SISTEM PENGAPIAN CDI

0
279

Assalamualaikum wr. wb.

Para pembeaca yang berbahagia, pada pembelajaran kita kali ini, akan dibahas mengenai sistem pengapian CDI. Sistem pengapian ini bekerja berdasarkan pembuangan muatan kapasitor. Konsep pembangkitan tegangan tinggi pada sistem pengapian CDI sangat berbeda dengan sistem pengapian lainnya. Apa perbedaannya, silakan dapat dipelajari materi sistem pengapian CDI ini dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pelajari dasar sistem pengapian CDI, silakan ikuti dengan seksama penyampaian materi dasar sistem pengapian CDI dengan meng-klik LINK INI.
  2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, dan tulis jawabannya di kolom komentar pada kolom yang tersedia di bawah video tersebut. Pertanyaan: 1) Bagaimana konsep dasar bekerjanya sistem pengapian CDI?, 2) Jelaskan yang dimaksud dengan DC to DC Converter, 3) Jelaskan perbedaan prinsip pembangkitan tegangan tinggi pada sistem pengapian CDI dengan sistem pengapian lainnya, 4) Saat kapasitas mengeluarkan muatannya, maka terjadi medan magnet pada koil, dan saat medan magnet tersebut hilang, maka terjadi tegangan tinggi pada kumparan sekunder koil. Benarkah pernyataan tersebut?
  3. Setelah mempelajari dasar sistem pengapian CDI, pelajarilah materi lanjutan sistem pengapian CDI dengan menyimak pembelajaran yang ada pada LINK INI.
  4. Setelah mempelajari sistem pengapian CDI pada materi kedua, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, dan tulis jawabannya di kolom komentar pada kolom yang tersedia di bawah video tersebut. Pertanyaan: 1) Pada sistem pengapian CDI yang menggunakan platina, thyristor bekerja pada saat platina tertutup. Benarkah penyataan tersebut? Jelaskan, 2) Mengapa tegangan yang dihasilkan oleh genarator pulsa harus diubah menjadi sinyal berbentuk kotak-kotak?, 3) Pada saat thyristor bekerja, maka muatan kapasitor akan dibuang ke massa atau terminal negatif baterai. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan.

SELAMAT BELAJAR (DW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here