SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL

0
701

Assalamualaikum wr.wb.

Para pencari ilmu otomotif, untuk pembelajaran kita kali ini, akan dibahas mengenai sistem pengisian. Sistem pengisian merupakan salah satu sistem kelistrikan yang berfungsi untuk mengisi kembali baterai dan menyediakan energi listrik pada semua sistem kelistrikan pada kendaraan setelah mesin hidup. Pembelajaran sistem pengisian kita kali ini mencakup dasar sistem pengisian, komponen sistem pengisian, rangkaian sistem pengisian, dan cara kerja sistem pengisian konvensional. Untuk mempelajari materi sistem pengisian konvensional ini, silakan ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pelajari materi awal pengenalan dan dasar sistem pengisian dengan menyimak materi di LINK INI.
  2. Jawablah beberapa pertanyaan berikut pada kolom komentar di bawah video tersebut. Pertanyaan: 1) mengapa sistem pengisian diperlukan pada suatu kendaraan? 2) jelaskan 3 hal dasar yang harus ada dalam suatu generator/alternator. 3) bagaimana prinsip alternator dapat menghasilkan arus listrik?
  3. Setelah mempelajari dasar sistem pengisian, pelajari materi komponen sistem pengisian konvensional dengan meng-klik LINK INI.
  4. Simak video komponen sistem pengisian konvensional tersebut dan jawablah beberapa pertanyaan yang disampaikan disela-sela penyampaian materi pada video tersebut. Tuliskan jawabannya pada kolom komentar.
  5. Setelah mempelajari komponen sistem pengisian konvensional, pelajari rangkaian sistem pengisian konvensional dengan meng-klik LINK INI.
  6. Jawablah beberapa pertanyaan berikut pada kolom komentar di bawah video rangkaian sistem pengisian tersebut. Pertanyaan: 1) kemanakah terminal-terminal pada kunci kontak dihubungkan? 2) ke manakah terminal-terminal pada regulator dihubungkan? 3) Mengapa lampu pada sistem pengisian padam pada saat alternator sudah menghasilkan output?
  7. Setelah mempelajari rangkaian sistem pengisian konvensional, pelajari materi pengaturan tegangan output alternator dengan mengikuti materi pada LINK INI.
  8. Jawablah beberapa pertanyaan berikut pada kolom komentar di bawah video pengaturan tegangan output tersebut. Pertanyaan: 1) jelaskan apa saja faktor yang dapat dapat menyebabkan tegangan output pada suatu generator naik/turun? 2) dari beberapa faktor tersebut, bagian manakah yang perlu diatur agar output alternator dapat stabil meskipun putaran alternator naik/turun?
  9. Setelah mempelajari meteri pengaturan tegangan output, pelajari materi cara kerja sistem pengisisn konvensional dengan mengikuti materi pada LINK INI.
  10. Jawablah soal-soal yang ada pada video tersebut, soal disampaaikan di sela-sela penyampaian materi pada video.

SELAMAT BELAJAR (DW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here