tidak dapat mengalir ke B Tr2 akibatnya pada putaran tingi tersebut Tr1 ON dan Tr2 masih OFF, sehingga pada saat putaran tinggi akan terjadi overcharge.

  78. 5202418052

    4. Pernyataan tersebut kurang tepat. Ketika mesin berputar normal dioda tidak mempengaruhi sistem pengisian. Ketika putaran tinggi maka output alternator naik yaitu lebih dari 14 V. Jika output alternator naik maka seharusnya dioda zener dapat mengalirkan arus ke Tr2. Jika dioda putus, maka arus tidak bisa mengalir ke Tr2. Sehingga akan menyebabkan Tr1 masih tetap ON dan arus yang masuk ke rotor coil besar. Maka akan terjadi overcharge.

  79. NIM.5202418042
    No. 1
    Menurut saya salah. Aliran arus saat Tr1 dan Tr3 ON. Aktifnya Tr1 menyebabkan arus mengalir dari baterai ke terminal B, kekumparan rotor (rotor coil), ke terminal F, ke C Tr1, ke E Tr1, kemudian ke massa.Aliran arus ke kumparan rotor ini menyebabkan terjadinya medan magnet pada kumparan rotor. Pada saat yang sama, aktifnya Tr3 menyebabkan arus mengalir daribaterai ke kunci kontak, ke lampu pengisian, ke terminal L regulator, ke kaki C Tr3, keE Tr3, kemudian ke massa. Aliran arus ini men yebabkan lampu pengisian menyala. Jadi yg menghasilkan medan magnet pada rotor coil bukan karena bekerjanya Tr2. Tapi disebabkan karena bekerjanya Tr1 dan Tr3. Justru saat Tr2 on/bekerja akan menyebabkan rotor coil menjadi tidak ada medan magnet.

  80. 5202418042
    No.2
    Arus pada Tr 3 bisa off terjadi pada saat mesin hidup, pada Kumparan stator terjadi tegangan AC akibat rotor yang diputarkan oleh poros engkol melalui tali kipas dan kemudian disearahkan oleh dioda penyearah. Akibatnya arus mengalir ke terminal P ,kemudian diolah oleh MIC digunakan mengalirkan basis (B) Tr2 sehingga Tr 2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus ke B Tr3 sehingga Tr3 OFF. Menjadi aliran arus dari lampu ke masa ke Tr3 terhenti.

  81. NIM : 5202418044

    1. Menurut pendapat saya pernyataan tersebut tidak benar, karena pada saat Tr2 bekerja atau ON maka yang terjadi adalah medan magnet pada rotor coil menjadi Drop.
    Hal itu menyebabkan Tr 1 menjadi off karena tidak adanya arus yang mengalir ke B Tr1.

  82. NIM : 5202418044

    2. Tr3 menjadi OFF karena aliran arus dari dioda oleh MIC digunakan untuk mengalirkan arus ke (B) Tr2 sehingga Tr2 menjadi ON dan menghentikan aliran arus yang masuk ke Tr3 sehingga Tr3 menjadi OFF.
    Karena Tr3 OFF, maka aliran arus dari lampu ke massa melalui Tr3 terhenti sehingga lampu tidak mendapat massa sehingga lampu pengisian menjadi OFF. karena aktifnya Tr2 menyebabkan terminal L mendapat arus sehingga lampu pengisian OFF karena lampu mendapat 2 arus dari L dan dari kunci kontak jadi tidak ada perbedaan tegangan di kaki kaki lampu sehinga lampu menjadi OFF.

  83. NIM : 5202418044

    3. Pernyataan mahasiswa A benar, karena jika Tr2 rusak maka arus yang mengalir ke Tr2 akan tidak stabil dan arus yang tinggi bisa saja masuk ke dalam sistem pengisian dan menyebabkan baterai mengalami overcharge.

  84. NIM : 5202418044

    4. Yang sebenarnya terjadi jika dioda zener putus adalah overcharge karena apa bila putaran mesin makin tinggi maka output alrernator yang di keluarkan makin tinggi pula. Bila output alternator melebihi 14 v, maka dioda zener akan panas dan rusak karena arus yg melewati dioda zener di atas spesifikasi yg dapat di tahan oleh dioda zener.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here